Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Manfaat Sertifikasi untuk Guru

Jadilah guru inovatif dan terampil dalam bidang teknologi agar dapat menjawab tantangan zaman melalui program sertifikasi guru untuk sukses mencerdaskan kehidupan bangsa.

Posted: Wednesday, Jun 14, 2023

Share:

Manfaat Sertifikasi untuk Guru cover

Dalam dunia pendidikan yang terus berkembang dan dengan cita-cita mencerdaskan anak bangsa, menjadi seorang guru atau pengajar bukan hanya tentang menyampaikan informasi secara textbook yang kaku dan membosankan. Tuntutan zaman yang semakin modern dan dinamis menuntut inovasi dalam menghadirkan suasana pembelajaran yang menarik dan inspiratif bagi para siswa. 

Dengan memperkenalkan gaya mengajar yang lebih inovatif disertai dengan keterampilan teknologi yang mumpuni seorang guru dapat menciptakan kelas yang menginspirasi, mendorong kreativitas, dan memotivasi siswa untuk aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi sertifikasi untuk seorang pengajar profesional dalam mengajar agar dapat membantu guru menciptakan lingkungan pembelajaran yang menarik dan mampu mengarahkan siswa meraih potensi terbaik mereka.

Baca juga: Tertarik Kerja di Bidang Pendidikan? 5 Profesi Pendidikan Ini Adalah Jawabanmu

Manfaat dan Tujuan Sertifikasi Guru

Sertifikasi guru memiliki beragam manfaat yang signifikan dalam dunia pendidikan. Pertama-tama, sertifikasi guru memberikan pengakuan dan validasi terhadap kompetensi dan kualifikasi seorang guru. Dengan memperoleh sertifikasi, seorang guru dapat membuktikan bahwa mereka memiliki pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman yang diperlukan untuk memberikan pendidikan berkualitas kepada siswa.

Selain itu, sertifikasi guru juga memberikan kerangka acuan untuk peningkatan profesionalisme. Melalui proses sertifikasi, guru dihadapkan pada standar yang tinggi dan mendorong mereka untuk terus belajar dan mengembangkan keterampilan mereka seperti pada sertifikasi Microsoft misalnya. 

Memiliki pengetahuan dan kemampuan yang baik tentunya akan berdampak positif pada kualitas pengajaran seorang guru, karena mereka diharapkan untuk mengikuti perkembangan terkini dalam pendidikan, metodologi pengajaran dan penelitian terkait.

Manfaat lain dari sertifikasi guru adalah adanya perlindungan bagi siswa. Dengan adanya sertifikasi, siswa dan orang tua dapat memiliki keyakinan bahwa guru yang mengajar memiliki kualifikasi yang memadai dan bertanggung jawab terhadap tugas mereka. Hal ini menciptakan lingkungan pembelajaran yang aman dan mendukung, di mana siswa dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

Sertifikat pelatihan guru juga dapat berkontribusi pada peningkatan status sosial dan profesionalisme profesi pendidikan. Ketika guru-guru memperoleh sertifikasi, mereka mendapatkan pengakuan yang lebih luas dari masyarakat dan pemerintah.

Selain itu, peserta dapat mempengaruhi kebijakan pendidikan melalui partisipasi aktif dalam organisasi dan forum profesional. Ini membantu meningkatkan reputasi guru sebagai pemimpin dan penggerak dalam mencapai kemajuan pendidikan yang lebih baik.

Secara keseluruhan, sertifikasi guru memberikan manfaat yang signifikan baik bagi guru, siswa, maupun sistem pendidikan secara keseluruhan. Dengan menetapkan standar tinggi, mendorong pembelajaran berkelanjutan, dan memberikan jaminan kualitas, sertifikasi guru berperan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan membentuk masa depan yang lebih baik untuk generasi mendatang.

Baca juga: 5 Kompetensi dan Skill Penting Guru di Abad 21

Manfaat Microsoft Certified Educator

Dalam program Microsoft Certified Educator (MCE), guru akan belajar bagaimana menjadi lebih inovatif dengan berbagai tools yang berbasis cloud. Hal  ini akan membantu guru dapat menghadirkan pengalaman belajar terbaik bagi siswa. Sertifikasi MCE memvalidasi keahlian para guru butuhkan untuk memajukan pertumbuhan karir dan menjadi guru yang menginspirasi. Di bawah ini adalah manfaat Microsoft Certified Educator yang akan para guru dapatkan apabila mengikuti program.

  1. Memastikan kamu memiliki pemahaman dasar tentang alat Microsoft Education.

  2. Memastikan kamu dapat mengaplikasikan teknologi terbaru ke dalam pelajaran.

  3. Memastikan kamu mengetahui tools Microsoft Education mana yang dapat mendukung keterampilan abad ke-21 tertentu.

  4. Menyediakan akses ke pengembangan profesional yang efektif dan gratis.

  5. Memberikan validasi investasi TIK yang mumpuni.

Baca juga: 5 Cara Mengajar yang Baik dan Efektif Bagi Pendidik

Program Kurikulum Microsoft Certified Educator 

  1. Menentukan kegiatan pembelajaran yang memenuhi rubrik untuk kolaborasi.

  2. Memodifikasi kegiatan pembelajaran agar dapat memenuhi rubrik komunikasi terampil tingkat tinggi.

  3. Mengevaluasi contoh produk siswa dalam tingkatan di mana mereka memenuhi rubrik komunikasi terampil.

  4. Menentukan tingkat di mana suatu kegiatan pembelajaran memenuhi rubrik konstruksi pengetahuan yang dituju.

  5. Menentukan tingkat di mana kegiatan pembelajaran memenuhi rubrik untuk pengaturan diri dan peluang mana yang memfasilitasi lingkungan pengaturan diri.

  6. Memilih strategi untuk mendorong siswa memecahkan masalah, berinovasi, dan menerapkan solusi yang bermanfaat bagi orang lain di dunia nyata.

  7. Mengevaluasi tanggapan terhadap skenario yang melibatkan digital citizenship.

Untuk kamu pengajar terbaik Indonesia yang ingin menjadi lebih inovatif dan memiliki penguasaan teknologi yang lebih baik, kamu bisa mendaftarkan diri mengikuti program Microsoft Certified Educator yang diselenggarakan oleh MyEduSolve.

Masih bingung dan memiliki banyak pertanyaan terkait program Microsoft Certified Educator? Jangan khawatir, kamu bisa konsultasi dan tanyakan langsung ke admin kami. klik tombolnya di bawah ini.


Reference:

https://myedusolve.com/blog/microsoft-certified-educator-program-manfaat-karier-dan-apa-yang-dipelajari

https://myedusolve.com/shop/microsoft-certified-educator-program

https://icbabywrap.com/2022/04/manfaat-memiliki-sertifikat-microsoft-certified-educator.html


Related Tags

Educator Program
Guru
Sertifikasi
Microsoft Certified Educator Program

1,464

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.