Apa Saja Manfaat Teknologi dalam Pendidikan?

Manfaat teknologi dalam pendidikan tidak hanya berperan saat pandemi saja tapi juga untuk seterusnya! Banyak peran teknologi dalam pendidikan yang kadang terlewatkan begitu saja. Ketahui lebih lengkapnya melalui artikel di bawah!

Posted: Monday, Oct 18, 2021

Updated: Monday, Sep 26, 2022

author:Anita Djie

Anita Djie

| Posted: Monday, Oct 18, 2021

Share:

Apa Saja Manfaat Teknologi dalam Pendidikan? cover

Komunikasi dan bisnis bukanlah satu-satunya bidang yang memerlukan teknologi. Ternyata, peran teknologi dalam pendidikan juga sangat besar, terutama dalam masa pandemi ini. Metode tradisional dengan menggunakan buku cetak tidak cukup untuk membantu anak-anak berkembang saat dewasa nanti.

Teknologi sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan yang selalu berubah-ubah setiap harinya. Bahkan, menurut Direktorat Sekolah Dasar, pendidikan perlu berintegrasi dengan teknologi supaya anak-anak yang akan menjadi pilar bangsa bisa beradaptasi dengan beragam teknologi canggih. Lantas, apa saja manfaat teknologi dalam pendidikan?

Baca juga: Kenali Sertifikasi Microsoft Certified Educator bagi Tenaga Pendidik

Apa Manfaat Teknologi dalam Pendidikan?

Salah satu manfaat teknologi dalam pendidikan yang paling terasa sejak pandemi COVID-19 adalah menyatukan beragam murid dan guru dari seluruh belahan dunia. Tapi, pentingnya peran teknologi dalam pendidikan tidak hanya sebatas video conference saja! Masih ada banyak peran teknologi dalam pendidikan, seperti:

Membantu Anak dalam Mempelajari Materi Baru

Dulu, satu-satunya sumber utama siswa untuk mempelajari materi adalah buku cetak. Tapi, sekarang dengan adanya teknologi. Anak bisa berselancar di internet dan mencari penjelasan dari materi-materi baru yang diajarkan.

Anak juga tidak perlu repot pergi ke perpustakaan karena mereka bisa langsung mencari tahu soal materi yang diterangkan melalui internet.

Pemberian Materi Lebih Mudah dan Praktis

Manfaat teknologi dalam pendidikan adalah memudahkan para guru dalam menyampaikan materi. Alih-alih hanya menerangkan secara verbal, para guru bisa menggunakan teknologi untuk memperlihatkan materi yang menarik secara visual, seperti melalui video tiga dimensi ataupun realita virtual (VR).

Selain itu, guru juga tidak perlu repot mencetak ujian ataupun kisi-kisi pelajaran. Semuanya bisa dilakukan secara daring! Para pengajar dapat mengirimkan dokumen kisi-kisi melalui aplikasi messenger dan melangsungkan ujian secara online.

Hasil ujian juga dapat dikalkulasi secara otomatis ketika para guru melakukan ujian secara online. Tentunya ini sangat membantu para pengajar untuk melihat perkembangan para murid.

Persiapan Karir di Masa Depan

Manfaat teknologi dalam pendidikan untuk karier

Sumber: StartupStocksPhotos di Pixabay

Teknologi sudah bersatu padu dengan kehidupan manusia. Seiring bertambahnya zaman,  perkembangan teknologi juga akan makin meningkat. Sudah banyak perusahaan-perusahaan besar yang memadukan teknologi dalam bisnis mereka. Pentingnya teknologi dalam pendidikan tidak hanya sebatas membantu proses pembelajaran, tapi juga bisa membantu persiapan karier anak di masa yang akan datang.

Oleh karena itu, anak sudah harus dibekali pemahaman dasar mengenai teknologi dan perlu terbiasa memakainya. Melalui teknologi, anak juga akan semakin terbuka wawasannya dan makin sering berkolaborasi dengan guru maupun teman kelasnya secara daring.

Memperlancar Komunikasi

Dalam kondisi pandemi, peran teknologi dalam pendidikan sangat krusial dan terasa. Aplikasi atau software video conference membantu memfasilitasi proses pembelajaran secara online. Sekarang, guru dan murid tidak perlu berada di satu ruangan yang sama untuk bisa melangsungkan kegiatan belajar dan mengajar.

Manfaat teknologi dalam pendidikan memampukan para pelajar untuk berdiskusi atau bertanya ke para pengajar secara daring kapanpun dan dimanapun. Ini menunjukkan betapa pentingnya teknologi dalam memperluas lingkup pendidikan.

Mendorong Anak Berpikir Kritis

Kemampuan untuk berpikir kritis diperlukan dalam menganalisis dan mengambil keputusan. Kabar baiknya, salah satu manfaat teknologi dalam pendidikan adalah membantu mengembangkan kemampuan berpikir kritis anak.

Para pengajar dapat menggunakan berbagai metode secara kreatif untuk mengolah dan menyampaikan materi melalui teknologi. Anak akan mampu melihat materi dari berbagai sudut pandang dan juga belajar menganalisis informasi dari internet mengenai materi yang diajarkan.

Mengurangi Biaya

Biaya untuk mencetak ujian, kisi-kisi, dan buku akan berkurang dengan menerapkan teknologi dalam pendidikan. Anak tidak perlu membeli buku cetak dalam bentuk fisik dan bisa membeli buku materi dalam bentuk e-book yang lebih murah.

Sementara itu, para guru tidak mesti mencetak lembar ujian dan kisi-kisi untuk diberikan kepada para murid. Mereka dapat memanfaatkan teknologi dalam pendidikan berupa aplikasi yang bisa digunakan secara gratis untuk mengajar para murid.

Baca juga: Mengenal Literasi Digital, Urgensi, dan Contoh

Pentingnya Peran Teknologi dalam Pendidikan Indonesia

Pandemi COVID-19 menyadarkan betapa pentingnya peran teknologi dalam pendidikan di Indonesia. Sekarang ini, sudah bermunculan banyak aplikasi maupun website yang membantu proses pembelajaran secara online.

Dari tahun ke tahun, manfaat teknologi dalam pendidikan semakin dirasakan. Melihat peluang tersebut, makin banyak perusahaan yang mulai bergerak ke industri teknologi pendidikan. Bahkan, menurut data dari Tech in Asia, bisnis teknologi pendidikan adalah satu dari lima bidang usaha yang mendapatkan banyak dana dari investor.

Peran teknologi dalam pendidikan tentunya perlu disokong dengan 21st century teaching. Para guru harus bisa mengaplikasikan teknologi dan soft skill yang penting untuk para siswa saat mereka memasuki jenjang bekerja.

Kamu bisa meningkatkan kemampuanmu dalam mengajar di zaman modern ini dengan mengikuti sertifikasi Microsoft Certified Educator Program yang bisa membantumu untuk mengintegrasi teknologi dan pengajaran di era ke-21.

Dapatkan sertifikasinya di MyEduSolve!

Baca juga: 5 Kompetensi dan Skill Penting Guru di Abad 21

Referensi

Allison Academy. Importance of Technology in Education. Diakses pada 23 November 2021.

Direktorat Sekolah Dasar. (2021). Pemanfaatan Teknologi di Dunia Pendidikan. Diakses pada 23 November 2021. 

School of Education. (2020). How Important Is Technology in Education? Benefits, Challenges, and Impact on Students. Diakses pada 23 November 2021.

Gardhadipura, A. (2021). Melihat Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Tech in Asia. Diakses pada 23 November 2021.

University of the People. The Growing Importance of Technology in Education. Diakses pada 23 November 2021.

Article Tag:

Pentingnya teknologi dalam pendidikan,peran teknologi dalam pendidikan,manfaat teknologi dalam pendidikan

Category:

Pendidikan

Written By

author:Anita Djie

Anita Djie

Articles Info

author:Anita Djie

Anita Djie

Apa Saja Manfaat Teknologi dalam Pendidikan?

Posted: Monday, Oct 18, 2021

Updated: Monday, Sep 26, 2022

Article Tag:

Pentingnya teknologi dalam pendidikan,peran teknologi dalam pendidikan,manfaat teknologi dalam pendidikan

Category:

Pendidikan

Share:

705

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.