Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Tertarik Kerja di Bidang Pendidikan? 5 Profesi Pendidikan Ini Adalah Jawabanmu

Kamu tertarik bekerja di bidang pendidikan? Artikel ini tentang 5 ragam profesi pendidikan adalah jawabanmu!

Posted: Friday, Jan 13, 2023

Share:

Tertarik Kerja di Bidang Pendidikan? 5 Profesi Pendidikan Ini Adalah Jawabanmu cover

Apakah kamu tertarik ingin bekerja di bidang pendidikan setelah lulus nanti? Apa yang terlintas jika mendengar profesi pendidikan?


Mungkin kebanyakan dari kamu akan berpikir setelah lulus, profesi pendidikan guru adalah jawaban pilihan terbaik jika ingin bekerja di bidang pendidikan.


Padalah, ada beragam pekerjaan dan profesi pendidikan yang bisa kamu tuju sesuai dengan minatmu.


Oleh karena itu, kali ini MyEduSolve akan menjelaskan kepadamu 5 jenis jenis profesi pendidikan bagi kamu yang tertarik bekerja di sektor pendidikan.


Langsung saja simak penjelasannya berikut ini!


  1. Dosen

Profesi pendidikan pertama adalah menjadi Dosen.


Dosen adalah seorang tenaga pendidik yang biasa mengajar pada level perguruan tinggi seperti di universitas, institut, dan yang lainnya.


Bagi kamu yang ingin bekerja sebagai Dosen, tugas pengajaran yang harus bisa dilakukan adalah mengajari dan membimbing para mahasiswa sesuai dengan bidang kompetensi serta keahliannya.


Maka dari itu, biasanya seorang Dosen harus bergelar Magister di bidang tertentu sehingga harus melanjutkan pendidikan S2.


Syarat tersebut tentunya agar bisa memperbaiki kualitas pendidikan Indonesia menjadi lebih baik.


Baca juga: 5 Cara Mengajar yang Baik dan Efektif Bagi Pendidik


  1. Administrasi Pendidikan

Pekerjaan administrasi pendidikan bisa dilakukan di level pendidikan sekolah dan perguruan tinggi.


Untuk level pendidikan sekolah, biasanya pekerjaan administrasi pendidikan meliputi Kepala Sekolah, Asisten Kepala Sekolah, Karyawan TU Sekolah, dan lainnya.


Selain itu, di level universitas pekerjaan administrasi pendidikan terdiri dari Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, dan masih banyak lagi.


Walaupun punya level pendidikan yang berbeda, namun sebenarnya keduanya mempunyai tugas yang sama, yaitu untuk menyiapkan anggaran, pengawasan aset, menetapkan kebijakan, hingga mempekerjakan guru/dosen di sekolah dan perguruan tinggi.


  1. Konselor Edukasi

Menentukan jurusan sekolah hingga perguruan tinggi yang sesuai dengan minat serta bakat kamu tentu bukanlah perkara yang mudah.


Maka dari itu, konselor edukasi dibutuhkan agar bisa menyelesaikan permasalahan tersebut yang sering dihadapkan oleh siswa.


Profesi pendidikan yang satu ini juga bertugas untuk membantu menyelesaikan permasalahan personal, sosial, ataupun perilaku yang dapat berpengaruh kepada proses pendidikan.


  1. Bekerja di Instansi Pemerintah

Instansi pemerintah biasanya mempunyai divisi yang berbeda sesuai dengan minat dan bakatmu.


Misalkan, jika kamu tertarik bekerja di bidang pendidikan kamu bisa bekerja di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di divisi pengembangan kurikulum.


Baca juga: Sertifikasi Pendidik: Pengertian, Manfaat, dan Cara Mendapatkannya


  1. Koordinator Online Learning

Perkembangan teknologi tentunya bisa melahirkan profesi pendidikan yang baru, salah satunya Koordinator Online Learning.


Koordinator Online Learning bertugas untuk merancang, mengembangkan, serta mengevaluasi program dan kurikulum yang dibutuhkan saat kegiatan belajar mengajar diadakan secara digital atau online.


Demikian penjelasannya, MESFriend! Kamu ingin sukses berkarier di bidang pendidikan dan bisa menginspirasi siswa? Segera daftar dan ikut sertifikasi Microsoft Certified Educator dari MyEduSolve!

 

Kamu bisa mendapatkan sertifikasi Microsoft Certified Educator yang telah diakui secara internasional dan berlaku seumur hidup, lho!

 

Jadi tunggu apa lagi? Mari tingkatkan skill kamu, yuk!

Related Tags

Profesi Pendidikan
Dosen

3,395

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.