10 Profesi yang Paling Dicari di Abad 21

Ingin peluang kerja yang lebih besar? Kamu bisa coba mengejar karier di profesi yang paling dicari di abad 21. Baca artikel ini selengkapnya

Posted: Wednesday, Oct 20, 2021

Updated: Tuesday, Jan 18, 2022

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

| Posted: Wednesday, Oct 20, 2021

Share:

10 Profesi yang Paling Dicari di Abad 21 cover

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) tercatat bahwa pada bulan Februari 2021 ada sekitar 1,62 juta orang yang menjadi pengangguran karena terdampak pandemi COVID-19.

Kondisi ini sangatlah memprihatinkan, melihat juga terdapat beberapa profesi yang akan hilang dan tergantikan oleh kecanggihan teknologi. Supaya kariermu di masa depan tidak terancam dengan perkembangan teknologi, 
yuk pelajari apa saja profesi yang paling dicari di abad ke-21 ini!

1. Digital Marketing Professionals

Yaitu profesi di bidang pemasaran yang menggunakan media digital dan bertanggung jawab dalam branding produk atau layanan perusahaan. Seorang digital marketer harus mampu mengidentifikasi sasaran iklan yang sesuai dengan target market, menggunakan media sosial sebagai sarana pemasaran yang efektif menggunakan ads, email marketing, Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM).

2. Mekanik Mobil

Meskipun profesi sebagai mekanik mobil bukanlah hal baru, namun di bidang ini perlu adanya perkembangan dan inovasi contohnya dengan adanya mobil listrik. 
Tren kendaraan listrik global diperkirakan akan mempengaruhi ratusan ribu pekerjaan di sektor otomotif mendatang.

3. Mobile App Developer

Mayoritas masyarakat sudah menggunakan smartphone, sehingga kebutuhan akan aplikasi mobile kian meningkat, membuat profesi ini sering dicari oleh perusahaan. 
Mobile App Developer adalah mereka yang bertanggung jawab dalam pembuatan aplikasi berbasis mobile yang bisa digunakan untuk Android, iOS, dan lain sebagainya. 

4. Copywriter

Maraknya aktivitas pemasaran melalui media online, membuat profesi yang satu ini sangat diperlukan karena copywriter memiliki peran untuk membuat tulisan yang bersifat kreatif, edukatif dan informatif sehingga dapat menarik para pembaca. 

5. UI/UX Designer

Menjamurnya perusahaan start-up membuat profesi ini kian dibutuhkan. Secara umum, User Interface (UI) Designer memiliki tugas untuk membuat tampilan aplikasi atau situs sedangkan User Experience (UX) Designer memiliki tanggung jawab untuk membuat aplikasi atau situs yang mudah digunakan oleh pengguna dan juga menggunakan data-data di lapangan agar bisa diimplementasikan dalam sebuah user interface.

6. Graphic Designer

Yakni mereka yang memiliki tugas untuk membuat desain di media cetak, poster, kemasan produk, atau bisa juga visual untuk branding perusahaan.
Profesi ini dituntut untuk bisa bekerja dengan deadline yang ketat dan harus bisa memiliki ide kreatif. Selain itu juga mampu dalam menggunakan software seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, atau Adobe InDesign.

Baca Juga: 5 Tips Belajar Desain Grafis Secara Otodidak

7. Digital Content Creators

Content creator adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab untuk membuat materi atau konten yang sifatnya hiburan atau edukasi yang disesuaikan dengan ketertarikan audiensnya. Untuk dapat meningkatkan skill di bidang industri kreatif ini, diperlukan skill untuk editing video, contohnya dengan Adobe Premiere Pro dan skill desain foto seperti Adobe Photoshop.

Baca juga: 6 Manfaat Sertifikasi Adobe Bagi Peluang Karier

8. Web Developer

Di era saat ini, web developer sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Mulai dari perusahaan start-up maupun perusahaan yang sudah berdiri sejak dulu memerlukan seorang web developer. Profesi ini memiliki tugas untuk merancang, mendesain, hingga mengembangkan dan memodifikasi situs web. Salah satu software yang mendukung ialah Adobe Dreamweaver.

9. Data Analyst & Data Scientist

Berdasarkan prediksi dari World Economic Forum (WEF), data analyst dan data scientist menjadi profesi yang banyak dicari untuk tahun 2025 karena banyaknya perusahaan yang membutuhkan seseorang yang mampu menganalisis data, memanfaatkan dan mengolah data dengan memakai Microsoft Excel dan Microsoft Azure.

Baca Juga: 7 Rumus Excel yang Wajib Dikuasai di Dunia Kerja

10. Animator

Seorang animator memiliki tugas utama untuk menciptakan suatu rangkaian gambar-gambar yang nantinya akan membentuk suatu animasi. Profesi ini memiliki banyak peluang dan potensi mendapatkan penghasilan yang cukup baik karena terjadinya peningkatan untuk proses pembuatan animasi melalui karya film maupun video game. Seorang animator harus mampu menguasai Adobe Animate, Adobe Premiere Pro, Adobe After Effects dan lainnya.


Kamu ingin mengejar karier di salah satu profesi yang paling dicari di abad 21?
Salah satu cara yang bisa kamu lakukan mulai dari sekarang adalah dengan upgrade skill dan kompetensimu melalui sertifikasi dengan kunjungi website MyEduSolve!

Article Tag:

ProfesiKarierPekerjaan

Category:

Pencarian Kerja

Written By

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

Articles Info

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

10 Profesi yang Paling Dicari di Abad 21

Posted: Wednesday, Oct 20, 2021

Updated: Tuesday, Jan 18, 2022

Article Tag:

ProfesiKarierPekerjaan

Category:

Pencarian Kerja

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.