Microsoft Certified Educator Program: Manfaat, Karier, dan Apa yang Dipelajari!

Microsoft Certified Educator Program adalah program mengembangkan keterampilan mengajar dalam bidang teknologi abad ke-21 dengan software Microsoft Office.

Posted: Friday, Aug 26, 2022

Updated: Monday, Sep 26, 2022

author:Kenanga Admin

Uswatun Khasanah

| Posted: Friday, Aug 26, 2022

Share:

Microsoft Certified Educator Program: Manfaat, Karier, dan Apa yang Dipelajari! cover

Pada abad ke-21, seorang pendidik akan selalu dituntut untuk selalu adaptif dan mengembangkan keterampilan baru mengikuti perkembangan zaman, utamanya keterampilan dalam bidang teknologi. Perkembangan teknologi yang pesat berpotensi menghilangkan beberapa pekerjaan yang ada sebelumnya, hal ini juga diungkapkan oleh Erick Thohir, Menteri BUMN, "Dengan digitalisasi akan banyak pekerjaan yang hilang, jenis usaha berubah".

Salah satu digital tools yang paling sering digunakan dalam dunia profesional saat ini adalah software Microsoft Office. Microsoft Office banyak digunakan untuk menunjang kegiatan dalam pekerjaan seperti untuk menulis dokumen, membuat grafik, menghitung dan mengolah data atau juga untuk memprentasikan data-data yang sudah diolah tersebut kepada atasan maupun klien.

Apa itu Microsoft Certified Educator Program?

Microsoft Certified Educator Program adalah program pengembangan profesional yang menjembatani kesenjangan antara keterampilan teknologi dan pengajaran inovatif. Seorang edukator yang memegang sertifikasi Microsoft Certified Educator dinyatakan telah memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk memberikan pengalaman belajar yang kaya dan disesuaikan bagi siswa mereka yang menggabungkan keterampilan penting abad ke-21 menggunakan perangkat lunak yang diproduksi oleh Microsoft.

Manfaat Microsoft Certified Educator

Manfaat menerapkan program sertifikasi dan pengembangan profesional Microsoft Certified Educator di institusi kamu meliputi:

  1. Memastikan kamu memiliki pemahaman dasar tentang alat Microsoft Education.

  2. Memastikan kamu dapat menunjukkan bagaimana berhasil memasukkan abad ke-21 ke dalam pelajaran.

  3. Memastikan kamu mengetahui alat Microsoft Education mana yang dapat mendukung keterampilan abad ke-21 tertentu.

  4. Menyediakan akses ke pengembangan profesional yang efektif dan gratis.

  5. Memberikan validasi investasi TIK yang andal.

Baca juga: Microsoft Azure Adalah Pilihan Populer di Era Cloud Computing

Pilihan Karier untuk Microsoft Educator

Setelah mengikuti program ini, kamu akan memperluas peluang karier yang bisa kamu dapatkan. Sertifikasi akan membuat keterampilan yang kamu miliki dalam menggunakan Microsoft tervalidasi secara internasional. Selain itu, kamu akan terlihat lebih memiliki kredibilitas dibandingkan dengan pelamar lainnya yang tidak memiliki sertifikasi sama sekali.

Peluang karier untuk seorang Microsoft Educator bersertifikat tidak hanya terbatas sebagai guru saja. Beberapa profesi lain yang juga membutuhkan sertifikasi Microsoft ini diantaranya:

Instructional Designer

Meskipun nama profesi yang satu ini mengandung kata desain, namun ini jauh dari penggunaan graphic tools seperti Adobe Illustrator dan Adobe Photoshop, ya. Seorang Instructional Designer bertugas untuk merancang kegiatan dan konten pembelajaran yang menarik sesuai dengan bidang yang dibutuhkan oleh target audiensnya. Dalam profesi ini juga dituntut untuk menerapkan teori dan metode desain instruksional yang telah teruji. Biasanya Instructional Designer akan bekerja sama dengan ahli materi pelajaran untuk mengidentifikasi kebutuhan pelatihan audiens.

Curriculum Specialist

Pekerjaan seorang Curriculum Specialist tidak sekedar melakukan penelitian tentang tren dan implementasi praktik pendidikan sebagai bahan penyusunan model kurikulum atau metode pengajaran baru. Curriculum Specialist juga bertanggung jawab untuk mengevaluasi efektivitas materi atau program kurikulum yang ada, membuat rekomendasi untuk perubahan jika diperlukan.

Training Consultant

Training Consultant memegang peran untuk memetakan rencana pelatihan jangka panjang seperti pelatihan di tempat kerja, konferensi, lokakarya, dan kursus e-learning untuk tim internal di tempat kerja. 

Microsoft Office Instructor

Jika kamu ingin bekerja yang akan sering mengaplikasikan pembelajaran yang kamu dapatkan  selama program Microsoft Certified Educator, maka salah satu opsi profesi yang dapat kamu pilih adalah dengan menjadi Microsoft Office Instructor. Sebagai seorang Microsoft Office Instructor, kamu akan ditugaskan untuk mengajar dan merencanakan kurikulum/silabus tentang Microsoft Office atau topik terkait Microsoft lainnya.

21st Century Educator Mentor

Nah, salah satu profesi yang juga bisa kamu jadikan pilihan untuk ditekuni adalah dengan menjadi 21st Century Educator Mentor. Profesi yang satu ini ada dan terafiliasi dengan Program Studi Independen Kampus Merdeka. Menurut William Sanjaya, salah satu 21st Century Educator Mentor di MyEduSolve, “Menjadi seorang Educator Mentor itu menarik. Saya bisa ketemu dengan banyak mahasiswa dari berbagai bidang. Dengan belajar Microsoft Certified Educator, mahasiswa jadi tahu kira-kira kompetensi apa yang diarahkan, yang diintegrasikan di kelas seperti berpikir kreatif dan berpikir kritis.” 

Baca juga: Kisah Perjalanan Sebagai Mentor, Gaby: Tantangan Hingga Momen Terbaik

Apa yang Dipelajari dalam Program Microsoft Certified Educator Program 

  1. Menentukan tingkat di mana kegiatan pembelajaran memenuhi rubrik untuk kolaborasi.

  2. Memodifikasi kegiatan pembelajaran untuk memenuhi rubrik komunikasi terampil tingkat tertinggi.

  3. Mengevaluasi contoh produk siswa untuk menentukan tingkat di mana mereka memenuhi rubrik komunikasi terampil.

  4. Menentukan tingkat di mana suatu kegiatan pembelajaran memenuhi rubrik konstruksi pengetahuan.

  5. Menentukan tingkat di mana kegiatan pembelajaran memenuhi rubrik untuk pengaturan diri dan peluang mana yang memfasilitasi lingkungan pengaturan diri.

  6. Memilih strategi untuk mendorong siswa memecahkan masalah, berinovasi, dan menerapkan solusi yang bermanfaat bagi orang lain di dunia nyata.

  7. Mengevaluasi tanggapan terhadap skenario yang melibatkan Digital Citizenship

  8. Dan masih banyak lainnya yang akan kamu pelajari!

Untuk kamu yang tertarik mengikuti program ini untuk mengembangkan skill mengajar di bidang teknologi, info selengkapnya dapat kamu akses melalui laman berikut. Buat kamu yang masih ragu-ragu, tenang saja karena MyEduSolve akan kasih kamu akses pre-test GRATIS untuk menguji kemampuan kamu saat ini. Akses pre-test disini!

 

Article Tag:

microsoft certified educatormicrosoft officemicrosoft certified educator program

Category:

Pencarian Kerja

Written By

author:Kenanga Admin

Uswatun Khasanah

Articles Info

author:Kenanga Admin

Uswatun Khasanah

Microsoft Certified Educator Program: Manfaat, Karier, dan Apa yang Dipelajari!

Posted: Friday, Aug 26, 2022

Updated: Monday, Sep 26, 2022

Article Tag:

microsoft certified educatormicrosoft officemicrosoft certified educator program

Category:

Pencarian Kerja

Share:

275

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.