Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Management Trainee: Definisi, Tugas, dan Manfaatnya

Mari cari tahu Management Trainee artinya apa hingga manfaatnya yang bisa kamu peroleh lewat artikel ini!

Posted: Tuesday, Jan 24, 2023

Share:

Management Trainee: Definisi, Tugas, dan Manfaatnya cover

Kamu seorang fresh graduate yang sedang mencari kerja?


Ada banyak jenis pekerjaan yang bisa kamu pilih sesuai dengan kemampuan dan minatmu agar dapat tercapai tujuan kariermu, salah satunya adalah Management Trainee.


Pekerjaan yang banyak diminati oleh para fresh graduate ini ternyata memiliki tugas dan manfaat yang dapat membantu jenjang kariermu meningkat.


Maka dari itu, kali ini MyEduSolve akan menjelaskan kepadamu definisi, tugas, serta manfaat yang bisa kamu raih di pekerjaan Management Trainee.


Mari simak penjelasannya berikut ini, ya!


Apa Itu Management Trainee

Menurut Workable, Management Trainee adalah sebuah pekerjaan di mana seseorang mendapatkan pelatihan atau pengetahuan di bawah pengawasan manajer dan eksekutif dalam organisasi.


Tujuan dari Management Trainee sebenarnya untuk menyiapkan karyawan sebagai manajer di bidang tertentu, seperti di marketing, sales, atau operations.


Management Trainee biasanya memiliki periode pelatihan selama 1-2 tahun, dengan seorang karyawan akan mendapatkan pelatihan seperti proses operasional perusahaan, pengendalian bisnis, hingga perencanaan dan manajerial.


Tidak hanya teori, pelatihan seperti on the job training juga dilakukan selama program Management Trainee agar bisa mengetahui proses kegiatan perusahaan sehari-hari.


Baca juga: ​​5 Tips Negosiasi Gaji untuk Fresh Graduate


Tugas Management Trainee

Indeed menjelaskan setidaknya ada beberapa tugas yang harus kamu lakukan jika bekerja sebagai Management Trainee, yaitu:


  1. Mengevaluasi dan memantau kinerja karyawan lain

  2. Berkolaborasi dengan manajer untuk merencanakan hasil kerja kepada perusahaan

  3. Membantu dalam proses mengembangkan kebijakan, tujuan, serta performance goals

  4. Menganalisis laporan perusahaan agar bisa dievaluasi seperti angka penjualan dan laba kotor

  5. Membuat dan melakukan presentasi

  6. Memberi dukungan administratif seperti data entry

  7. Mendapatkan pengalaman belajar dalam bekerja di divisi berbeda seperti HR, marketing, customer service, dan yang lain.


Manfaat Management Trainee

Jika kamu tertarik bekerja sebagai Management Trainee, kamu akan merasakan berbagai manfaat bagi karier dan juga kehidupan personal, seperti:


  1. Menambah hard skill dan soft skill

Manfaat pertama yang kamu bisa rasakan adalah meningkatnya hard skill dan soft skill kamu dalam bekerja.


Sebagai Management Trainee, kamu akan diajari untuk memahami bagaimana cara bekerja setiap divisi perusahaan agar kamu bisa mencari tahu bagaimana cara mengelolanya dengan baik.


Dengan mendapatkan pelajaran tersebut, kamu dapat meningkatkan soft skill seperti cara berkomunikasi yang baik dengan rekan kerja, manajemen waktu, hingga pemecahan masalah.


Selain itu, hard skill-mu juga akan bertambah melalui pemahaman tentang Microsoft Office, copywriting, digital marketing, dan masih banyak lagi.


  1. Meningkatkan skill kepemimpinan

Management Trainee dilaksanakan sebagai upaya perusahaan melahirkan seorang pemimpin dalam organisasi, maka dari itu tidak heran jika akan meningkatkan skill kepemimpinan kamu.


Kamu akan diajari keterampilan dasar dalam memimpin sebuah perusahaan seperti berkomunikasi, mendengarkan, mendelegasikan, kerja sama dalam tim, memecahkan masalah, serta mengambil keputusan.


  1. Kerja sesuai minat

Beberapa Management Trainee dalam perusahaan memiliki kebijakan agar karyawannya mengikuti programnya secara umum.


Hal tersebut tentunya dapat membantu kamu untuk mempelajari dan bekerja di divisi tertentu yang nantinya bisa menarik minatmu untuk bekerja di bidang tersebut.


Baca juga: 5 Pekerjaan Ini Cocok Buat Kamu yang Jago Microsoft Word


  1. Memperluas networking secara profesional

Untuk bisa bekerja sebagai Management Trainee harus melewati seleksi yang ketat dan melawan kandidat-kandidat hebat lainnya.


Jika kamu diterima, kamu akan bekerja dengan karyawan hebat lainnya yang bisa membantumu untuk menjalin networking secara profesional.


Selain itu, kamu juga bisa menjalin relasi dan belajar banyak dari supervisor, manager, atau mentor yang bermanfaat bagi perkembangan karakter kamu.


  1. Jenjang karier yang pasti

Salah satu alasan fresh graduate berminat bekerja sebagai Management Trainee adalah jenjang karier yang pasti.


Setelah kamu menyelesaikan program tersebut, kamu akan dipromosikan di posisi atau divisi yang strategis dan penting di sebuah perusahaan.


Maka dari itu, perjalanan karier kamu semakin meningkat kedepannya.


Demikian penjelasannya, MESFriend! Jika kamu punya pertanyaan seputar karier dan kesehatan mental namun bingung harus bertanya ke siapa, bisa kamu ceritakan ke HR Profesional dan Psikolog MyEduSolve hanya di #TalkToDIAN, ya!

Related Tags

Management Trainee

2,662

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.