5 Cara Memperluas Networking Bagi Pencari Kerja

Kesuksesan karier ternyata tidak semata-mata hanya skill dan kompetensi saja yang menjadi faktornya, tetapi sangat penting bagimu untuk menjalin jaringan atau biasa disebut dengan networking. Kenapa termasuk penting? apa saja manfaat dari netowrking dan bagaimana cara untuk memperluas networking? Yuk simak artikel ini!

Posted: Sunday, Oct 24, 2021

Updated: Monday, Sep 26, 2022

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

| Posted: Sunday, Oct 24, 2021

Share:

5 Cara Memperluas Networking Bagi Pencari Kerja cover

Networking atau berjejaring tidak hanya melibatkan kegiatan bertukar informasi dengan orang lain saja, tetapi juga ada manfaat lain yang bisa kita dapatkan. Kita bisa membangun personal branding, memelihara hubungan jangka panjang agar bisa saling menguntungkan antara satu dengan yang lain, memperluas peluang karier, dan manfaat lainnya.

Namun, bagi sebagian orang, menjalin relasi bukanlah hal yang mudah. Nah, bagi kamu yang masih bingung cara memperluas networking, berikut ini ada beberapa strategi yang dapat kamu lakukan khususnya bagi job seekers untuk memperluas networking secara profesional!

1. Memanfaatkan Media Sosial

Di era teknologi yang semakin maju ini, media sosial masih menjadi salah satu cara yang efektif untuk membangun networking. Mengingat saat ini dunia masih dilanda pandemi COVID-19, sebagian besar aktivitas kita harus dilakukan secara daring karena terbatasnya mobilitas. Menurut survei dari CareerBuilder, sekitar 70% perekrut menggunakan media sosial untuk melakukan screening para calon karyawan. Cara kita membangun networking melalui media sosial juga bisa menjadi nilai plus sebagai pertimbangan mereka, lho! Media sosial yang paling cocok digunakan untuk kepentingan profesional tidak lain adalah LinkedIn. Cobalah untuk aktif dalam media sosial ini, lengkapi profil agar terlihat profesional dan gunakan fitur-fitur yang telah disediakan oleh LinkedIn agar kamu bisa dengan mudah berkoneksi dengan banyak orang.

2. Mengabaikan Rasa Malu

Sifat malu merupakan hambatan dalam menjalin hubungan. Cobalah untuk mulai berpartisipasi dalam kegiatan positif seperti menjadi volunteer, mengikuti lomba, atau bergabung dalam komunitas hobi sehingga kamu dapat berkesempatan untuk bertemu dan berkenalan dengan orang-orang yang baru. Jika kamu memiliki akun LinkedIn, kamu juga harus kesampingkan rasa malu untuk mulai menjalin koneksi dengan pengguna lain. Faktanya, orang-orang pasti senang jika ada yang mengajak kenalan selama caramu sopan dan profesional!

3. Mengasah Kemampuan Berkomunikasi

Tingkatkan keterampilan networking-mu dengan mempraktikkan kebiasaan berkomunikasi yang baik. Caranya, pertahankan kontak mata saat kamu berbicara dengan seseorang dan anggukkan kepala untuk memahami atau menyetujui. Gunakan bahasa yang sederhana dan lugas, ajukan pertanyaan dan undang pendapat. Perhatikan juga bahasa tubuh orang yang kamu ajak bicara untuk memastikan bahwa mereka mengerti dan mengonfirmasi apa yang mereka ucapkan. Bagian terpenting dari komunikasi adalah kemampuan mendengar, jadi, harus selalu active listening, ya!

4. Bergabung dengan Komunitas

Cara ampuh selanjutnya untuk membangun networking adalah melalui komunitas. Kamu bisa bergabung dalam komunitas atau organisasi karena di sana, kamu dapat mengenal banyak orang baru yang memiliki latar belakang berbeda-beda namun memiliki minat yang sama denganmu. Selain berkenalan, kamu juga bisa saling bertukar pengalaman, mendapat feedback dari satu sama lain, dan mencari peluang baru atau berbagi hal positif lainnya.

5. Ikut dalam Seminar/Workshop

Selain mendapatkan banyak wawasan, berpartisipasi dalam berbagai kegiatan seminar atau workshop ternyata dapat bermanfaat untuk memperluas networking. Tentunya di dalam sebuah seminar/workshop kamu akan bertemu dengan orang-orang yang juga sedang ingin mempelajari hal yang sama denganmu. Jadi, janganlah menyia-nyiakan kesempatan emas ini. Beranikan dirimu untuk berkenalan dengan para peserta agar bisa memperluas networking, dan terlibat aktif dalam diskusi seperti melemparkan pertanyaan kepada narasumber saat diperlukan.

Baca juga: MyEduSolve Luncurkan MasterClass Webinar Series Gratis Hingga Januari 2022

Kamu bisa belajar lebih banyak cara memperluas networking sekaligus mempraktikkan strategi di atas dengan cara mengikuti MasterClass dari MyEduSolve!
MasterClass ini terbuka untuk umum dan pastinya tanpa dipungut biaya alias gratis, loh!

Tunggu apalagi? Yuk, segera daftarkan dirimu melalui link di bawah ini!
bit.ly/MESxWW-MasterClass

Article Tag:

cara networking,pencari kerja

Category:

Pencarian Kerja

Written By

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

Articles Info

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

5 Cara Memperluas Networking Bagi Pencari Kerja

Posted: Sunday, Oct 24, 2021

Updated: Monday, Sep 26, 2022

Article Tag:

cara networking,pencari kerja

Category:

Pencarian Kerja

Share:

614

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.