Microsoft Office Adalah Software yang Masih Digunakan Perusahaan!

Ternyata banyak perusahaan-perusahaan besar masih menggunakan beragam fungsi Microsoft Office untuk menjalankan usahanya. Bahkan, Kemampuan untuk mengoperasikan Microsoft Office adalah skill yang dicari-cari oleh para rekruter untuk posisi-posisi tertentu. Mau tahu lebih lanjut soal Microsoft Office? Ketahui jawabannya di bawah!

Posted: Thursday, Oct 07, 2021

Updated: Sunday, Jan 23, 2022

author:Anita Djie

Anita Djie

| Posted: Thursday, Oct 07, 2021

Share:

Microsoft Office Adalah Software yang Masih Digunakan Perusahaan! cover

Microsoft Office adalah salah satu software yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari untuk menulis dokumen sampai membuat presentasi. Ada berbagai fungsi dari Microsoft Office yang membuatnya menjadi pilihan banyak orang.

Ternyata, software ini tidak hanya berguna untuk pembuatan laporan dan presentasi saja karena masih banyak fungsi dari Microsoft Office yang bisa dimanfaatkan, khususnya dalam dunia kerja. Tidak heran kalau banyak perusahaan besar yang mencari orang-orang yang sudah mahir mengoperasikan Microsoft Office.

Apa Itu Microsoft Office?

Microsoft Office adalah salah satu software yang dibuat oleh perusahaan Microsoft pada tahun 1988. Software ini sangat sering digunakan dalam dunia kerja karena praktis dan mudah dipakai, serta tidak membutuhkan teknologi yang canggih untuk bisa dioperasikan.

Oleh karena itu, Microsoft Office adalah salah satu software yang bisa digunakan di perusahaan berskala kecil maupun besar. Selain itu, terdapat bermacam-macam Microsoft Office yang dapat dipakai sesuai dengan kebutuhan pekerjaan.

Macam-Macam Microsoft Office

Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint adalah tiga jenis program Microsoft Office yang paling dikenal. Padahal, terdapat bermacam-macam program Microsoft Office lainnya yang bisa kamu pakai, seperti:

Microsoft Access

Microsoft Access merupakan manajemen database untuk sistem komputer yang beroperasi menggunakan Windows.

Microsoft InfoPath

Meskipun jarang terdengar, Microsoft InfoPath tak kalah penting dengan program Microsoft Office lainnya. Microsoft InfoPath dapat membantu proses desain, distibusi, editing, penyempurnaan, dan pengumpulan formulir elektronik yang berbasi XML.

Microsoft OneNote

Dengan menggunakan Microsoft OneNote, kamu bisa menuliskan pesan atau memo dengan praktis dan mudah.

Microsoft Outlook

Fungsi dari Microsoft Office Outlook adalah untuk menyimpan serta mengatur segala informasi dan surat elektronik dari klien. Dalam Microsoft Outlook teradapat berbagai fitur, seperti kalender dan daftar kontak.

Microsoft Publisher

Selain Microsoft Outlook, Microsoft Office Publisher adalah salah satu program Microsoft Office yang jarang dibicarakan. Microsoft Publisher merupakan software desain yang dapat digunakan di komputer berbasis Windows.

Skype for Business

Meskipun tidak ada kata 'Microsoft' pada software Skype for Business, sebenarnya program ini adalah bagian dari Microsoft Office. Aplikasi Skype for Business bisa digunakan untuk mengirimkan pesan tertulis maupun suara.

Baca juga: Panduan Belajar Excel untuk Para Pemula

Fungsi Microsoft Office dalam Dunia Kerja

Fungsi Microsoft Office di dunia kerja

Sumber: Scott Graham di Unsplash

Sekarang ini sudah ada banyak software dan aplikasi inovatif yang membantu pembuatan dan penyimpanan dokumen, tapi perusahaan masih memilih menggunakan Microsoft Office dalam menjalankan usahanya.

Berikut adalah beberapa alasan kenapa Microsoft Office masih kerap kali digunakan:

Pilihan Template yang Beragam

Salah satu keunggulan dari Microsoft Office adalah banyaknya jenis template yang bisa dipilih untuk beragam dokumen.

Pembuatan laporan menjadi lebih mudah dan praktis dengan adanya template. Misalnya, kamu ingin menulis surat, kamu tinggal memilih jenis template surat yang kamu inginkan di Microsoft Word. Selain surat, kamu juga bisa mencari template untuk laporan presentasi di Microsoft PowerPoint.

Template dari Microsoft Office juga bisa dimodifikasi agar sesuai dengan perusahaan. Ini sangat memudahkanmu untuk melakukan branding atau memperlihatkan identitas perusahaan melalui dokumen-dokumen yang dibuat.

Bisa di Semua Perangkat

Kamu bisa menggunakan Microsoft Office di hampir semua perangkat. Makanya dalam dunia kerja, masih banyak dokumen yang menggunakan format Microsoft Office.

Bisa Mengerjakan Dokumen Bersama Rekan Kerja

Dengan Microsoft Office, kamu bisa mengirimkan laporanmu dengan mudah ke rekan kerja tanpa perlu bertatap muka. Kalian juga dapat saling memantau perkembangan dari dokumen yang sedang dikerjakan.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan saran, pertanyaan, atau komentar di laporan yang sedang dikelola bersama-sama sebagai masukan untuk teman kerja.

Presentasi Laporan jadi Lebih Mudah

Dengan menggunakan Microsoft PowerPoint, kamu dapat dengan cepat membuat laporan presentasi ke klien atau atasan dalam bentuk slide dengan template yang sudah disediakan, jadi kamu tidak perlu repot belajar Microsoft Office secara detil.

Baca juga: Apa Saja Sertifikasi Microsoft yang Berskala Internasional? 

Jadwal dan E-mail Lebih Tertata

Jadwal yang padat dan e-mail yang menumpuk bisa menjadi kendala saat kamu tidak menggunakan Microsoft Outlook. Microsoft Office yang satu ini dapat membantumu untuk mengatur kalender, surat elektronik, dan daftar kontak yang ada dalam perangkat.

Bisa Memasukkan Informasi Secara Otomatis

Selain template yang beragam, kamu juga bisa memasukkan nama, alamat, ataupun nomor telepon orang lain secara otomatis di template yang sudah disediakan dari Microsoft Word.

Jadinya, kamu bisa membuat dokumen dengan template yang sama untuk ditujukan ke pelanggan atau klien yang berbeda-beda.

Input Data Lebih Teratur

Merapikan data memerlukan waktu yang panjang, untungnya Microsoft Excel bisa membantu mengatur data-data penting perusahaan dalam bentuk tabel.

Selain itu, Microsoft Excel juga menawarkan beragam fitur lain, seperti menjumlahkan ataupun membagi angka dalam data.

Illustrasi yang Lengkap

Microsoft Office, khususnya Microsoft PowerPoint, menawarkan beragam Ilustrasi, seperti grafik dan tabel, yang bisa digunakan untuk merepresentasikan penjualan, pembelian, ataupun perkembangan usaha yang sedang dijalankan.

Kamu bisa mengubah warna dan bentuk dari ilustrasinya sesuai dengan selera atau bahkan menambahkan gambar di dalam dokumen.

Dokumen Lebih Rapi

Tidak hanya praktis, menggunakan Microsoft Word juga membuat dokumen menjadi lebih rapi. Penulisan yang baik dan tertata sangat penting dalam dunia kerja karena mencerminkan profesionalitas.

Dengan Microsoft Word, kamu bisa dengan mudah mengecek ada tidaknya kesalahan penulisan dalam laporan dan menyusun halaman serta daftar isi dengan lebih teratur.

Baca juga: 7 Rumus Excel yang Wajib Dikuasai di Dunia Kerja 

Macam-Macam Dokumen yang Bisa Dibuat di Microsoft Office

Membuat macam-macam dokumen Microsoft Office

Sumber: Pexels di Pixabay

Dalam dunia kerja, terdapat berbagai macam dokumen yang perlu dibuat, mulai dari laporan penjualan sampai surat resmi. Belajar menggunakan Microsoft Office akan sangat memudahkanmu dalam membuat ataupun menyusun dokumen-dokumen lainnya, seperti:

Kartu Nama

Kamu tidak membutuhkan keahlian mendesain yang tinggi untuk bisa membuat kartu nama di Microsoft Office. Kamu cukup memilih bentuk dan susunan kartu nama yang diinginkan dari template yang ada.

Selain itu, kamu juga bisa memodifikasi template agar selaras dengan branding perusahaanmu.

Brosur

Brosur merupakan salah satu metode advertising yang masih diterapkan sampai sekarang. Kamu tidak perlu repot menyewa designer kalau sudah belajar Microsoft Office karena template yang ada di software ini sudah menyediakan semuanya!

Kalender

Kalender tidak hanya berperan sebagai pengingat tanggal, tapi juga menjaga agar jadwal meeting tidak berantakan.

Kamu bisa membuat kalender secara manual menggunakan fitur tabel atau memilih langsung di template yang sudah disediakan oleh Microsoft Office.

Baca juga: 5 Trik Microsoft Word yang Jarang Diketahui

Mau Belajar Microsoft Office Secara Mendalam?

Kemampuan mengoperasikan Microsoft Office adalah salah satu skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Oleh karena itu, kamu perlu belajar menggunakan bermacam-macam fungsi Microsoft Office dan memvalidasi kemampuanmu melalui sertifikasi Microsoft Office Specialist.

Dengan mengikuti sertifikasi Microsoft Office Specialist, kamu bisa belajar teori dan praktik dari Microsoft Office serta mendapatkan sertifikat resmi dari Microsoft yang bertaraf internasional.

Ingin tahu lebih lanjut? Cek setifikasinya di website MyEduSolve!

Referensi

Bell. K.W. What Are Benefits of PowerPoint?. Chron. Diakses pada 24 November 2021.

CFI. Excel Definition. Diakses pada 24 November 2021.

Finch, C. Uses of Microsoft Word in Business. Techwalla. Diakses pada 24 November 2021.

Microsoft. 7 cool things you didn't know about Outlook. Diakses pada 24 November 2021.

Microsoft. Office Applications. Diakses pada 24 November 2021.

Microsoft. What's in Skype for Business Server 2019. Diakses pada 24 November 2021.

Post, J. (2020). The Best Business Uses of Microsoft Word. Business.com. Diakses pada 24 November 2021.

Rensburg, R.V. What is Microsoft Word Used for in the Workplace? Here's 5 Ways. Coggno. Diakses pada 24 November 2021.

Sharief, K. (2020). What is Microsoft Office? -Definition, Functions, Features, and More. Computer Tech Reviews. Diakses pada 24 November 2021.

University of York. Microsoft Office. Diakses pada 24 November 2021.

Visual Hackers. What are the advantages and disadvantages of PowerPoint?. Diakses pada 24 November 2021.

Article Tag:

Macam macam Microsoft OfficeMicrosoft Office adalahFungsi Microsoft Officebelajar Microsoft Office

Category:

Bisnis

Written By

author:Anita Djie

Anita Djie

Articles Info

author:Anita Djie

Anita Djie

Microsoft Office Adalah Software yang Masih Digunakan Perusahaan!

Posted: Thursday, Oct 07, 2021

Updated: Sunday, Jan 23, 2022

Article Tag:

Macam macam Microsoft OfficeMicrosoft Office adalahFungsi Microsoft Officebelajar Microsoft Office

Category:

Bisnis

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.