Mengenal Perbedaan Soft Skill dan Hard Skill yang Penting Di Dunia Kerja

Apa saja yang akan menjadi perbedaan soft skill dan juga hard skill? Seberapa pentingkah keduanya di dunia kerja? Temukan jawaban pertanyaan tersebut di sini.

Posted: Thursday, Jan 27, 2022

Updated: Friday, Jan 28, 2022

author:MyEduSolve

MyEduSolve

| Posted: Thursday, Jan 27, 2022

Share:

Mengenal Perbedaan Soft Skill dan Hard Skill yang Penting Di Dunia Kerja cover

Ketika kamu ingin masuk ke dunia kerja, memiliki bekal berupa skill adalah sebuah kewajiban. Menguasai sebuah program atau dapat lancar berbahasa asing adalah salah satu bentuk. Namun, skill tidak hanya berbentuk kemampuan atau keahlian tertentu saja. Kemampuan untuk berkomunikasi atau bekerja sama juga sebuah skill. Pengetahuan dan keterampilan teknis biasa disebut sebagai hard skill, sedangkan sifat kepribadian dan cara berpikir disebut sebagai soft skill. Perbedaan soft skill dan hard skill tidak hanya terletak pada pengertiannya. Ada banyak poin yang harus kamu pahami agar bisa membedakan keduanya dan menguasainya. Berikut adalah perbedaan soft skill dan hard skill yang harus kamu pahami.

Apa Saja Perbedaan Soft Skill dan Hard Skill?

Jika kita coba telaah, perbedaan utama antara hard skill dan soft skill adalah tentang bagaimana cara untuk memperolehnya serta penggunaannya di tempat kerja. Hard skill dapat diperoleh melalui pendidikan atau mengikuti pelatihan khusus. Contohnya adalah kemampuan untuk mengoperasikan mesin tertentu atau perangkat lunak. 

Soft skill merupakan kemampuan yang berbentuk kepribadian yang dapat dikembangkan sepanjang hidup. Hal ini bisa dipelajari, namun tidak akan semudah ketika kamu belajar mengemudikan kendaraan karena soft skill akan sangat bergantung dari kepribadian seseorang. Contohnya adalah ketika kamu mengatur waktu, bagaimana kamu berkomunikasi dengan orang lain, atau kemampuan kamu menghadapi situasi sulit untuk pertama kalinya. 

Lalu, skill mana yang harus kamu kembangkan? Untuk mengetahui hal ini, mari kita berkenalan lebih lanjut dengan 2 jenis kemampuan yang akan dibutuhkan di dunia kerja ini!

1. Mengenal Hard Skill

Hard skill adalah kemampuan yang terkait dengan pengetahuan, keahlian, dan kemampuan seseorang dalam melakukan tugas tertentu. Sehingga akan sering dicantumkan dalam deskripsi pekerjaan. Hal ini menunjukkan bahwa setiap kemampuan individu dapat memberikan dampak yang baik terhadap apa yang diinginkan oleh perusahaan. Seperti yang sudah disebutkan di atas, untuk membangun hard skill kamu perlu mengikuti pendidikan dan pelatihan untuk bisa memiliki kemampuan yang kompeten untuk menjalankan tugas tertentu. 

Baca juga: Tertarik Belajar Desain? Kembangkan Skill-mu di Adobe Bootcamp!

Lantas, apakah kemampuan teknis ini harus kamu kembangkan? Jawaban dari pertanyaan tersebut tentu saja “iya”. Setiap pekerjaan akan membutuhkan keterampilan teknis tertentu yang spesifik untuk industrinya. Jika kamu ingin bekerja dalam suatu bidang, maka berbagai kemampuan terkait harus kamu kuasai agar bisa memberikan hasil yang maksimal.

2. Mengenal Soft Skill

Soft skills adalah keterampilan interpersonal yang bisa menunjukkan cara seseorang berhubungan dan berinteraksi dengan orang lain. Sebenarnya kemampuan ini bukan hanya untuk dunia pekerjaan, namun secara luas di berbagai kegiatan sehari-hari. 

Soft skill sangat terkait dengan atribut pribadi yang tidak berwujud, sikap, kemampuan sosial dan manajemen seseorang. Nantinya kemampuan ini akan bisa memfasilitasi seseorang untuk bekerja dan beradaptasi dengan mudah di tempat kerja.

Baca juga: 5 Cara Memperluas Networking Bagi Pencari Kerja

Soft skill dapat diperoleh melalui proses pembelajaran informal, seperti mempelajari etika dan tata krama melalui pergaulan dengan orang-orang. Untuk beberapa jenis soft skill kamu juga bisa melatihnya melalui cara yang lebih formal, seperti mengikuti latihan kepemimpinan atau belajar berpikir kritis.

Jadi, jika ditanya mana yang harus dikembangkan, maka jawabannya adalah keduanya. Kemampuan ini akan saling bersinergi untuk membantu kamu di dunia pekerjaan. Percuma jika bisa menguasai sebuah ilmu, namun kesulitan untuk bekerja sama atau mengatasi masalah di bawah tekanan.

Jika ingin melatih kedua skill ini namun bingung harus kemana, maka MyEduSolve siap membantu kamu. Dapatkan berbagai macam hard skill dan juga soft skill untuk membantu kamu dalam mempersiapkan diri masuk ke dunia kerja. Jadi setelah mengenal perbedaan soft skill dan juga hard skill di atas, semoga kamu bisa paham untuk mengembangkan kemampuan apa saja yang dibutuhkan dalam industri pekerjaan ya!

Article Tag:

soft skillhard skillperbedaan soft skill dan hard skill

Category:

Pengembangan Skill

Written By

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Articles Info

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Mengenal Perbedaan Soft Skill dan Hard Skill yang Penting Di Dunia Kerja

Posted: Thursday, Jan 27, 2022

Updated: Friday, Jan 28, 2022

Article Tag:

soft skillhard skillperbedaan soft skill dan hard skill

Category:

Pengembangan Skill

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.