Microsoft Azure Adalah Pilihan Populer di Era Cloud Computing

Di era yang modern dan serba online, Microsoft Azure adalah salah satu pilihan cloud service yang paling sering digunakan. Sebelum terjun ke dunia teknologi, kamu perlu mencari tahu lebih banyak soal Microsoft Azure melalui artikel ini!

Posted: Friday, Oct 08, 2021

Updated: Tuesday, Jan 25, 2022

author:Anita Djie

Anita Djie

| Posted: Friday, Oct 08, 2021

Share:

Microsoft Azure Adalah Pilihan Populer di Era Cloud Computing cover

Sekarang ini, perusahaan-perusahaan mulai menawarkan produk dan jasa melalui aplikasi ataupun website di internet. Namun, untuk tetap bisa mengoperasikannya, dibutuhkan banyak pengeluaran. Malahan, semakin banyak pelanggan yang bertransaksi secara daring, semakin banyak pula biaya yang dikeluarkan.

Untuk menekan anggaran, perusahaan menggunakan jasa cloud computing atau cloud service. Microsoft Azure adalah salah satu cloud service yang sering dijadikan pilihan para pebisnis. Oleh karena itu, rekruter mulai melirik orang-orang yang memiliki sertifikasi Microsoft Azure untuk bisa mengeoperasikan program tersebut. Lantas, apa itu Microsoft Azure?

Sebelum Memahami Fungsi Microsoft Azure

Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai apa itu Microsoft Azure dan cara kerja serta fungsi Microsoft Azure, kamu perlu memahami apa itu cloud computing terlebih dahulu. Meskipun memiliki kosa kata yang terkesan sangat teknis, sebenarnya cloud computing memiliki pengertian yang sederhana.

Cloud computing adalah program komputer yang berbasis di internet. Kata 'cloud' sendiri dalam cloud computing merujuk pada internet. Semua proses komputer yang dilakukan melalui internet termasuk dalam kategori cloud computing, seperti penyimpanan informasi, pemindahan data, dan analisis data.

Salah satu keuntungan menggunakan cloud computing adalah kamu tidak perlu membeli banyak server untuk menampung data-data ataupun software dari aplikasi dan website yang sedang dijalankan. Semua informasimu akan tersimpan di internet atau server penyedia jasa cloud computing.

Cloud computing membantu meningkatkan efektivitas dan efisiensi dari proses komputer di internet. Umumnya, kamu bisa memilih dan hanya membayar fitur dari jasa cloud computing yang akan kamu gunakan. Nah, Microsoft Azure adalah salah satu cloud service yang memakai metode ini.

Sebenarnya, ada banyak aplikasi dan website yang menggunakan cloud computing. Hampir semua layanan online yang kamu gunakan, seperti aplikasi streaming film dan aplikasi pemutar lagu, memakai cloud computing.

Baca juga: Artificial Intelligence Adalah Karier Menjanjikan di Masa Depan

Berkenalan dengan Fitur dan Fungsi dari Microsoft Azure

Microsoft Azure adalah cloud service

Sumber: Sigmund di Unsplash

Sebenarnya apa itu Microsoft Azure? Microsoft Azure adalah salah satu public cloud service yang menjadi andalan pebisnis. Bahkan, sekitar 95% perusahaan besar di dunia memakai fitur dari cloud service ini. Tak heran jika orang-orang yang tahu cara menggunakan Microsoft Azure akan dicari-cari oleh perusahaan-perusahaan besar.

Untuk pembayaran, Microsoft Azure menerapkan sistem pay-as-you-go, yang artinya kamu hanya perlu membayar layanan atau jasa yang digunakan. Cara kerja Microsoft Azure cukup sederhana, kamu hanya perlu berlangganan dan membayar paket yang sudah kamu pilih dari cloud service ini. Setelahnya kamu akan mendapatkan akses untuk memakai semua fitur Microsoft Azure.

Selain cara kerjanya, cara menggunakan Microsoft Azure juga cukup mudah karena kamu tinggal memilih layanan yang kamu inginkan. Berikut adalah 3 fitur dan fungsi dari Microsoft Azure yang paling sering digunakan:

Infrastructure as a Service (IaaS)

Ini adalah fungsi paling mendasar dari Microsoft Azure. Kamu tidak perlu membuat server dan mesin virtual untuk mengoperasikan aplikasi serta website.

Platform as a Service (PaaS)

Salah satu fungsi Microsoft Azure adalah untuk mengembangkan, menguji, mengirimkan, dan memelihara software aplikasi atau web di perangkat elektronik. Jika kamu menggunakan fitur Microsoft Azure yang satu ini, kamu tidak perlu pusing dengan perintilan kecil, seperti database dan penyimpanan data.

Software as a Service (SaaS)

Software as a Service merupakan fitur Microsoft Azure yang membantumu untuk mengirimkan aplikasi software ke internet. Layanan ini juga menyediakan host dan mengatur serta memelihara software.

Baca juga: Apa Itu Sertifikasi Microsoft Certified Fundamentals?

Apa yang Membuat Microsoft Azure Digemari?


Fungsi Microsoft Azure mentransfer data

Sumber: Sigmund di Unsplash

Meskipun sudah memahami apa itu Microsoft Azure beserta fitur dan fungsi Microsoft Azure, tapi apa yang membuatnya berbeda dengan cloud service lainnya? Ada beberapa alasan kenapa Microsoft Azure kerap kali digunakan oleh berbagai perusahaan, yaitu:

Cocok untuk Semua Jenis Bisnis

Fitur Microsoft Azure mudah digunakan oleh perusahaan start-up maupun perusahaan besar. Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan Microsoft Azure dengan jenis bisnis yang kamu geluti karena cloud service ini bisa diatur sesuai dengan kebutuhan bisnismu. Cara menggunakan Microsoft Azure juga tidak ribet dan mudah dipraktikkan oleh perusahaan.

Lebih Efisien

Cara kerja yang praktis dan metode pembayaran pay-as-you-go membuat Microsoft Azure menjadi pilihan cloud service yang efisien. Kamu hanya perlu membayar fitur Microsoft Azure yang kamu gunakan sesuai dengan anggaran perusahaan.

Tersedia Di Mana Saja

Pusat dari Microsoft Azure tersebar di berbagai negara. Cloud service ini sudah ada di kurang lebih 140 negara dan siap melayanimu kapan saja!

Keamanan Terjamin

Selain fungsinya, Keamanan dari Microsoft Azure juga tidak perlu diragukan lagi. Cloud service dilengkapi dengan proses enkripsi yang mutakhir, proxy card access readerstwo-tier authentication, dan pemindai biometrik

Kamu juga bisa membayar lebih untuk layanan backup data saat terjadi bencana. Semua datamu akan bisa dikembalikan hanya dalam waktu beberapa jam saja.

Pahami Cara Menggunakan Microsoft Azure!

Bagi kamu yang tertarik untuk berkarir di bidang IT, seperti cloud administrator atau cloud developer, kemampuan mengoperasikan Microsoft Azure adalah salah satu skill yang sangat dicari oleh perusahaan.

Rekruter tak hanya mencari orang yang memahami apa itu Microsoft Azure, tapi juga orang yang bisa menggunakan serta mengaturnya. Agar bisa lebih menonjol dari pelamar kerja lainnya, kamu dapat mengambil sertifikasi Microsoft Azure untuk memvalidasi pemahamanmu mengenai cara kerja Microsoft Azure.

Baca juga: 5 Profesi di Bidang IT yang Paling Menjanjikan

Salah satu sertifikasi Microsoft Azure yang bisa kamu miliki adalah Microsoft Certified Fundamentals (MCF). Sertifikasi Microsoft Azure ini resmi dari Microsoft dan bertaraf internasional. Kabar baiknya, kamu dapat mengikuti sertifikasi MCF di MyEduSolve!

Segera ambil sertifikasi Microsoft Azure di situs web MyEduSolve

Referensi

ACTS. What are the business benefits of Microsoft Azure Cloud?. Diakses pada 15 November 2021.

Bigelow, S.J. (2020). Microsoft Azure. Tech Target. Diakses pada 15 November 2021.

Knerl, L. (2020). Top 5 Benefits of Microsoft Azure. HP. Diakses pada 15 November 2021.

Microsoft. What is Azure?. Diakses pada 15 November 2021.

Microsoft. What is Cloud Computing?. Diakses pada 15 November 2021.

ProTech. Top 5 Benefits of Microsoft Azure for Business. Diakses pada 15 November 2021.

Article Tag:

Microsoft Azure adalah,apa itu Microsoft Azure,Fitur Microsoft Azure,Cara menggunakan Microsoft Azure,Cara kerja Microsoft Azure,fungsi Microsoft Azure,sertifikasi Microsoft Azure

Category:

Teknologi

Written By

author:Anita Djie

Anita Djie

Articles Info

author:Anita Djie

Anita Djie

Microsoft Azure Adalah Pilihan Populer di Era Cloud Computing

Posted: Friday, Oct 08, 2021

Updated: Tuesday, Jan 25, 2022

Article Tag:

Microsoft Azure adalah,apa itu Microsoft Azure,Fitur Microsoft Azure,Cara menggunakan Microsoft Azure,Cara kerja Microsoft Azure,fungsi Microsoft Azure,sertifikasi Microsoft Azure

Category:

Teknologi

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.