Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Ini Pertanyaan Yang Harus Ditanyakan Saat Interview!

Interview adalah salah satu proses saat mengikuti rekrutmen pekerjaan. Kamu juga bisa mengajukan pertanyaan pada pewawancara, ini dia pertanyaan yg harus ditanyakan saat interview

Posted: Tuesday, Jun 13, 2023

Share:

Ini Pertanyaan Yang Harus Ditanyakan Saat Interview! cover

Kita semua tahu bahwa wawancara merupakan tahap yang menentukan dalam proses seleksi kerja. Namun, tahukah kamu bahwa dalam wawancara, tidak hanya pewawancara yang bertanya, tetapi kamu juga memiliki kesempatan untuk bertanya?


Dalam artikel ini, MyEduSolve akan membahas tentang pentingnya pertanyaan yang tepat saat wawancara. kamu akan belajar bagaimana mempersiapkan diri dengan baik dan mengajukan pertanyaan yang cerdas kepada pewawancara. 


Simak artikel ini untuk dapatkan wawasan baru sebelum memulai wawancara kerjamu!

Persiapan Wawancara

Kamu pasti sudah mendengar pepatah yang mengatakan, "Persiapan adalah kunci keberhasilan." Hal ini juga berlaku dalam wawancara kerja. Dengan persiapan yang baik, kamu dapat tampil lebih percaya diri dan memberikan kesan yang positif kepada pewawancara. Berikut adalah beberapa tips untuk persiapan wawancara yang sukses:


Pelajari Profil Perusahaan

Sebelum wawancara, luangkan waktu untuk mempelajari profil perusahaan dengan baik. Cari tahu visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan tersebut. Dengan memiliki pemahaman yang mendalam tentang perusahaan, kamu dapat menunjukkan minat dan keseriusan kamu kepada pewawancara.

Pahami Tanggung Jawab Pekerjaan

Baca dengan seksama deskripsi pekerjaan yang kamu lamar. Pahami tugas-tugas yang harus dilakukan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk pekerjaan tersebut. Dengan pemahaman yang baik, kamu dapat menyampaikan bagaimana pengalaman dan keterampilan yang kamu miliki sesuai dengan pekerjaan yang ditawarkan.

Identifikasi Keahlian dan Pengalaman yang Relevan

Buat daftar keahlian dan pengalaman yang relevan yang kamu miliki. Catat prestasi-prestasi yang pernah kamu capai di sekolah, organisasi, atau proyek-proyek yang pernah kamu ikuti. Hal ini akan membantu kamu mempersiapkan jawaban yang kuat dan meyakinkan tentang kemampuan dan potensi kamu kepada pewawancara.

Berlatih Menjawab Pertanyaan Umum

Practice makes perfect, dan ini juga berlaku dalam wawancara. Ajak teman atau anggota keluarga untuk berperan sebagai pewawancara dan berlatih menjawab pertanyaan umum yang sering diajukan dalam wawancara. Dengan berlatih, kamu dapat mengasah kemampuan berbicara dan meningkatkan kepercayaan diri kamu.

Siapkan Pertanyaan untuk Pewawancara

Ingat, wawancara juga merupakan kesempatan bagi kamu untuk mengajukan pertanyaan kepada pewawancara. Persiapkan pertanyaan yang menunjukkan minat kamu terhadap perusahaan dan pekerjaan yang kamu lamar. Pertanyaan ini juga dapat memberikan kamu informasi yang lebih dalam tentang perusahaan dan budaya kerjanya.


Baca juga: 6 Cara Menjawab Pertanyaan Interview Kerja

Pertanyaan yang Harus Ditanyakan saat Interview


Saat tiba pada sesi pertanyaan, kamu dapat menggunakan kesempatan ini untuk mengajukan pertanyaan yang cerdas kepada pewawancara. Berikut adalah beberapa contoh pertanyaan yang harus ditanyakan saat interview:


1. Mengapa kamu memilih perusahaan ini?

Pertanyaan ini akan menunjukkan minat kamu terhadap perusahaan. Selain itu, ini juga memberikan kesempatan bagi pewawancara untuk menjelaskan nilai-nilai unik dan keunggulan perusahaan tersebut.


2. Bagaimana peran ini berkontribusi pada visi perusahaan?

Pertanyaan ini membantu kamu memahami sejauh mana peran yang kamu lamar dapat berpengaruh pada kesuksesan perusahaan secara keseluruhan. Ini menunjukkan kamu sebagai kandidat yang berpikiran jauh ke depan dan ingin berkontribusi secara signifikan.


3. Apa yang paling kamu sukai tentang budaya kerja di perusahaan ini?

Pertanyaan tentang budaya perusahaan memungkinkan kamu untuk mendapatkan informasi tentang budaya kerja di perusahaan tersebut. Ini akan membantu kamu menilai apakah nilai-nilai perusahaan tersebut sejalan dengan nilai pribadi, atau akan membantu perkembangan dirimu.


Dalam wawancara kerja, mengajukan pertanyaan yang tepat merupakan kunci untuk menciptakan kesan yang baik kepada pewawancara. Dengan persiapan yang matang dan pertanyaan yang cerdas, kamu dapat menunjukkan minat kamu, memperoleh informasi penting, dan memperlihatkan kecerdasan kamu kepada pewawancara.


Baca juga: Inilah 5 Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview dengan Baik


Pertanyaan yang Tidak Boleh Ditanyakan saat Wawancara


Dalam interview kerja, ada beberapa pertanyaan yang tidak boleh ditanyakan saat wawancara. Meskipun kalian mungkin penasaran atau ingin mengetahui hal-hal pribadi, hal tersebut tidaklah pantas untuk ditanyakan dalam konteks wawancara kerja. Berikut adalah beberapa jenis pertanyaan yang sebaiknya dihindari:


Pertanyaan tentang status pernikahan atau kehamilan

Pertanyaan ini bersifat pribadi dan tidak relevan dengan kemampuan kerja kalian. Pewawancara tidak seharusnya meminta informasi pribadi ini dan kalian juga tidak perlu membagikannya.


Pertanyaan tentang kepercayaan politik atau agama

Agama dan politik adalah masalah yang sangat sensitif. Tidak ada alasan untuk membahas hal ini dalam wawancara kerja. Fokuslah pada kualifikasi kalian dan kompetensi yang kalian miliki.


Pertanyaan yang tidak relevan dengan pekerjaan

Pertanyaan yang tidak terkait dengan pekerjaan atau tidak ada hubungannya dengan perusahaan sebaiknya dihindari. Kalian harus fokus pada pertanyaan yang relevan dengan tanggung jawab pekerjaan dan kemampuan yang dimiliki.


Pertanyaan yang diskriminatif atau tidak pantas

Hindari pertanyaan yang diskriminatif berdasarkan ras, jenis kelamin, orientasi seksual, atau karakteristik pribadi lainnya. Pertanyaan semacam ini tidak pantas dan dapat melanggar etika serta hukum.



Tips untuk Membuat Pertanyaan yang Tepat


Ketika kamu mempersiapkan pertanyaan tentang perusahaan, ada beberapa tips yang dapat membantu kamu membuat pertanyaan yang tepat dan efektif. Mari kita simak tips-tips tersebut:

Pertimbangkan informasi yang ingin kamu ketahui

Pikirkan dengan seksama tentang informasi yang kamu ingin ketahui dari pewawancara. Pertanyaan kamu harus fokus pada hal-hal yang relevan dengan perusahaan, pekerjaan, dan keinginanmu.

Buat pertanyaan yang memperlihatkan minat dan pengetahuan kamu

Buatlah pertanyaan yang menunjukkan minat kamu terhadap perusahaan dan pekerjaan tersebut. Hal ini akan memperlihatkan bahwa kamu telah melakukan riset dan benar-benar tertarik dengan perusahaan tersebut.

Hindari pertanyaan yang sudah terjawab dari informasi yang tersedia

Sebelum mengajukan pertanyaan, pastikan bahwa kamu telah mencari informasi yang tersedia. Jangan mengajukan pertanyaan yang jawabannya sudah dapat ditemukan dengan mudah melalui situs web perusahaan atau sumber informasi lainnya. Ini akan menunjukkan kurangnya persiapanmu.

Gunakan pertanyaan untuk menunjukkan keahlian dan pengalaman kamu

Pertanyaan kamu juga dapat menjadi kesempatan untuk memperlihatkan keahlian dan pengalaman yang kamu miliki. Misalnya, kamu dapat mengajukan pertanyaan tentang proyek-proyek terkait yang akan menunjukkan kemampuan kamu dalam bidang tertentu.


Dalam wawancara kerja, pertanyaan yang tepat dapat memberikan keuntungan besar. Pertanyaan kamu dapat menunjukkan tingkat produktivitas kamu dalam bekerja, mendapatkan informasi yang berharga, dan memperlihatkan kecerdasan dan keahlian kamu kepada pewawancara.


Baca juga: Memahami Apa Itu Exit Interview dan Contoh Pertanyaannya


Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan yang relevan dan menarik saat wawancara. Persiapkan dirimu dengan baik,  susun portfolio dengan rapi dan baik. pikirkan pertanyaan yang ingin kamu ajukan, dan pastikan bahwa pertanyaan tersebut memperlihatkan minat kamu terhadap perusahaan dan pekerjaan yang dilamar.


Demikian penjelasannya, MESFriend! Wawancara adalah kesempatan untuk saling bertukar informasi antara kandidat dan perusahaan. Melalui pertanyaan yang tepat, kamu dapat menunjukkan dirimu adalah kandidat yang serius dan berkompeten. Jadi, jangan ragu untuk bersiap dengan baik dan berikan yang terbaik saat interview kerja!


Jika kamu punya pertanyaan lain seputar tips karier namun bingung harus bertanya ke siapa, bisa ceritakan secara anonim ke HR Professional MyEduSolve melalui #TalkToDIAN, ya!



Referensi: 

  1. 38 Smart Questions to Ask in a Job Interview

  2. Best Questions to Ask an Interviewer

  3. Questions to Ask in a Job Interview

Related Tags

Pertanyaan Interview

1,534

Recommended Articles

Tantangan Literasi Digital di Tahun 2022 cover

Posted: 2 years ago

11 Min Read

5 Tips Belajar Desain Grafis Secara Otodidak cover

Posted: 3 years ago

6 Min Read

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.