6 Cara Menjawab Pertanyaan Interview Kerja

Buat kamu yang akan menghadiri interview kerja sebaiknya kamu harus mempersiapkannya secara matang. Untuk itu, simak cara-cara menjawab pertanyaan interview kerja agar kamu bisa lolos di perusahaan yang diinginkan.

Posted: Friday, Oct 29, 2021

Updated: Monday, Sep 26, 2022

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

| Posted: Friday, Oct 29, 2021

Share:

6 Cara Menjawab Pertanyaan Interview Kerja cover

Apakah kamu sudah siap menghadiri interview kerja yang akan datang?

Salah satu bagian terpenting untuk mempersiapkan interview kerja ini yaitu dengan latihan menjawab pertanyaan-pertanyaan umum yang sering ditanyakan oleh HR. Karena pertanyaan wawancara ini sangat umum, rekruter akan mengharapkan kamu dapat menjawabnya dengan lancar dan tanpa ragu-ragu.

Agar kamu tidak mudah gugup dan bingung untuk menjawab pertanyaan dari rekruter, MyEduSolve telah merangkum beberapa cara untuk menjawab pertanyaan saat interview kerja disertai dengan tips-tipsnya. Yuk simak artikel di bawah ini!

1. Ceritakan tentang Dirimu

Pertanyaan ini biasanya ditanyakan saat awal interview. Kamu harus menceritakan tentang kualifikasi, pengalaman yang relevan dengan posisi yang dilamar serta alasan mengapa kamu cocok dengan pekerjaan yang ditawarkan ini. Lalu, kamu juga bisa menceritakan pencapaian yang telah diraih selama ini secara terukur contohnya jika kamu ingin melamar di posisi marketing, kamu bisa menjelaskan bahwa kamu telah meningkatkan 20% penjualan selama 2 bulan bekerja di tempat sebelumnya.

Jika kamu adalah seorang fresh graduate, kamu bisa menyiasatinya dengan menceritakan pengalaman organisasi di kampus atau kontribusimu ketika menjadi panitia untuk kegiatan kampus, menjadi volunteer, ikut dalam komunitas, dan lain sebagainya. Pastikan bahwa cerita yang kamu sampaikan menarik, singkat, dan jelas.

Baca juga: 10 Cara Mengembangkan Potensi Diri di Masa Pandemi

2. Apa yang Kamu Ketahui tentang Perusahaan Ini?

Tentunya kamu harus melakukan riset kecil sebelum menghadiri interview kerja di perusahaan tersebut. Caranya, kamu bisa mengunjungi situs resmi perusahaan atau melihat media sosial dari perusahaan seperti profil LinkedIn mereka. Sebagai catatan penting, kamu harus mengetahui bidang industri dari perusahaan terkait, produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan, serta kompetitor-kompetitor dari si perusahaan.

3. Kenapa Kamu Tertarik Bekerja di Perusahaan Ini?

Hindari menjawab pertanyaan ini dengan alasan kebutuhan finansial, kamu bisa memberikan alasan bahwa kamu ingin mengembangkan karier, perusahaan tersebut lebih unggul dibandingkan kompetitor lainnya, atau kamu juga bisa menjabarkannya dengan alasan pekerjaan tersebut sesuai dengan bidang dan keahlian yang dimiliki.

4. Jelaskan Kelebihan dan Kekuranganmu

Hal pertama yang perlu kamu ingat ketika menjawab pertanyaan ini adalah pastikan kelebihan dan kekurangan yang akan kamu ceritakan yang ada hubungannya dengan pekerjaan profesional atau tentang cara kamu bekerja dengan orang lain. Sebagai contoh, jika kamu mengatakan bahwa kelebihanmu adalah seorang yang teliti jangan lupa untuk berikan contoh nyata terkait ketelitianmu saat menyelesaikan pekerjaan dan juga menyebutkan angka atau sesuatu yang bisa diukur. Untuk kekurangan, cobalah untuk jujur dan rendah hati kemudian dilanutkan dengan menjelaskan solusi dari kekurangan yang kamu miliki tersebut.

5. Kontribusi Apa yang Bisa Kamu Berikan untuk Perusahaan?

Disarankan untuk menjawab pertanyaan ini sesuai dengan kemampuan dan pengalaman kerja yang telah kamu miliki. Seperti menceritakan pengalaman di tempat lama kamu bekerja dan sertakan pencapaian atau prestasi yang telah kamu raih agar bisa meyakinkan pihak rekruter. Jika kamu belum memiliki pengalaman kerja, kamu bisa menceritakan pengalaman organisasi atau kegiatan positif yang kamu lakukan semasa kuliah. Kemudian berikan contoh nyata dari hasil pencapaianmu sehingga dengan data yang jelas dan konkrit. Sehingga dari pencapaian tersebut yang sudah disertai dengan data ini, kamu akan dianggap bisa berkontribusi kepada perusahaan tersebut dari pengalaman-pengalaman yang telah kamu miliki.

Baca juga: 5 Kesalahan Saat Mengikuti Virtual Job Fair

6. Apakah Kamu Punya Pertanyaan?

Pertanyaan ini biasa muncul di saat mendekati akhir dari interview. Inilah saatnya kamu menunjukkan antusiasme terhadap lowongan pekerjaan tersebut. Ajukan beberapa pertanyaan yang relevan sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Contohnya: "Apa saja tantangan yang sering dihadapi di perusahaan ini?", "Bagaimana lingkup kerja atau jobdesc sehari-hari dari posisi ini?", "Bagaimana aspek penilaian dalam bekerja pada perusahaan ini?". Namun, ada juga beberapa pertanyaan yang patut kamu hindari seperti pertanyaan mengenai gaji atau benefit karena perekrut akan menganggapmu sebagai sosok yang materialistis.

Baca juga: Belum Dapat Kerjaan? Ini 12 Alasan Kamu Tidak Diterima Kerja!

Jadi, itulah cara-cara menjawab pertanyaan interview kerja. Semoga dengan cara-cara di atas dapat membantumu untuk lolos dalam interview kerja ya!

Article Tag:

Karier,tips interview kerja

Category:

Pencarian Kerja

Written By

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

Articles Info

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

6 Cara Menjawab Pertanyaan Interview Kerja

Posted: Friday, Oct 29, 2021

Updated: Monday, Sep 26, 2022

Article Tag:

Karier,tips interview kerja

Category:

Pencarian Kerja

Share:

604

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.