5 Cara Membuat Portofolio untuk Fresh Graduate

Bagi kamu yang baru lulus, berikut caranya membuat portofolio kerja!

Posted: Tuesday, Nov 08, 2022

Updated: Wednesday, Feb 08, 2023

author:Kenanga Admin

Hanindito Buwono

| Posted: Tuesday, Nov 08, 2022

Share:

5 Cara Membuat Portofolio untuk Fresh Graduate cover

Portofolio menjadi bagian terpenting untuk para pelamar kerja. Namun sayangnya, beberapa fresh graduate belum memahami betapa pentingnya untuk melampirkan portofolio saat mencari kerja. 


Padahal, untuk beberapa bagian posisi kerja mempunyai portofolio justru menjadi pertimbangan yang besar agar dapat pekerjaan. Untuk itu, mari kita jelaskan apa itu portofolio dan cara membuatnya.


Apa Itu Portofolio

Menurut Indeed, portofolio adalah kumpulan dokumen yang menampilkan karya terbaik dari pekerjaan sebelumnya. Portofolio bisa menjadi ajang bukti perkembangan kemampuan dan pekerjaan apa saja yang telah diselesaikan. 


Misalkan kamu seorang Desainer, maka yang perlu kamu lakukan adalah membuat portofolio desain dari pekerjaan sebelumnya seperti contoh ilustrasi, hasil kerja, atau karya apapun yang menunjukkan kemampuan desainmu.


Dengan melampirkan portofolio, perusahaan dapat melihat hasil kerja kamu sebelumnya sehingga dapat menjaga ekspektasi hasil pekerjaan nantinya.


Baca juga: 6 Tips Membuat Portofolio yang Menarik dan Dilirik Rekruter


Cara Membuat Portofolio

Untuk membuat portofolio, terdapat lima cara untuk kamu agar bisa membuatnya dan langsung mendapatkan pekerjaan impian, yaitu:


  1. Buat Daftar Isi dan Biodata

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah membuat daftar isi dan biodata. Langkah ini akan memudahkan rekruter untuk mengetahui isi yang ada di portofolio beserta informasi kepribadianmu seperti alamat email, nomor telepon, hingga akun sosial media.


  1. Tulis Skill yang Kamu Punya

Skill merupakan hal yang sangat diperhatikan oleh rekruter. Bahkan, skill adalah hal pertama yang akan diperhatikan oleh rekruter karena untuk menilai apakah kompetensimu sesuai dengan job description yang tertera.


Maka dari itu, pastikan kamu tuliskan skill yang dipunya secara detail dan jelas.


  1. Cantumkan Karya Terbaik

Ini adalah langkah yang penting, kamu harus mencantumkan karya terbaik dari pekerjaan sebelumnya di portofolio. Melampirkan hasil karya terbaikmu akan membuat rekruter melihat dirimu sebagai kandidat paling menonjol.


Jika kamu bingung memilih karya mana yang bagus, bisa kamu ingat kembali hasil kerja mana yang paling menuai banyak pujian.


Baca juga: Apa Itu Portofolio dan Bagaimana Cara Membuatnya?


  1. Perlihatkan Pencapaian dan Review

Memperlihatkan pencapaian dan mendapatkan review terhadap karyamu akan semakin menambahkan nilai kepercayaan dari rekruter.


Pencapaian seperti memenangkan sayembara atau menjadi penulis terbaik di kantor bisa terhitung sebuah pencapaian yang berarti.


  1. Berikan Penjelasan Karya

Terakhir, memberikan penjelasan terhadap karyamu akan mempermudah rekruter memahami maksud dari hasil kerja sebelumnya. 


Tuliskan beberapa kata secara rinci dan jelas tentang makna karyamu. Hal tersebut akan membuat rekruter mengerti bagaimana cara kerjamu nanti.


Demikian penjelasan tentang cara membuat portofolio, MESFriend! Jika kamu punya pertanyaan seputar karier serta kesehatan mental namun bingung harus bertanya kemana, bisa kamu ceritakan secara anonim melalui #TalkToDIAN, ya!

Related Tags

Portofolio

1,228

No Available Bundling Promo

Recommended Articles

Mau Jadi Project Manager? Kenali Apa Itu Sertifikasi Project Management Ready cover

Posted: a year ago

6 Min Read

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

Adobe Photoshop: Panduan dan 5 Tools Andalannya cover

Posted: 5 months ago

7 Min Read

Kenanga Admin

Turnover Karyawan: Definisi, Penyebab, dan Cara Menguranginya cover

Posted: a month ago

8 Min Read

Kenanga Admin

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.