Inilah 5 Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview dengan Baik

Berikut ini adalah tips yang bisa kamu terapkan tentang cara memperkenalkan diri saat interview agar kamu bisa memberikan kesan pertama yang baik.

Posted: Tuesday, Feb 15, 2022

Updated: Tuesday, Nov 29, 2022

author:MyEduSolve

MyEduSolve

| Posted: Tuesday, Feb 15, 2022

Share:

Inilah 5 Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview dengan Baik cover

Jika kamu sedang mempersiapkan diri untuk interview, ada baiknya jika kamu mempelajari cara memperkenalkan diri saat interview terlebih dahulu. Mengapa? Karena biasanya, perkenalan diri adalah hal yang pertama kali ditanyakan oleh interviewer kepada kamu.

Selain itu, perkenalan diri adalah waktu yang baik untuk membuat first impression yang baik pula. Jika kamu memberikan kesan pertama yang baik, maka proses interview yang terjadi juga kemungkinan besar akan berjalan lebih lancar.

Berikut ini adalah tip-tip yang bisa kamu pelajari tentang cara memperkenalkan diri saat interview agar kamu bisa memberikan kesan pertama yang baik.

Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview

Dalam wawancara kerja, pewawancara biasanya mengundang calon karyawan untuk memperkenalkan dirinya secara singkat. Tujuan dari jawaban atas pertanyaan ini adalah untuk memberitahu perusahaan dalam waktu singkat tentang kepribadian kamu dan menunjukkan antusiasme kamu.

Oleh karena itu pada saat perkenalan diri, kamu harus sebisa mungkin menceritakan sedikit tentang kelebihan kamu dan kaitannya dengan motivasi melamar di perusahaan tersebut, yang bertujuan untuk menarik perhatian pewawancara dan akan menjadi topik pembicaraan wawancara kedepannya.

Berikut ini adalah beberapa poin penting yang perlu dipertimbangkan ketika kamu memperkenalkan diri saat wawancara:

1. Perkenalkan Nama kamu

Meskipun nama kamu sudah tercantum di CV atau resume dan bahkan cover letter, ada baiknya jika kamu memperkenalkan kembali nama lengkap dan panggilan kamu. Tentu saja selama wawancara pewawancara akan sesekali menyebut nama kamu.

Baca Juga: 6 Contoh Pertanyaan Interview Project Manager dan Tips Menjawabnya

2. Latar Belakang Pendidikan

Setelah memperkenalkan nama, langkah selanjutnya adalah menjelaskan latar belakang pendidikan. Jelaskan juga alasan mengapa kamu memilih jurusan dan fakultas tersebut dan apa yang kamu pelajari selama kuliah. Tentunya hal ini akan sangat membantu penilaian dari pihak HRD atau yang memiliki wewenang untuk merekrut tentang apakah kamu layak atau tidak untuk bekerja di perusahaan tersebut.

3. Pengalaman Kerja dan/atau Organisasi

Setelah latar belakang pendidikan, kamu bisa mencoba menjelaskan pengalaman bekerja. Jelaskan posisi kamu dan apa saja tugas yang kamu jalani selama bekerja di posisi tersebut, jelaskan juga perusahaan tempat kamu bekerja sebelumnya untuk membantu memberikan konteks.

Hal ini dapat membantu pewawancara memahami mengapa kamu adalah orang yang tepat untuk mengisi posisi yang kamu lamar. Selain itu, hal ini juga adalah branding yang bagus untuk diri kamu jika diterima di posisi yang kamu lamar ini.

Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja, kamu dapat membagikan pengalaman organisasi atau pengalaman magang kamu. Kurang lebih kamu dapat menjelaskan hal yang sama tentang posisi dan tugas yang kamu emban.

Baca Juga: 5 Profesi Masa Depan yang Dibutuhkan di Era Metaverse

4. Keahlian khusus

Untuk lebih meyakinkan HRD bahwa kamu adalah kandidat yang tepat, jelaskan juga skill, baik itu soft skill maupun hard skill, yang kamu miliki. Tentunya kemampuan-kemampuan tersebut harus relevan dengan posisi yang kamu lamar.

Jika kamu memiliki sertifikasi atau sejenisnya yang dapat lebih membuktikan bahwa kamu memiliki keahlian tersebut, itu akan sangat amat membantu.

5. Perkenalkan Diri kamu Secara Singkat, Padat, dan Jelas
Saat memperkenalkan diri, hindari memberikan penjelasan yang terlalu panjang, apalagi menambahkan informasi yang tidak berkaitan dengan pengalaman profesional. Usahakan untuk menyampaikan pengantar yang berisi informasi sesuai dengan kebutuhan pekerjaan.

Kamu tidak perlu menjelaskan perjalanan hidup kamu dari lahir hingga sekarang. Yang pewawancara butuhkan hanyalah perjalanan profesional kamu selama bekerja dan kemampuan yang kamu miliki untuk mengisi posisi yang kamu lamar.

Baca Juga: 6 Cara Menjawab Pertanyaan Interview Kerja

Jika kamu ingin memastikan diri kamu lebih siap lagi dalam berkarier sebelum memulai mencari pekerjaan dan memasukkan lamaran pekerjaan, kamu bisa mengikuti program Career Ready dan juga berkonsultasi melalui Talk to DIAN di MyEduSolve. Untuk informasi lebih lanjut mengenai ujian sertifikasi yang disediakan oleh MyEduSolve, kamu bisa klik di sini.

Semoga setelah mempelajari cara memperkenalkan diri saat interview, kamu dapat memberikan kesan yang luar biasa terhadap pewawancara dan bisa mendapat posisi yang kamu lamar tersebut.

Article Tag:

Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview

Category:

Pengembangan Skill

Written By

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Articles Info

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Inilah 5 Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview dengan Baik

Posted: Tuesday, Feb 15, 2022

Updated: Tuesday, Nov 29, 2022

Article Tag:

Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview

Category:

Pengembangan Skill

Share:

1,479

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.