Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Ini Dia Pentingnya Program Bootcamp buat Tunjang Karier dan Skill Baru Kamu, Jangan Sampai Ketinggalan!

Dengan mengikuti Bootcamp, kamu akan belajar skill baru hingga peluang karier yang lebih menjanjikan!

Posted: Sunday, Apr 02, 2023

Share:

Ini Dia Pentingnya Program Bootcamp buat Tunjang Karier dan Skill Baru Kamu, Jangan Sampai Ketinggalan! cover

Sekarang ini, istilah program Bootcamp pastinya sering terdengar bagi kamu para fresh graduate atau kamu yang sudah bekerja dan ingin melakukan career switch.


Saat mengikuti program Bootcamp, kamu akan diberikan technical skills yang diperlukan agar siap masuk ke dunia kerja atau karier impianmu.


Selain itu, program Bootcamp juga memberikan banyak manfaat seperti belajar dari 0 bersama ahlinya, mendapatkan teman atau networking baru, hingga kamu menguasai skill baru.


Maka dari itu, kali ini MyEduSolve akan menjelaskan lebih detail kepadamu arti Bootcamp dan manfaat lain yang bisa kamu dapatkan.


Simak penjelasannya berikut ini, ya!


Apa Itu Bootcamp

Menurut SimpliLearn, program Bootcamp adalah pelatihan yang dilakukan secara intensif dengan materi pembelajaran yang telah disusun agar relevan ke karier yang dituju.


Pada umumnya, program Bootcamp akan fokus kepada kemampuan yang dibutuhkan oleh industri kerja, misalnya keterampilan di bidang Digital Marketing, Data Analytics, Microsoft Excel, Software Engineering, dan masih banyak lagi.


Berkat perkembangan teknologi, terdapat 2 jenis program Bootcamp yang bisa kamu ikuti, yaitu Synchronous (Live Online Bootcamp) dan Asynchronous (Online Bootcamp).


Kedua jenis program Bootcamp memiliki perbedaan dalam cara menyampaikan materi pembelajaran ke peserta, seperti:


  1. Synchronous (Live Online Bootcamp) → instruktur dan peserta Bootcamp akan belajar di sebuah media yang sama dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Instruktur dan peserta Bootcamp dapat berinteraksi secara langsung melalui media teleconference seperti Zoom, Google Meet, dan lainnya.

  2. Asynchronous (Online Bootcamp) → program bootcamp tidak memiliki waktu yang tetap namun peserta bisa menyelesaikan tugas yang diberikan secara mandiri. Dalam jenis ini, instruktur dan peserta Bootcamp tidak berinteraksi secara langsung.


Baca juga: Dijamin Ampuh! 5 Cara Bangkitkan Motivasi Kerja Karyawan


Apa Manfaat Bootcamp

Kamu sudah mengetahui pengertian dari program Bootcamp melalui penjelasan sebelumnya, sekarang mari ketahui apa saja manfaat yang bisa kamu rasakan jika mengikuti program Bootcamp.


Setidaknya ada 5 manfaat yang ditawarkan oleh program Bootcamp kepada pesertanya, yaitu:


  1. Belajar langsung dari praktisi yang berpengalaman

Saat kamu mengikuti program Bootcamp, kamu akan mendapatkan pembelajaran dari mentor atau praktisi profesional yang sudah berpengalaman di bidang industri kerja tertentu.


Ini merupakan kesempatan yang bagus bagi kamu untuk mengasah technical skills dengan baik serta maksimal.


Dengan belajar langsung kepada ahlinya, kamu akan belajar lebih banyak ketimbang belajar secara mandiri.


  1. Membangun portofolio

Portofolio merupakan dokumen yang berisikan karya-karya terbaik yang telah kamu buat sehingga memberikan nilai lebih kepada rekruter.


Jika kamu belum memiliki portofolio yang maksimal, mengikuti program Bootcamp bisa menjadi solusinya karena dengan tugas serta project yang biasa diberikan, bisa kamu gunakan untuk melengkapi portofolio kamu.


  1. Bertemu orang baru

Mengikuti program Bootcamp bisa mempertemukan banyak orang dengan latar belakang serta pengalaman kerja yang berbeda-beda.


Hal ini merupakan waktu yang tepat buat kamu untuk berjejaring, bertukar ide, berdiskusi, hingga bisa membangun hubungan yang baik.


Dengan melakukan hal tersebut, kamu bisa saling membantu untuk mendapatkan pekerjaan, membuka peluang bisnis bersama, hingga mendapatkan feedback mengenai karier.


  1. Kesempatan untuk mendapatkan peluang baru

Setiap pekerjaan tentunya harus memiliki technical skills tertentu, dengan mengikuti program Bootcamp kamu bisa belajar kemampuan yang diperlukan di dunia kerja.


Jika kamu seorang fresh graduate atau sudah bekerja tapi ingin melakukan career switch, program Bootcamp bisa membantumu untuk mendapatkan peluang karier baru.


  1. Meningkatkan nilai dan kualitas diri

Saat belajar di program Bootcamp, kamu akan mendapatkan pengalaman serta keterampilan baru yang secara tidak langsung berdampak kepada peningkatan kualitas diri.


Selain itu, kamu akan meningkatkan nilai jual kepada rekruter sehingga peluang untuk mendapatkan pekerjaan, gaji yang diinginkan, serta promosi pun jauh lebih besar.


Baca juga: Inilah Cara Terbaik Mendapatkan Sertifikat Cyber Security dengan Mudah


Cara Ikut Bootcamp

Jika kamu ingin mengikuti program Bootcamp yang bisa meningkatkan kemampuanmu di bidang IT, mengikuti MES+ Bootcamp adalah solusinya!


MyEduSolve+ (MES+) Bootcamp adalah program kelas pembelajaran intensif yang akan diajarkan oleh mentor yang berpengalaman dan profesional di bidangnya secara komprehensif.


Saat kamu mengikuti MES+ Bootcamp, kamu akan belajar dengan menggunakan kurikulum terstandar serta memiliki tujuan pembelajaran untuk mendapatkan sertifikasi internasional.


Kelas apa saja yang akan diajari di program MES+ Bootcamp? Kamu bisa pilih kelas Artificial Intelligence dan Cybersecurity sesuai dengan minatmu dengan manfaat lain yang ditawarkan, seperti:


  1. Kelas intensif secara live → Kelas online yang dijadwalkan oleh mentor profesional sehingga bisa membimbing dan membantumu untuk mencapai tujuan karier.

  2. Sertifikat internasional → Kurikulum belajar dirancang secara spesifik dengan tujuan sertifikasi internasional agar kamu bisa lebih unggul dibanding kandidat lain.

  3. Capstone Project → Partner dan klien MyEduSolve menyediakan Capstone Project agar kamu bisa langsung menerapkan hasil belajar di skenario dunia nyata.

  4. Persiapan karier → Kamu akan mendapatkan bimbingan yang terpersonalisasi oleh Konsultan Karier MyEduSolve supaya kamu bisa mencapai karier impian.


Jadi tunggu apa lagi? Segera tingkatkan skill Artificial Intelligence dan Cybersecurity kamu untuk perkembangan karier lebih baik melalui link pendaftaran berikut INI, ya!


--


Referensi:

1. What Is an Online Bootcamp: Your Career's Best Friend

2. Bootcamp: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

Articles Info

author:undefined
Kenanga Admin

Ini Dia Pentingnya Program Bootcamp buat Tunjang Karier dan Skill Baru Kamu, Jangan Sampai Ketinggalan!

Posted: Sunday, Apr 02, 2023

Updated: Friday, Apr 19, 2024

Related Tags

Program Bootcamp
MES+ Bootcamp

1,404

Recommended Articles

Relevant Certifications

IT Specialist: Cybersecurity Certification

Rp 0

IT Specialist: Artificial Intelligence Certification

Rp 0