Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Dijamin Ampuh! 5 Cara Bangkitkan Motivasi Kerja Karyawan

Kamu sedang mencari cara meningkatkan motivasi kerja karyawan? Membaca artikel ini bisa memberikanmu solusinya!

Posted: Friday, Mar 31, 2023

Share:

Dijamin Ampuh! 5 Cara Bangkitkan Motivasi Kerja Karyawan cover

Mempertahankan dan meningkatkan motivasi karyawan merupakan hal yang wajib dilakukan oleh perusahaan.


Dapat menjaga serta mengetahui bagaimana caranya bisa meningkatkan motivasi karyawan bisa berdampak positif kepada pekerjaannya, sehingga hasil kerjanya bisa mendukung tujuan perusahaan.


Hal tersebut mungkin tidak bisa terjadi jika karyawan kamu memiliki motivasi kerja yang rendah, pekerjaan mungkin tidak bisa terselesaikan dengan cepat, menghindari tugas tambahan, menghabiskan waktu untuk melakukan hal lain, hingga tidak menggunakan energinya untuk bekerja secara maksimal.


Maka dari itu, kali ini MyEduSolve akan membantumu untuk memberikan penjelasan 5 cara ampuh untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan kamu.


Simak penjelasannya berikut ini, ya!


Baca juga: Alasan Pentingnya Kepercayaan Diri (+5 Cara Meningkatkannya)


Apa Itu Motivasi Kerja

Menurut BetterUp, motivasi kerja adalah suatu dorongan psikologis kepada seseorang yang dapat menentukan arah dari perilaku dari sebuah perusahaan serta tingkat usaha, sehingga bisa gigih dalam menghadapi suatu masalah pekerjaan.


Secara umum, motivasi kerja adalah pendorong bagi seseorang untuk berperilaku serta bekerja dengan giat sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan oleh perusahaan.


Karyawan yang memiliki motivasi kerja yang tinggi cenderung akan terikat pada pekerjaannya, seperti menyelesaikan tugasnya dengan cepat, memiliki inisiatif yang tinggi, hingga selalu memberikan motivasi kepada karyawan lain untuk bekerja dengan maksimal.


Oleh karena itu, karyawan dengan motivasi kerja yang tinggi dapat menjadi agen perubahan untuk perusahaan serta membawa lingkungan kerja yang positif.


Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan

Karyawan dengan motivasi kerja tinggi akan memiliki produktivitas kerja yang tinggi serta hasil pekerjaan yang sangat maksimal.


Perusahaan tentu harus mencari cara agar karyawannya bisa meningkat motivasi kerjanya dengan melakukan 5 cara berikut ini:


  1. Ciptakan lingkungan kerja yang nyaman

Pastinya tidak ada orang yang ingin melakukan aktivitas di lingkungan yang suram atau negatif secara terus menerus.


Hal tersebut sama seperti bekerja di sebuah perusahaan dengan menyediakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman untuk karyawan.


Mengapa demikian? Karyawan yang bekerja di lingkungan yang nyaman cenderung akan lebih termotivasi dan memiliki produktivitas kerja yang lebih tinggi.


Kamu bisa memulainya dengan mengganti peralatan serta device bekerja yang lebih up to date, mengatur tata ruang kantor agar lebih nyaman, serta membuat kebijakan agar tidak ada karyawan lain yang berperilaku buruk.


  1. Apresiasi karyawan

Melakukan apresiasi terhadap kinerja karyawan bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan motivasi kerja.


Karyawan pastinya telah bekerja dengan semaksimal mungkin, apalagi jika pekerjaan yang dikerjakan sangat sulit.


Perusahaan perlu mengakui, menghargai, serta mengapresiasi seluruh pekerjaan karyawan yang telah dilakukan dan memberikannya sebuah hadiah.


Hadiah yang dimaksud tentu harus berlandaskan dengan target perusahaan, jika memang sudah mencapai targetnya karyawan berhak mendapatkan bonus atas jerih payahnya.


  1. Komunikasi secara efektif

Komunikasi secara efektif dan baik juga akan berdampak pada peningkatan motivasi kerja.


Hal ini disebabkan karena komunikasi merupakan elemen penting dalam pekerjaan agar perusahaan dan karyawan bisa saling memahami serta menghindari konflik.


Selain itu, memberikan kesempatan karyawan untuk berbicara dan mengemukakan pendapat juga salah satu bentuk komunikasi yang efektif.


Baca juga: 4 Tipe Komunikasi yang Bisa Bantu Kamu Tingkatkan Karier


  1. Prioritaskan kesehatan karyawan

Kesehatan karyawan sudah pasti menjadi prioritas bagi perusahaan.


Saat ada karyawan yang sakit, perusahaan akan merasakan dampak negatif karena pekerjaan akan tidak terselesaikan dengan cepat.


Walaupun bisa didelegasikan kepada karyawan lain, namun hal tersebut dapat membebani karyawan tersebut dengan pekerjaan tambahan.


Oleh karena itu saat kesehatan karyawan diprioritaskan, motivasi kerja akan meningkat karena merasa perusahaan peduli dengan mereka.


  1. Melakukan evaluasi rutin

Melakukan evaluasi rutin bisa dilakukan untuk melihat evaluasi kinerja karyawan apakah sudah baik atau belum.


Saat kinerja karyawan belum baik, perusahaan dapat memberikan feedback tentang apa yang harus ditingkatkan pada pekerjaannya.


Alhasil, karyawan akan mengetahui apa yang harus diperbaiki dan semakin termotivasi untuk melakukan perbaikan.


Demikian penjelasannya, MESFriend! Jika kamu punya pertanyaan seputar tips karier namun bingung harus bertanya ke siapa, bisa kamu ceritakan secara anonim ke HR Professional melalui #TalkToDIAN, ya!

Related Tags

Motivasi Kerja

1,257

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.