Technical Skill: Pengertian, Contoh, dan Manfaat

Technical skill adalah salah satu bagian di dalam kemampuan diri sehingga dapat melakukan tugas yang spesifik. Apa saja contoh dan manfaat technical skill?

Posted: Tuesday, Mar 15, 2022

Updated: Friday, Mar 18, 2022

author:MyEduSolve

MyEduSolve

| Posted: Tuesday, Mar 15, 2022

Share:

Technical Skill: Pengertian, Contoh, dan Manfaat cover

Technical skill adalah salah satu bagian di dalam kemampuan diri sehingga dapat melakukan tugas yang spesifik. Memiliki technical skill memang tidak mudah. Ada berbagai tahap yang harus dijalankan agar kemampuan teknis itu dapat kamu miliki. Mari mengenal pengertian, contoh, hingga manfaat technical skill agar kamu semakin memahami betapa pentingnya kemampuan teknis di dalam dunia kerja. 


Pengertian Technical Skill

Secara sederhana, technical skill adalah kemampuan teknis yang fokus pada kemampuan dan pengetahuan yang dibutuhkan seseorang untuk melakukan suatu tugas. Jadi tidak hanya harus mampu berpikir, tetapi juga bertindak. Itulah yang membuat technical skill menjadi spesial. Bahkan tidak semua orang dapat memiliki technical skill yang sama. 


Baca Juga: Pengertian Soft Skill Beserta Contohnya


Ketika seseorang sudah memiliki technical skill, maka dia dapat menunjukkan kompetensinya sehingga dapat melakukan tugas pada posisi tertentu. Sebenarnya, tingkat kehebatan seseorang yang memiliki technical skill bisa dibilang berbeda dengan soft skill. Technical skill termasuk ke dalam bagian jenis hard skill. Alasannya karena technical skill berhubungan langsung dengan kemampuan khusus seseorang yang mampu melakukan tugas di dalam perusahaan sehingga dapat dipekerjakan. 


Contoh Technical Skill


Melihat pengertian technical skill di atas, kamu sudah bisa memiliki bayangan bagaimana contoh dari kemampuan teknis ini sendiri. Beberapa contoh technical skill yang saat banyak dibutuhkan perusahaan mencakup:


  1. Technical skill dalam bidang digital marketing, seperti SEO dan Google Ads.

  2. Technical skill dalam bidang website developer untuk membangun suatu website dengan fitur-fitur sesuai kebutuhan.

  3. Technical skill dalam bidang desain sebagai desainer grafis.

  4. Technical skill dalam bidang menulis, seperti menjadi content writer atau editor.


Baca Juga: Pengertian Hard Skill dan Cara Meningkatkannya


Empat contoh tersebut menjadi sebagian kecil dari technical skill yang dibutuhkan oleh perusahaan pada industri hari ini. Selain itu, masih banyak contoh technical skill yang dapat kamu pelajari agar siap terjun ke dunia kerja.

Manfaat Technical Skill

Manfaat yang dapat diberikan technical skill tentunya cukup banyak. Melihat bagaimana kemajuan industri pada saat ini, sudah seharusnya kamu memiliki satu technical skill atau bahkan lebih demi bisa bersaing. Beberapa manfaat technical skill terdiri dari:


  1. Technical skill mampu menjadi satu poin penting bagi kamu yang sedang ingin mencari kerja atau memulai usaha sendiri. Dengan technical skill yang dimiliki, maka kamu bisa lebih siap untuk terjun ke dunia kerja.

  2. Kamu bisa lebih produktif ketika sudah bekerja dengan memiliki technical skill. Produktivitas yang baik memang menjadi poin penting bagi setiap orang, termasuk kamu. Dengan produktivitas yang baik dan konsisten, pihak perusahaan semakin percaya dengan hasil kerja kamu. Bahkan bisa mendapatkan kenaikan jabatan hingga gaji.

  3. Technical skill yang dimiliki juga bisa mendatangkan rasa percaya diri. Kamu bisa lebih yakin dalam setiap pekerjaan yang dilakukan. Apapun pekerjaan yang diberikan, kamu merasa lebih mampu untuk mengerjakan. Dengan tingkat percaya diri yang optimal, hasil pekerjaan juga dapat lebih baik.

  4. Jika kamu sedang mengikuti proses perekrutan di suatu perusahaan, technical skill yang dimiliki menjadi nilai jual tinggi. Kamu dapat terlihat sebagai kandidat yang berharga dan potensial sehingga peluang untuk diterima kerja menjadi lebih besar.


Jadi itulah penjelasan lengkap tentang technical skill yang memang seharusnya kamu miliki sejak dini. Jika memang kamu merasa belum memiliki technical skill, jangan khawatir! MyEduSolve hadir dengan berbagai program sertifikasi untuk beragam bidang. Dimulai dari bidang IT, kompetensi pengajar (sertifikasi MCE), penggunaan Microsoft Office, desain hingga project management. Kunjungi MyEduSolve untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Article Tag:

technical skill adalah

Category:

Pengembangan Skill

Written By

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Articles Info

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Technical Skill: Pengertian, Contoh, dan Manfaat

Posted: Tuesday, Mar 15, 2022

Updated: Friday, Mar 18, 2022

Article Tag:

technical skill adalah

Category:

Pengembangan Skill

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.