Apa Itu Sertifikasi Microsoft Certified Fundamentals?

Sertifikasi Microsoft Certified Fundamentals adalah alternatif yang cocok buat kamu yang ingin mempersiapkan diri untuk berkarier di industri teknologi. Mau tahu apa itu sertifikasi Microsoft Certified Fundamentals? Cari tahu selengkapnya dari artikel ini!

Posted: Saturday, Dec 04, 2021

Updated: Monday, Sep 26, 2022

author:Anita Djie

Anita Djie

| Posted: Saturday, Dec 04, 2021

Share:

Apa Itu Sertifikasi Microsoft Certified Fundamentals? cover

Sekarang ini, kamu perlu memahami penggunaan teknologi secara umum untuk bisa bersaing di dunia kerja. Teknologi sudah menyatu dengan kehidupan manusia. Bahkan, menurut World Economics Forum, di tahun 2025, profesi yang akan dicari-cari adalah seputar teknologi, seperti data analyst, cloud developer, dan data scientist.

Bagi kamu yang ingin terjun ke industri teknologi, kamu wajib mengasah kemampuanmu di bidang tersebut dan memvalidisi skill yang kamu miliki. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti sertifikasi Microsoft Certified Fundamentals. Lantas, apa itu Microsoft Certified Fundamentals?

Baca juga: Apa Saja Sertifikasi Microsoft yang Berskala Internasional?

Apa Itu Sertifikasi Microsoft Certified Fundamentals?

Sertifikasi Microsoft Certified Fundamentals adalah salah satu sertifikasi dalam bidang cloud computing, artificial intelligence (AI), dan data science. Sertifikasi ini cocok untuk kamu yang ingin memulai karier di dunia teknologi ataupun ingin menjalankan bisnis yang mengintegrasikan teknologi modern.

Keuntungan lain dari sertifikasi Microsoft Certified Fundamentals adalah selain resmi dari Microsoft, sertifikasi ini juga berskala internasional. Kamu bisa membuka peluang kerja secara lokal maupun global!

Saat mengikuti sertifikasi Microsoft Certified Fundamentals, kamu bisa mendapatkan materi online mengenai kecerdasan buatan, data science, dan cloud computing sebanyak kurang lebih 150 jam.

Selain itu, kamu juga akan diberikan digital badge atau lencana digital setelah menyelesaikan ujian sertifikasi sebagai bukti kelulusan sertifikasi yang bisa kamu pajang di LinkedIn, Facebook, dan Twitter untuk meningkatkan kredibilitasmu secara online.

Sertifikasi Microsoft Certified Fundamentals tak hanya Azure fundamental saja. tapi ada banyak jenisnya! Berikut adalah program-program sertifikasi Microsoft Certified Fundamentals yang bisa kamu pilih sesuai spesialisasimu. :

Baca juga: Microsoft Azure adalah Pilihan Populer di Era Cloud Computing 

Microsoft 365 Fundamentals MS-900

Sertifikasi Microsoft Certified Fundamentals ini adalah salah satu sertifikasi yang bisa kamu ambil jika kamu ingin menjalankan bisnis menggunakan cloud services. Kamu bisa memperluas pengetahuanmu dalam cloud services dengan sertifikasi ini.

Microsoft Azure AI Fundamentals AI-900

Belajar AI dengan Microsoft Certified Fundamentals

Sumber: Michal_Beitz di Pixabay

Tertarik mendalami machine learning dan kecerdasan buatan (AI)? Sertifikasi Microsoft Azure AI Fundamentals AI-900 adalah pilihan yang cocok untukmu! Sertifikasi Azure fundamental ini adalah jenis sertifikasi yang bisa diikuti oleh siapapun, kamu tidak harus fasih dalam software engineering dan data science terlebih dahulu.

Microsoft Azure Data Fundamentals DP-900

Sertifikasi Azure fundamental berikutnya adalah Microsoft Azure Data Fundamentals DP-900. Sebelum berkecimpung di dunia data analyst, data science, dan cloud computing, kamu perlu mengikuti sertifikasi Azure Data Fundamentals DP-900 untuk meningkatkan pengetahuanmu dalam konsep pendataan dan cara menerapkan konsep tersebut dengan Microsoft Azure.

Microsoft Azure Fundamentals AZ-900

Sertifikasi Azure fundamental ini adalah sertifikasi yang pas untuk kamu yang ingin mengenal dunia cloud services, seperti Microsoft Azure, model cloud Software as a Service (SaaS), dan implementasi Microsoft 365 cloud service.

Baca juga: Mengenal Literasi Digital, Urgensi, dan Contoh

Microsoft Dynamics 365 Fundamentals CRM MB-910

Selain sertifikasi Microsoft 365 Fundamentals MS-900, sertifikasi Dynamics 365 Fundamentals CRM MB-910 juga dapat membantumu menjalankan bisnis dengan menambah pemahamanmu dalam mengoperasikan bisnis dan menggunakan aplikasi Microsoft Dynamics 365 untuk meningkatkan interkasi dengan konsumen atau customer engagement.

Microsoft Dynamics 365 Fundamentals ERP MB-920

Sertifikasi Microsoft Certified Fundamentals yang berikutnya adalah sertifikasi Microsoft Dynamics 365 Fundamentals ERP MB-920. Sertifikasi ini memperluas wawasanmu soal dunia IT serta penggunaan aplikasi keuangan dan operasional dalam Microsoft Dynamics 365.

Microsoft Power Platform Fundamentals PL-900

Sertifikasi Microsoft Power Platform Fundamentals PL-900 memverifikasi kemampuanmu dalam menganalisis data-data bisnis, membuat aplikasi sederhana, dan meningkatkan produktivitas dengan menjalan bisnis secara otomatis melalui bantuan teknologi.

Microsoft Security, Compliance, and Identity Fundamentals (SC-900)

Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut soal sistem keamanan program Microsoft yang berkaitan pada cloud computing, kamu dapat mengikuti sertifikasi Microsoft Security, Compliance, and Identity Fundamentals!

Baca juga: Artificial Intelligence Adalah Karier yang Menjanjikan di Masa Depan

Persiapan Ujian Sertifikasi Microsoft Certified Fundamentals

Ketika kamu menjalani sertifikasi Microsoft Certified Fundamentals, kamu akan menghadapi ujian untuk memverifikasi pengetahuan serta kemampuanmu dalam bidang teknologi.

Dalam sertifikasi ini, terdapat fasilitas-fasilitas yang dapat membantumu untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian, yaitu LearnKey atau materi sertifikasi secara daring dan CERTPrep atau simulasi latihan ujian sertifikasi.

Untungnya, ujian sertifikasi Microsoft Certified Fundamentals adalah tes yang bisa dilakukan secara online. Oleh karena itu, kamu bisa mengikuti ujian ini kapanpun dan di manapun.

Untuk bisa lulus ujian sertifikasi, hasil ujianmu harus setidaknya 700/1000. Nilai ujianmu akan segera ditampilkan begitu kamu menyelasikan ujian. Jadi, kamu bisa langsung mengetahui apakah kamu berhasil lulus tes atau tidak.

Baca juga: Microsoft Office adalah Software yang Masih Digunakan Perusahaan!

Bagaimana Mengikuti Sertifikasi Microsoft Certified Fundamentals?

Setelah mengetahui apa itu sertifikasi Microsoft Certified Fundamentals, langkah selanjutnya adalah mengambil sertifikasinya untuk meningkatkan daya saingmu di dunia kerja nanti. Kamu tidak perlu pusing mencari sertifikasinya karena kamu bisa mengikuti sertifikasi Microsoft Certified Fundamental di situs web MyEduSolve!

Baca juga: Kenali Sertifikasi Microsoft Certified Educator bagi Tenaga Pendidik

Referensi:

Certiport. Microsoft Certified Fundamentals. Diakses pada 22 November 2021.

MyEduSolve. Microsoft Certified Fundamentals. Diakses pada 22 November 2021.

WEF. (2020). The Future of Job Report 2020. Diakses pada 22 November 2021.

Article Tag:

Apa itu Microsoft Fundamentals,Microsoft Certified Fundamentals adalahAzure Fundamental adalah

Category:

Sertifikasi

Written By

author:Anita Djie

Anita Djie

Articles Info

author:Anita Djie

Anita Djie

Apa Itu Sertifikasi Microsoft Certified Fundamentals?

Posted: Saturday, Dec 04, 2021

Updated: Monday, Sep 26, 2022

Article Tag:

Apa itu Microsoft Fundamentals,Microsoft Certified Fundamentals adalahAzure Fundamental adalah

Category:

Sertifikasi

Share:

790

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.