Apa Saja Sertifikasi Microsoft yang Berskala Internasional?

Sertifikasi Microsoft sangat dibutuhkan agar kamu bisa bersaing dalam dunia kerja yang penuh dengan teknologi. Sertifikasi ini menawarkan sertifikat resmi bertaraf internasional yang dapat membuka peluang kerjamu secara global. Telusuri lebih lanjut soal sertifikasi Microsoft dari artikel ini!

Posted: Thursday, Dec 23, 2021

Updated: Monday, Sep 26, 2022

author:Anita Djie

Anita Djie

| Posted: Thursday, Dec 23, 2021

Share:

Apa Saja Sertifikasi Microsoft yang Berskala Internasional? cover

Dunia yang sarat teknologi membuat manusia harus bisa beradaptasi dan mengoperasikan beragam software serta aplikasi dalam berbagai area kehidupan. Dunia kerja dan edukasi juga tidak luput dari perkembangan teknologi ini.

Peluangmu untuk diterima kerja akan semakin besar jika kamu memiliki sertifikasi di bidang teknologi, seperti sertifikasi Microsoft yang bertaraf internasional. Lantas, apa itu sertifikasi Microsoft dan apa saja jenisnya? Telusuri penjelasan rincinya melalui artikel di bawah!

Mengenal Sertifikasi Microsoft

Sertifikasi Microsoft membantu untuk memvalidasi kemampuanmu dalam menggunakan software Microsoft. Program dari Microsoft sampai sekarang masih dipakai dalam dunia kerja maupun edukasi. Melalui sertifikasi Microsoft, kamu bisa terlihat lebih menonjol dari kandidat lainnya dalam hal mengoperasikan software Microsoft.

Keuntungan dari mengikuti sertifikasi Microsoft adalah adanya sertifikat resmi yang berskala global dan dapat diikuti oleh siapa saja. Kamu jadinya bisa melamar ke perusahaan-perusahaan besar di seluruh dunia melalui sertifikasi ini.

Namun, untuk mendapatkan sertifikatnya, kamu perlu menjalani ujian sertifikasi Microsoft terlebih dahulu. Selain sertifikat, kamu juga bisa mendapatkan digital badge atau lencana digital setelah lulus ujian sertifikasi.

Digital badge ini bisa kamu tampilkan di media sosial, seperti Twitter, LinkedIn, dan Facebook yang akan membantu meningkatkan nilai jualmu secara online.

Apa Saja Sertifikasi Microsoft yang Bisa Diambil?

Sertifikasi Microsoft bisa dipakai di banyak bidang sesuai dengan jenis sertifikasinya. Ada tiga macam sertifikasi Microsoft yang bisa kamu miliki, yaitu:

Sertifikasi Microsoft Office Specialist (MOS)

Bagi kamu yang akan terjun ke dunia kerja, kamu perlu tahu apa itu sertifikasi Microsoft Office Specialist (MOS) untuk persiapan kariermu ke depannya. Untuk menjawab pertanyaan 'apa itu MOS?', telusuri paragraf di bawah!

Sertifikasi Microsoft Office Specialist atau MOS adalah sertifikasi yang bertujuan untuk memvalidasi kemampuanmu dalam mengoperasikan program-program Microsoft Office, seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint.

Bukan rahasia lagi kalau program Microsoft Office masih dipergunakan oleh banyak perusahaan. Oleh karena itu, orang-orang mulai berlomba-lomba untuk mengikuti pelatihan Microsoft bersertifikat atau e-course mengenai Microsoft Office.

Sertifikasi Microsoft Office Specialist (MOS) adalah salah satu cara agar kamu bisa mempelajari beragam macam software Microsoft Office sekaligus mendapatkan bukti nyata yang dapat menambah nilai jualmu di mata rekruter.

Baca juga: Kenali Microsoft Office Specialist, Sertifikasi Wajib Saat Kerja

Sertifikasi Microsoft Certified Fundamentals (MCF)

Setelah mengetahui apa itu MOS, maka sertifikasi Microsoft selanjutnya yang akan diulas adalah Microsoft Certified Fundamentals (MCF). Sertifikasi yang satu ini tak kalah penting dengan MOS karena bisa membuka peluang kerja di bidang teknologi, seperti data analyst dan app developer.

Kalau MOS adalah sertifikasi yang fokus pada Microsoft Office, maka MCF adalah sertifikasi yang fokus pada bidang teknologi, seperti artificial intelligence, cloud computing, dan analisis data.

Baca juga: Apa Itu Sertifikasi Microsoft Certified Fundamentals?

Sertifikasi Microsoft Certified Educator (MCE)

Sertifikasi Microsoft ini sangat cocok untuk kamu yang bercita-cita untuk menjadi pengajar. Fokus dari sertifikasi Microsoft Certified Educator atau MCE adalah pendidikan di abad ke-21.

Melalui sertifikasi MCE, kamu bisa menggabungkan teknologi ke dalam pengajaranmu, menerapkan soft skill untuk abad ke-21, mendukung kolaborasi antar siswa secara efektif, dan menerapkan pembelajaran yang fokus ke inovasi serta pemecahan masalah di dunia nyata.

Sertifikasi MOS adalah salah satu tambahan yang bisa kamu ambil bersama sertifikasi MCE untuk meningkatkan kemampuanmu dalam mengajar dengan teknologi.

Baca juga: Kenali Sertifikasi Microsoft Certified Educator bagi Tenaga Pendidik

Bagaimana Proses Ujian Sertifikasi Microsoft?

Seseorang sedang ujian sertifikasi Microsoft

Sumber: Pexels di Pixabay

Setelah mengetahui apa itu MOS, MCF, dan MCE, kamu tentunya ingin mencari tahu lebih lanjut soal ujian sertifikasi Microsoft ini.

Ujian sertifikasi Microsoft tidak hanya bertujuan untuk memberikan sertifikat resmi dan digital badge, tapi juga untuk mengetes kemampuan serta pengetahuanmu soal program Microsoft yang dipelajari melalui studi kasus dan analisis proyek di dunia nyata.

Kamu bisa mengikuti ujian sertifikasi Microsoft kapan saja dan dimana saja karena tesnya berlangsung secara daring dan menggunakan komputer.

Kamu tidak perlu menunggu lama untuk hasil ujiannya karena begitu kamu sudah menyelesaikan tesnya, hasilnya akan langsung keluar. Nantinya, kamu akan diberitahukan nilai ujiannya dan apakah kamu lulus atau tidak.

Apakah Ada Pelatihan Microsoft Bersertifikat dalam Sertifikasi Microsoft?

Sertifikasi Microsoft hanya berupa ujian untuk memvalidasi kemampuanmu dalam menggunakan program Microsoft. Tidak ada pelatihan tertentu dari Microsoft yang bersertifikat dalam sertifikasi ini.

Tapi, kamu bisa membayar lebih untuk mendapatkan akses LearnKey dan CERTPrep. Melalui LearnKey, kamu bisa belajar materi online mengenai sertifikasi yang kamu pilih. Misalnya kalau kamu mengambil sertifikasi MOS, maka materi yang akan diberikan adalah mengenai Microsoft Office.

Sementara itu, CERTPrep adalah latihan simulasi ujian sertifikasi yang bisa membantumu agar lebih siap saat menjalani ujian sertifikasi aslinya.

Baca juga: Pahami Perbedaan dan Jenis Sertifikasi dan Sertifikat

Berapa Biaya Sertifikasi Microsoft Office Specialist?

Biaya sertifikasi Microsoft tergantung dari jenis sertifikasi yang kamu ambil. Biasanya, biaya sertifikasi Microsoft belum termasuk tambahan-tambahan lain, seperti LearnKey, kesempatan ujian ulang, dan CERTPrep. Kamu bisa mengecek biaya sertifikasi Microsoft secara rinci di website MyEduSolve.

Miliki Sertifikasi Microsoft di MyEduSolve!

Setelah mengetahui biaya sertifikasi Microsoft dan apa itu sertifikasi MOS, MCF, serta MCE, maka langkah selanjutnya adalah mengambil sertifikasinya. Kamu tidak perlu bingung harus mendapatkan sertifikasi Microsoft di mana, karena MyEduSolve menyedian beragam sertifikasi Microsoft dan Adobe yang bisa kamu miliki.

Segera ambil sertifikasimu di situs web MyEduSolve!

Baca juga: Mau Jadi Project Manager? Kenali Apa Itu Sertifikasi Project Management Ready

Referensi:

Certiport. Microsoft Certified Educator. Diakses pada 12 November 2021.

Certiport. Microsoft Certified Fundamentals Program. Diakses pada 12 November 2021.

Certiport. Microsoft Office Specialist Program. Diakses pada 12 November 2021.

MyEduSolve. Microsoft Certified Educator. Diakses pada 12 November 2021.

MyEduSolve. Microsoft Certified Fundamentals. Diakses pada 12 November 2021.

MyEduSolve. Microsoft Office Specialist. Diakses pada 12 November 2021.

Article Tag:

Sertifikasi Microsoft,MOS adalah,apa itu MOS,biaya sertifikasi Microsoft,pelatihan Microsoft bersertifikat

Category:

Pengembangan Skill

Written By

author:Anita Djie

Anita Djie

Articles Info

author:Anita Djie

Anita Djie

Apa Saja Sertifikasi Microsoft yang Berskala Internasional?

Posted: Thursday, Dec 23, 2021

Updated: Monday, Sep 26, 2022

Article Tag:

Sertifikasi Microsoft,MOS adalah,apa itu MOS,biaya sertifikasi Microsoft,pelatihan Microsoft bersertifikat

Category:

Pengembangan Skill

Share:

640

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.