Adobe Photoshop Adalah Pilihan Software Para Desain Grafis!

Adobe Photoshop adalah salah satu software untuk mendesain yang terkenal di kalangan desain grafis dan fotografi. Tak hanya mampu mengedit gambar, Adobe Photoshop juga bisa membuat gambar 3D dan video! Ayo kenalan dengan software serbaguna ini!

Posted: Thursday, Dec 16, 2021

Updated: Tuesday, Jan 25, 2022

author:Anita Djie

Anita Djie

| Posted: Thursday, Dec 16, 2021

Share:

Adobe Photoshop Adalah Pilihan Software Para Desain Grafis! cover

Di kala pandemi, tampilan visual secara digital sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari maupun bisnis. Tak heran kalau banyak perusahaan berlomba-lomba mencari graphic designer yang bisa mengoperasikan software Adobe Photoshop.

Sampai saat ini, Adobe Photoshop adalah salah satu software untuk mendesain yang paling sering digunakan. Fitur Adobe Photoshop yang praktis dan lengkap membuatnya digemari oleh para graphic designer dan perusahaan. Ingin tahu lebih banyak soal software ini? Yuk cari tahu informasinya di bawah!

Apa Itu Adobe Photoshop?

Adobe Photoshop adalah software yang sering dipakai untuk desain grafis, digital art, ilustrasi, dan editing gambar. Meskipun pertama kali dibuat pada tahun 1988, fitur dari Adobe Photoshop tetap populer di kalangan fotografer dan graphic designer sampai saat ini karena sistem layering yang dimilikinya.

Adobe Photoshop adalah pilihan yang praktis untuk para graphic designer dan perusahaan karena bisa digunakan di komputer yang berbasis Windows ataupun MacOS. Sekarang terdapat beragam varian dari Adobe Photoshop, seperti Adobe Photoshop CC dan Adobe Photoshop Lightroom. Kelebihan dan fungsi dari Adobe Photoshop dalam desain grafis akan dibahas lebih lanjut di bawah.

Baca juga: Adobe Bootcamp: Alternatif Desainer Grafis Perdalam Software Adobe

Fungsi Adobe Photoshop dalam Desain GrafisAdobe Photoshop adalah software desain populer

Sumber: Onur Binay di Unsplash

Graphic designer biasanya menggunakan Adobe Photoshop untuk membuat, mengedit, ataupun memperbagus gambar dan ilustrasi.Fitur-fitur software ini memudahkan para graphic designer dalam mengganti latar belakang foto ataupun gambar, inilah yang menjadi kelebihan dari Adobe Photoshop.

Tidak hanya itu, fungsi lain dari Adobe Photoshop dalam desain grafis adalah kemampuannya dalam mengedit satu ataupun banyak gambar sekaligus. Software ini juga menyediakan beragam fitur atau tools yang sangat berguna bagi pada graphic designer, misalnya clone toolshape tool, dan pen tool.

Para graphic designer biasanya memfungsikan Adobe Photoshop untuk membuat beragam proyek desain grafis, seperti sampul buku, brosur, visual konten media sosial, dan logo perusahaan.

Baca juga: 8 Alasan Graphic Designer Perlu Ikut Design Challenge

Fitur Adobe Photoshop

Adobe Photoshop adalah software desain yang memiliki beragam fitur atau tools. Fitur-fitur inilah yang membuat Adobe Photoshop menjadi pilihan populer bagi orang-orang yang mendalami seni desain. Berikut adalah beberapa fitur darI Adobe Photoshop:

Layers

Fitur Adobe Photoshop yang paling terkenal adalah layers. Melalui fitur layers, kamu bisa mendesain atau menggambar berbagai objek di layer atau lapisan yang berbeda-beda. Kamu juga dapat mengubah atau memperbaiki tiap layer secara terpisah tanpa mempengaruhi lapisan lainnya dan mengatur layer sesuai urutan yang kamu inginkan.

Pen tool

Pada dasarnya, pen tool adalah alat atau fitur Adobe Photoshop yang membuat para pemakai bisa mengambar atau membuat apapun dengan mudah dan tanpa batasan.

Photoshop 3D

Bagi kamu yang senang membuat desain 3D atau tiga dimensi, fitur Adobe Photoshop ini cocok buatmu! Dengan fitur Photoshop 3D, kamu tidak perlu repot mendesain gambar 3D dan animasi.

Baca juga: Punya Skill Desain? Ketahui Apa Itu Adobe Certified Professional

Retouching Tool

Retouching tool membantu pengguna Adobe Photoshop dalam mengedit gambar menjadi lebih baik. Fitur Adobe Photoshop ini terdiri dari patch toolhealing toolspot healing toolredeye toolpattern stamp tool, dan lain sebagainya. Tiap tools memiliki fungsinya masing-masing dalam meningkatkan kualitas gambar.

Selection Tool

Selection tool merujuk pada beragam fitur Adobe Photoshop, seperti magic wand yang dapat mengatur sampel warna dan lasso tool yang membantumu memilih sampel warna dari gambar secara manual.

Shapes

Seperti namanya, shapes memudahkan pengguna Adobe Photoshop untuk bisa membuat beragam bentuk dari template yang sudah disediakan, misalnya bentuk hati, persegi, dan segitiga.

Slice Tool

Fitur slice tool berguna untuk mempermudah pemotongan gambar dengan cepat. Fitur Adobe Photoshop yang satu ini sangat berperan dalam mendesain website.

Smart Objects

Fungsi fitur smart objects dalam desain grafis adalah untuk menyimpan data gambar sebelum diubah supaya kamu bisa dengan cepat mengembalikannya ke kondisi semula.

Vector Mask

Dengan menggunakan fitur vector mask, kamu bisa mengubah bentuk suatu gambar tanpa perlu mengutak-ngatik objeknya. Ini sangat memudahkan para desain grafis dalam editing gambar.

Baca juga: Tertarik Belajar Desain? Kembangkan Skill-mu di Adobe Bootcamp

Kelebihan Adobe Photoshop

Seseorang mendesain menggunakan Adobe Photoshop

Sumber: Tookapic di Pixabay

Hampir semua orang yang berkecimpung dalam dunia desain grafis, fotografi, bahkan video editing pasti kenal dengan Adobe Photoshop. Software ini memiliki berbagai kelebihan yang membuatnya disukai oleh banyak penggunanya, seperti:

Cocok untuk Semua Level

Salah satu kelebihan Adobe Photoshop yang cukup menonjol adalah kepraktisan dan kemudahannya. Kamu tidak perlu menjadi seseorang yang ahli dalam bidang desain untuk bisa menggunakan Adobe Photoshop!

Baca juga: 5 Tips Belajar Desain Grafis Secara Otodidak

Bisa Digunakan untuk Berbagai Hal

Meskipun Adobe Photoshop adalah software yang umumnya dipakai untuk mendesain, tapi software ini bisa digunakan untuk berbagai hal lainnya, seperti menyunting video, membuat motion, mendesain kemasan produk, dan membuat layout awal website atau aplikasi.

Ramah di Kantong

Fotografer yang sedang on budget bisa memakai Adobe Photoshop untuk merealisasikan latar belakang tertentu dengan mudah. Misalnya, kamu bisa mengubah latar belakang sebuah foto dengan pemandangan air terjun tanpa perlu membayar tiket ke tempat wisata.

Dimana Belajar Adobe Photoshop?

Adobe Photoshop tak hanya berguna untuk editing foto, tapi juga sering dipakai untuk mendesain poster ataupun ilustrasi gambar lainnya. Oleh karena itu, software ini masih terkenal di kalangan desain grafis dan perusahaan.

Dengan memahami fungsi dan cara mengoperasikan Adobe Photoshop dalam desain grafis, kamu juga bisa membuka peluang kerja di dunia advertising dan marketing!

Kalau kamu tertarik untuk mengasah kemampuan editing dan desain grafis dengan Adobe Photoshop, kamu bisa mengikuti sertifikasi Adobe Certified Professional- Adobe Photoshop.

Langsung cek sertifikasinya di situs web MyEduSolve!

Baca juga: Ketahui 5 Manfaat Mengikuti Program Bootcamp Bagi Talenta Digital

Referensi:

Shethna, J. Top 10 Features in Adobe Photoshop You Must Explore. EDUCBA. Diakses pada 23 November 2021.

Smith, J. (2021). What Is Photoshop?. American Graphics Institute. Diakses pada 23 November 2021.

Techopedia. Adobe Photoshop. Diakses pada 23 November 2021.

Article Tag:

Adobe Photoshop,Adobe Photoshop adalah,fungsi Adobe Photoshop dalam desain grafis,fitur Adobe Photoshop,kelebihan Adobe Photoshop

Category:

Kreatif

Written By

author:Anita Djie

Anita Djie

Articles Info

author:Anita Djie

Anita Djie

Adobe Photoshop Adalah Pilihan Software Para Desain Grafis!

Posted: Thursday, Dec 16, 2021

Updated: Tuesday, Jan 25, 2022

Article Tag:

Adobe Photoshop,Adobe Photoshop adalah,fungsi Adobe Photoshop dalam desain grafis,fitur Adobe Photoshop,kelebihan Adobe Photoshop

Category:

Kreatif

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.