Ketahui 5 Manfaat Mengikuti Program Bootcamp Bagi Talenta Digital

Ada banyak alasan mengapa kamu harus ikut bootcamp. Ketahui manfaat mengikuti program bootcamp terlebih khusus jika kamu ingin menjadi talenta digital di masa depan melalui artikel di bawah ini!

Posted: Tuesday, Dec 14, 2021

Updated: Wednesday, Jan 19, 2022

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

| Posted: Tuesday, Dec 14, 2021

Share:

Ketahui 5 Manfaat Mengikuti Program Bootcamp Bagi Talenta Digital cover

Dilansir dari KataData melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) mencatat bahwa, Indonesia membutuhkan 600.000 talenta digital per tahunnya. Hal ini juga mengacu pada riset yang dilakukan oleh McKinsey dan Bank Dunia di mana Indonesia akan membutuhkan kurang lebih sekitar 9 juta talenta digital selama tahun 2015 hingga 2030.

Lantas, bagaimana cara agar kamu bisa mengembangkan digital skill sehingga dapat menjadi talenta digital yang unggul dan berdaya saing? Bootcamp adalah salah satu solusinya!

Sebenarnya apa itu bootcamp dan apa saja manfaatnya? Yuk simak penjelasan dari MyEduSolve di bawah ini, ya!

Apa Itu Bootcamp?

Bootcamp adalah program pelatihan hard skill yang dilaksanakan secara intensif melalui materi dan juga praktik yang berkaitan dengan industri sesuai bidang keahlian tertentu. Tujuan dari program pelatihan ini yaitu untuk mempersiapkan individu agar bisa siap dalam memasuki dunia kerja. Saat ini, bootcamp semakin luas cakupan bidangnya.

Salah satu contohnya yakni Adobe Bootcamp yang merupakan program pelatihan atau kursus untuk mengoperasikan berbagai macam software dari Adobe, seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe Premiere Pro, Adobe After Effects, dan sejenisnya. Adobe Bootcamp juga merupakan program pelatihan pertama di Indonesia, langsung dari Adobe yang diselenggarakan oleh MyEduSolve dan dilangsungkan secara virtual.

Baca juga: Informasi Lengkap Adobe Bootcamp 2022

Manfaat Mengikuti Bootcamp

Sekelompok orang sedang menjalani program bootcamp

Jika kamu masih sedang mempertimbangkan untuk mengikuti program bootcamp, yuk simak macam-macam manfaat atau keuntungan apa saja yang akan kamu peroleh jika mengikuti bootcamp biar kamu semakin yakin!

1. Mengasah Keterampilan Teknis

Selain mempelajari teori, kamu juga berkesempatan untuk melakukan berbagai macam praktik yang diarahkan langsung oleh instruktur profesional, sehingga kamu dapat lebih mudah dalam memahami dan menguasai materi. Selain itu juga, materi yang diajarkan relate dengan kondisi lapangan dalam dunia kerja.

2. Jangka Waktu yang Relatif Singkat

Dibandingkan dengan sistem perkuliahan yang bertahun-tahun, durasi pelatihan dari bootcamp pada umumnya hanya 3 sampai 6 bulan saja. Walaupun periodenya singkat, namun materi yang diberikan sudah dipadatkan jadi kamu bisa mempelajari materi yang komprehensif secara lebih efektif.

3. Meningkatkan Nilai Jual

Dengan mengikuti bootcamp, sudah pasti kamu akan menjadi lebih menguasai kemampuan teknikal baru. Melalui kemampuan ini, kamu dapat mulai membuat portofolio yang lebih menarik. Berbeda dengan kursus Adobe gratis yang kian menjamur, dengan mengikuti program Adobe Bootcamp oleh MyEduSolve kamu juga akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti ujian sertifikasi resmi dari Adobe Certified Professional loh! Sertifikasi ini akan menjadikanmu lebih kredibel dan berdaya saing ketika kamu akan melamar kerja dalam bidang industri kreatif. Semua skill ini sangatlah penting untuk menunjang kariermu ke depannya.

Baca juga: Adobe Bootcamp: Alternatif Desainer Grafis Perdalam Software Adobe!

4. Kesempatan Membangun Networking

Selain mendapatkan ilmu dan wawasan baru, melalui bootcamp kamu juga bisa bertemu dengan banyak teman yang tentunya mempunyai minat dan ketertarikan yang sama. Hal ini merupakan kesempatanmu untuk membangun relasi dengan mereka, baik dengan rekan sesama pelajar maupun dengan para instrukturnya. Lewat mereka, kamu bisa mengasah skill-mu yakni skill komunikasi, team work dan kolaborasi.

5. Peluang Mendapatkan Pekerjaan Semakin Besar

Setiap orang tentunya memiliki tujuan yang berbeda-beda. Ada yang ingin bekerja di perusahaan impian, berpindah jalur karier, ada pula yang ingin menjadi freelancer yang sukses. Mengikuti program bootcamp dapat memberikan kamu kebebasan untuk memilih keterampilan apa saja yang ingin kamu kuasai. Biasanya, terdapat hiring partner yang siap merekrutmu begitu selesai pelatihan. Para hiring partner ini yaitu mereka yang bekerja sama dengan lembaga atau perusahaan yang menyelenggarakan program bootcamp tersebut.

Itulah beberapa manfaat jika kamu mengikuti program bootcamp, ternyata menarik juga kan?

Kabar baiknya MyEduSolve akan menyelenggarakan program Adobe Bootcamp 2022! Pelatihan ini membantumu untuk memaksimalkan Adobe CC untuk karier baik secara profesional, freelancer, ataupun dalam perusahaan.

Link Pendaftaran: bit.ly/AdobeBootcamp2022

Benefit Adobe Bootcamp yang akan kamu dapatkan:

- Online live course bersama instruktur bersertifikasi
- Teori dan project-based learning untuk memperkaya portofoliomu
- Kesempatan konsultasi karier dan j
ob connect
- Sertifikasi Adobe Certified Professional beserta LearnKey, CertPREP, dan juga retake voucher.

Diskon 20% selama periode early bird registration periode 6-27 Desember 2021
Yuk segera daftarkan dirimu melalui link ini

Article Tag:

Bootcamp,Manfaat Bootcamp,Talenta Digital,Adobe Bootcamp

Category:

Pengembangan Skill

Written By

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

Articles Info

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

Ketahui 5 Manfaat Mengikuti Program Bootcamp Bagi Talenta Digital

Posted: Tuesday, Dec 14, 2021

Updated: Wednesday, Jan 19, 2022

Article Tag:

Bootcamp,Manfaat Bootcamp,Talenta Digital,Adobe Bootcamp

Category:

Pengembangan Skill

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.