8 Alasan Graphic Designer Perlu Ikut Design Challenge

Design challenge tidak hanya sekedar untuk mendapatkan hadiah, para graphic designer bisa mendapatkan banyak manfaat dari mengikuti design challenge. Penasaran dengan keuntungan berpartisipasi di design challenge? Telusuri artikel di bawah!

Posted: Tuesday, Oct 12, 2021

Updated: Monday, Sep 26, 2022

author:Anita Djie

Anita Djie

| Posted: Tuesday, Oct 12, 2021

Share:

8 Alasan Graphic Designer Perlu Ikut Design Challenge cover

Desain grafis adalah salah satu bidang yang sedang trending sekarang ini. Perusahaan berlomba-lomba mencari kompetisi graphic designer yang andal untuk menyempurnakan visual dari iklan, poster, dan konten di media sosial. Tidak mengherankan kalau banyak orang mulai menggeluti seni desain grafis karena prospeknya yang menjanjikan.

Umumnya, fresh graduate yang meniti seni desain grafis akan lebih fokus untuk mengembangkan kemampuan dan kariernya sebagai seorang graphic designer. Melengkapi portfolio dan mengikuti workshop atau e-course merupakan dua cara yang biasa dilakukan untuk mengembangkan karier di dunia desain grafis. Tapi ternyata, selain melakukan kedua hal tersebut, masih ada alternatif-alternatif lain yang bisa kamu coba untuk menambah nilai jualmu di mata rekruter! Salah satunya adalah dengan rajin berpartisipasi dalam beragam design challenge atau design competition.

Kenapa Graphic Designer Perlu Ikut Design Challenge?

Meskipun satu hari terdiri dari 24 jam, bagi kamu yang sedang bekerja sambil mengasah diri, rasanya waktu tidak pernah cukup. Wajar saja kalau kamu sangat menghargai waktu dan ingin mengalokasikannya semaksimal mungkin.

Mengikuti kompetisi design challenge terkesan hanya menambah workload dan membuang-buang waktu saja, tapi faktanya tidak demikian. Design challenge akan sangat membantumu yang berprofesi sebagai graphic designer!

Baca juga: Adobe Bootcamp: Alternatif Desainer Grafis Perdalam Software Adobe!

Berikut adalah beberapa alasan graphic designer perlu ikut kompetisi design challenge:

1. Menaikkan Nama

Untuk bisa mendapatkan klien atau diketahui banyak orang, kamu perlu memperlihatkan hasil karyamu dan menorehkan suatu prestasi yang mengesankan. Salah satu caranya adalah dengan unjuk diri dalam design challenge.

Mengikuti design challenge bisa membantu para graphic designer untuk branding atau memperlihatkan identitas diri, khususnya bagi yang baru saja berkecimpung di dunia desain grafis.

Branding yang kamu bentuk berhubungan erat dengan jenis karya yang kamu buat. Melalui design challenge, calon klien dan rekruter bisa melihat style seperti apa yang kamu tampilkan dalam karyamu.

Baca juga: Tertarik Belajar Design? Kembangkan Skill-mu di Adobe Bootcamp!

2. Menambah Koneksi

Punya banyak koneksi bisa menambah kesempatanmu untuk belajar dan mendapatkan tawaran kerja. Saat mengikuti design challenge, kamu tidak hanya berkompetisi tapi juga mencari koneksi.

Biasanya saat kamu mengikuti design challenge, kamu bisa berkenalan dengan graphic designer lainnya atau bahkan komunitas orang-orang yang juga menekuni seni desain grafis. Nah, dari sini, kamu bisa saling sharing ilmu, mendapat feedback, atau bahkan bertemu dengan calon klien!

Selain itu, saat namamu melambung, kamu akan makin dikenal dan ini membuka kesempatan bagimu untuk bisa berkomunikasi dengan klien-klien yang sebelumnya tidak bisa dijangkau, seperti klien-klien besar atau bahkan klien di luar negeri.

3. Memperbanyak Klien

Design challenge 2021 membuka peluang

Sumber: Geralt di Pixabay

Impian seorang graphic designer adalah mendapatkan banyak klien atau diterima untuk bekerja di salah satu perusahaan besar yang ternama.

Design Challenge dapat menjadi gerbang bagi para graphic designer untuk menjala klien dan rekruter. Semakin banyak design challenge yang kamu menangkan atau ikuti, maka dirimu akan semakin dikenal dan semakin banyak pula koneksi yang kamu dapatkan.

Ada kemungkinan, bukan kamu yang mencari klien, tapi klien atau rekruter yang malah mengejar-ngejarmu karena karya seni desain grafismu yang menarik.

3. Melengkapi Portfolio

Ada banyak pekerjaan yang sangat bergantung pada portfolio, salah satunya adalah pekerjaan graphic designer. Portfolio bisa dianggap sebagai acuan yang memperlihatkan cara dan gaya kerjamu. Klien akan semakin memahami dirimu seiring dengan makin bertambahnya karya-karya dalam portfolio.

Kabar baiknya, hasil-hasil karya yang kamu masukkan ke dalam design challenge bisa juga kamu tampilkan ke dalam portfolio. Ini dapat menambah kredibilitas dari ilmu dan kemampuan desain grafis yang kamu miliki.

Makin banyak karya seni desain grafis yang kamu perlihatkan, maka makin besar pula peluang klien atau rekruter untuk memilihmu.

Baca juga: 6 Tips Membuat Portofolio yang Menarik dan Dilirik Rekruter

4. Memperluas Peluang Kerja

Design challenge sangat membantu graphic designer yang masih dalam tahap pengembangan karier. Kompetisi bisa jadi ajang bagi para rekruter dan klien untuk menilai dan merekrut graphic designer yang masih baru.

Sehabis mengikuti design challenge, ada peluang kamu akan diberikan tawaran kerja karena hasil karyamu yang unik dan cocok dengan branding dari perusahaan tertentu.

Baca juga: Adobe Photoshop adalah Pilihan Software Para Desain Grafis!

5. Mengasah Kemampuan

Untuk bisa menjadi ahli dalam suatu bidang, kamu harus rajin berlatih. Dengan mengikuti design challenge secara tidak langsung, kamu terus melatih teknik desain grafis yang kamu miliki. Kamu juga akan mendapatkan tantangan serta ilmu baru yang bisa meningkatkan kemampuanmu dalam seni desain grafis.

Selain itu, kadang kala kamu juga bisa mendapatkan feedback atau kritik yang membangun dari para juri untuk meningkatkan kualitas dari hasil karyamu.

6. Meningkatkan Kreativitas

Butuh ide atau referensi baru? Design challenge adalah jawabannya! Berlatih membuat karya-karya baru bisa memperluas wawasan dan meningkatkan kreativitasmu. Kamu akan makin tertantang untuk memberikan hasil karya yang terunik dan terbaik.

Baca juga: Kenali Fungsi Adobe Illustrator yang Tak Kalah dari Adobe Photoshop!

7. Melatih Keteraturan

Persiapan design challenge 2021

Sumber: StockSnap di Pixabay

Banyak hal yang perlu dipersiapkan dan dilakukan saat kamu mengikuti design challenge. Harus ada perencanaan yang matang supaya semuanya tidak kacau. Melalui design challenge, kamu akan semakin mehami cara untuk mengatur pekerjaanmu yang nantinya akan berguna dalam dunia kerja.

8. Hadiah dari Kontes

Biasanya lomba atau kontes desain menawarkan beragam hadiah untuk juara-juaranya. Olah karena itu, selain menambah koneksi, ilmu, dan branding, design challenge juga bisa menjadi salah satu ajang bagi para graphic designer untuk menambah uang jajan.

Kamu juga bisa mendapatkan beragam hadiah lainnya, seperti sertifikasi atau pelatihan gratis yang dapat menambah skill-mu dalam seni desain grafis.

Tertarik Ikut Kompetisi Design Challenge?

Kamu bisa mulai mencari beragam design challenge di tahun 2021 ini dari media sosial ataupun internet. Daripada kamu kewalahan mencari design competition di tahun 2021 yang berlangsung di Indonesia, kamu dapat mengikuti design challenge di tahun 2021 dari MyEduSolve dengan tema besar Your Voice Matter, yang dilangsungkan bertepatan dengan hari sumpah pemuda!

Pemenang dari design competition 2021 di Indonesia ini akan mendapatkan sertifikasi resmi Adobe Certified Professional yang berlaku seumur hidup!

Tunggu apalagi? Ekspresikan dirimu melalui karya seni desain grafismu dan menangkan hadiahnya!
Cek informasi selengkapnya di Instagram MyEduSolve!

Baca juga: Ketahui 5 Manfaat Mengikuti Program Bootcamp Bagi Talenta Digital

Referensi

A'Design Award & Competition. 10 Good Reasons. Diakses pada 23 November 2021.

A'Design Award & Competition. 8 Grand Reasons. Diakses pada 23 November 2021.

SEGD. Entering Design Competition is Good for Business. Here's Why. Diakses pada 23 November 2021.

SEGD. Why Entering Design Competition is a Good Idea for Your Business. Diakses pada 23 November 2021.

Chu, L.J. (2020). Why as a Designer, You Should Participate in Competitions. Start it Up. Diakses pada 23 November 2021.

Article Tag:

Alasan ikut design challenge,desain grafis adalah,seni desain grafis,design competition 2021 Indonesia,design challenge 2021

Category:

Kreatif

Written By

author:Anita Djie

Anita Djie

Articles Info

author:Anita Djie

Anita Djie

8 Alasan Graphic Designer Perlu Ikut Design Challenge

Posted: Tuesday, Oct 12, 2021

Updated: Monday, Sep 26, 2022

Article Tag:

Alasan ikut design challenge,desain grafis adalah,seni desain grafis,design competition 2021 Indonesia,design challenge 2021

Category:

Kreatif

Share:

663

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.