5 Tips Belajar Desain Grafis Secara Otodidak

Berkembangnya dunia digital saat ini membuat profesi desain grafis atau graphic designer banyak di cari oleh berbagai kalangan industri. Idealnya, seseorang yang memiliki minat dan ingin berkarir sebagai desain grafis biasanya mengenyam pendidikan formal di perguruan tinggi dengan masuk jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV), namun untuk kamu yang bukan termasuk jurusan di bidang ini jangan khawatir karena ternyata kamu bisa untuk belajar sendiri. Yuk simak tips-tips berikut ini!

Posted: Thursday, Oct 07, 2021

Updated: Tuesday, Nov 29, 2022

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

| Posted: Thursday, Oct 07, 2021

Share:

5 Tips Belajar Desain Grafis Secara Otodidak cover

1. Pelajari Prinsip-prinsip Utama Desain

Jadi, setelah kamu telah memahami prinsip-prinsip dasar desain dan latihan, inilah saatnya kamu mendapatkan pengalamanmu sendiri dengan mengikuti sertifikasi resmi Adobe Certified Professional di MyEduSolve! Tersedia mulai dari Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Adobe InDesign, dan lainnya. 

Desain grafis merupakan alat komunikasi visual yang menggabungkan penggunaan grafis, tipografi, warna, dan ilustrasi untuk menyampaikan pesan. Meskipun ada banyak cara untuk menyampaikan pesan melalui gambar, namun kita juga harus kreatif dalam membuatnya. Ada beberapa prinsip utama yang harus diikuti oleh setiap desainer grafis yakni:

- Hierarchy (hirarki)

- Alignment (penyelarasan)

- Contrast (kontras)

- Space (ruang)

- Color (warna)

- Proximity (kedekatan)

- Repetition (pengulangan)

- Balance (keseimbangan)

Dengan mempelajari konsep dasar ini, menjadikan desain kamu lebih terpadu, berdampak, dan menyampaikan pesan dengan jelas.

Baca juga: 6 Tips & Trik Belajar Desain Grafis Bagi Pemula Sampai Mahir

2. Menguasai Tools Design

Banyak pekerjaan desain grafis yang bergantung pada penggunaan tools seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe InDesign, dan lain sebagainya. Tools ini adalah perangkat lunak yang memungkinkan kamu untuk membuat visual desain mulai dari logo, ilustrasi, poster, hingga desain situs web. Agar kemampuan kamu dapat diakui, kamu bisa mengikuti sertifikasi resmi dari Adobe Certified Professional.

Baca juga: Adobe Photoshop adalah Pilihan Software Para Desain Grafis!

3. Menjalin Relasi dengan Sesama Desainer

Selain pengetahuan yang diperoleh dalam kursus online, penting bagimu untuk menjalin komunikasi yang baik dengan sesama desainer. Hal ini akan membantumu mendapatkan pandangan dan informasi seputar desain grafis seperti apa saja yang diperlukan agar bisa berhasil dalam industri ini. Mulailah berjejaring di media sosial seperti Instagram dan LinkedIn. Kamu akan menemukan banyak komunitas dan juga grup desain yang berbagi informasi serta peluang karir.pekerjaan di bidang ini. Pastikan kamu bisa mendapatkan dukungan atau saran yang membangun saat kamu sudah tergabung dalam komunitas yang diikuti.

4. Latihan, latihan, dan latihan

Belum cukup apabila kamu hanya menguasai teorinya saja. Kamu harus menggunakan dan mempelajari cara kerja dari tools-tools desain secara real time dan perbanyak latihan agar kamu terbiasa menggunakan tools-tools tersebut. 

Baca Juga: Pelajari Beragam Fungsi Adobe Creative Cloud Melalui Adobe Bootcamp

5. Ikut Sertifikasi Resmi dari Adobe Certified Professional

- Sertifikat yang diakui secara Internasional

- Diterbitkan resmi dari Adobe

- Berlaku selama 3 tahun

- Akses materi self-paced learning lebih dari 20 jam

- Ujian kapan pun dan dimana pun

- Membuat resume dan profil LinkedIn kamu jadi lebih standout

Baca juga: 6 Manfaat Sertifikasi Adobe Bagi Peluang Karier

Ayo validasi kemampuanmu di industri graphic design melalui sertifikasi dari Adobe Certified Professional dengan kunjungi website MyEduSolve sekarang!

Article Tag:

desain grafis,graphic designer,adobe certified professional,adobe photoshop,adobe illustrator,adobe indesign,tips belajar desain

Category:

Kreatif

Written By

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

Articles Info

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

5 Tips Belajar Desain Grafis Secara Otodidak

Posted: Thursday, Oct 07, 2021

Updated: Tuesday, Nov 29, 2022

Article Tag:

desain grafis,graphic designer,adobe certified professional,adobe photoshop,adobe illustrator,adobe indesign,tips belajar desain

Category:

Kreatif

Share:

1,173

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.