Tips & Trik Dapat Pekerjaan dari Virtual Job Fair

Seiring dengan perkembangan teknologi, membuat virtual job fair semakin banyak diminati. Berikut ini merupakan tips dan trik agar kamu bisa langsung dapat pekerjaan saat mengikuti virtual job fair yang dikemas dalam artikel di bawah ini.

Posted: Monday, Oct 11, 2021

Updated: Tuesday, Jan 11, 2022

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

| Posted: Monday, Oct 11, 2021

Share:

Tips & Trik Dapat Pekerjaan dari Virtual Job Fair cover

Virtual Job Fair adalah job fair yang diselenggarakan secara online. Mulai dari pendaftaran, proses melamar pekerjaan seperti CV screening, interview HR dan user, sampai dengan job placement yang dilaksanakan full online

Idealnya, para pencari kerja biasanya datang ke job fair secara langsung, namun karena situasi pandemi COVID-19 membuat kegiatan ini tidak bisa dilaksanakan. Seiring dengan perkembangan teknologi dan komunikasi, membuat pihak job fair tidak tinggal diam dan berinovasi dengan cara melaksanakan virtual job fairNah, buat kamu yang berencana ikut, tentunya kamu belum terbiasa mengikutinya secara online bukan? untuk itu kita punya tips dan trik buat kamu agar bisa sukses dapat pekerjaan dari virtual job fair dengan artikel di bawah ini.

1. Lakukan Riset terhadap Penyelenggara Virtual Job Fair

Pastikan bahwa kamu melakukan riset terlebih dahulu terhadap pihak penyelenggara seperti membaca profile mereka secara detail. Kamu bisa melakukannya dengan melihat akun LinkedIn, website resmi, atau akun media sosial mereka yang disertai dengan testimoni. Penting juga buat kamu untuk mencari tahu company apa saja yang terlibat sebagai hiring partner mereka, agar kamu bisa memastikan kredibilitas virtual job fair tersebut dan terhindar dari kemungkinan adanya penipuan.
Baca juga: 5 Kesalahan Saat Mengikuti Virtual Job Fair

2. Siapkan CV yang Terbaru dan Kelengkapan Dokumen Pendukung Lainnya

Jangan lupa untuk memperbarui CV maupun cover letter-mu yang terbaru misalnya kamu baru selesai magang atau telah mengikuti program sertifikasi yang relevan dengan pekerjaan yang akan kamu lamar. Karena job fair ini akan dilaksanakan virtual, kamu tidak perlu untuk mencetaknya namun cukup untuk menyajikannya dalam bentuk softcopy misalnya menggunakan format file pdf.

Baca juga: Contoh Resume untuk Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja

3. Melakukan Riset Perusahaan

riset perusahaan sebelum interview kerja

Biasanya dari pihak penyelenggara job fair memberitahu perusahaan-perusahaan apa saja yang akan hadir, maka tugasmu adalah mencari tahu profil perusahaan tersebut, agar nantinya kamu lebih bisa menguasai untuk menjawab di sesi interview pada perusahaan tersebut.

Baca juga: 10 Profesi yang Paling Dicari di Abad 21

4. Menyiapkan Elevator Pitch

Kamu bisa latihan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan saat interview kerja, seperti "coba perkenalkan diri kamu", "mengapa kamu tertarik untuk bekerja di perusahaan ini?", "jelaskan kelebihan dan kelemahan kamu", dan lain sebagainya.

5. Periksa Koneksi Internet dan Perangkat yang Akan Dipakai

Pastikan bahwa kamu memiliki koneksi internet yang stabil dan lebih disarankan untuk menggunakan wifi. Jangan lupa juga untuk mengecek gadget yang akan kamu gunakan. Kedua hal ini sangat penting diperhatikan karena akan mendukung kelancaran selama proses kegiatan terutama saat sesi interview berlangsung.

6. Memakai Pakaian yang Rapih dan Sopan Agar Terlihat Profesional

Miya Toh, konsultan utama dari perusahaan rekrutmen Robert Walters, menyarankan para kandidat untuk memakai pakaian dan berdandan persis seperti akan menghadiri interview tatap muka biasa karena ini akan membantu kandidat tersebut menjadi lebih serius dan fokus terhadap jalannya interview. Pakaian bisnis formal masih menjadi pilihan yang disukai oleh rekruter. Pakaian yang kamu gunakan menunjukkan betapa keseriusanmu tentang pekerjaan itu.

7. Hindari Lingkungan yang Kurang Kondusif

Pastikan disekelilingmu tidak ada suara-suara yang bising, maupun keributan banyak orang agar kamu bisa terus fokus terhadap jalannya kegiatan terutama di saat kamu akan interview dengan perusahaan.

8. Pastikan Selalu Bertanya di Akhir Sesi Interview

Hal ini berlaku untuk interview offline maupun online. Mengapa demikian? dengan bertanya dapat memberikan kesan bahwa kamu antusias terhadap posisi tersebut, dan ingat bahwa sesi interview merupakan kesempatan untuk kamu mengenal lebih jauh tentang calon perusahaan, seperti halnya perekrut mengenalmu.
Baca juga: 6 Cara Menjawab Pertanyaan Interview Kerja 

9. Membuat Catatan

Sebelum berpisah dengan perekrut, pastikan untuk mencatat informasi kontak mereka. Beberapa rekruter mungkin mengunggahnya dan dapat diakses dalam platform virtual job fair. Jika tidak, tanyakan secara jelas informasi kontaknya karena kamu akan memerlukan informasi ini untuk menindaklanjuti proses rekrutmen setelah virtual job fair berakhir.

10. Reach out Hiring Manager di Hari Berikutnya

Jangan lupa untuk mengirimkan email ucapan terima kasih kepada hiring manager yang kamu temui, dan sertakan 2-3 takeaways dari interaksimu tentang posisi atau perusahaan tersebut.

Setelah kamu tahu apa saja tips dan triknya, sekarang giliran kamu untuk langsung menerapkannya dong!

Masing bingung mau mencari lowongan pekerjaan di mana? Ini solusinya!
MyEduSolve menyediakan situs lowongan pekerjaan dari berbagai sektor industri bagi pelajar/mahasiswa, fresh graduate, bahkan sampai profesional.
Sign up to MyEduSolve Career Center dan temukan karier impianmu! 

Referensi:

Article Tag:

job fair,virtual job fair,myedusolve,microsoft

Category:

Pencarian Kerja

Written By

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

Articles Info

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

Tips & Trik Dapat Pekerjaan dari Virtual Job Fair

Posted: Monday, Oct 11, 2021

Updated: Tuesday, Jan 11, 2022

Article Tag:

job fair,virtual job fair,myedusolve,microsoft

Category:

Pencarian Kerja

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.