Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Contoh Resume untuk Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja

Jangan khawatir jika kamu tidak memiliki pengalaman kerja. Kamu masih bisa menonjolkan diri melalui resume! Simak contoh resume yang baik dalam artikel ini.

MyEduSolve menyediakan ujian sertifikasi internasional dan pelatihan resmi untuk keperluan individu, perusahaan, serta institusi pendidikan.

Posted: Thursday, Oct 21, 2021

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Contoh Resume untuk Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja cover

Sebagai fresh graduate, melamar pekerjaan memang menjadi suatu tantangan tersendiri. Kebanyakan dari kita belum memiliki pengalaman kerja yang bisa ditonjolkan di CV atau Resume.


Tapi, tak perlu khawatir. Masih ada beberapa hal yang bisa kita maksimalkan dalam resume untuk menarik perhatian recruiter. Selain itu, jika kita bisa menghindari kesalahan umum saat membuat Resume, peluang lolos pun otomatis akan bertambah!


Untuk mendapatkan penjelasan yang lebih lengkap, kamu bisa melihat contoh resume fresh graduate tanpa pengalaman kerja dalam artikel ini, baca sampai habis ya!

Apa Bedanya Resume dan CV?

Dalam konteks dunia kerja, Resume adalah sebuah ringkasan dari pengalaman, latar belakang pendidikan, dan prestasi yang pernah diraih oleh seseorang. Sering dianggap sama, ternyata Resume dan CV merupakan dua hal yang berbeda.

 

Perbedaannya terletak pada konten atau isi. Resume adalah gambaran singkat, sedangkan CV atau Curriculum Vitae merupakan versi yang lebih lengkap dari riwayat hidup kita. Resume umumnya berfokus pada hal-hal yang spesifik dan relevan dengan pekerjaan yang dilamar karena memang digunakan khusus untuk melamar pekerjaan saja.


Sementara CV mencakup semua aspek seperti pendidikan, pengalaman, pencapaian, dan keterampilan, serta dapat digunakan untuk keperluan lainnya, seperti mendaftar ke program pendidikan lanjutan.


Perbedaan selanjutnya terletak pada jumlah halaman. CV biasanya terdiri dari 2-3 halaman, sedangkan resume hanya satu halaman saja.

 

Baca Juga: 6 Cara Menjawab Pertanyaan Interview Kerja

Contoh Resume Lamaran Kerja Fresh Graduate

Bagi kamu yang merupakan seorang fresh graduate tanpa pengalaman kerja, contoh di bawah ini dapat menjadi referensimu dalam menyusun resume.


Ada beberapa hal yang dapat diperhatikan agar kamu tetap dapat meningkatkan peluang lolos dalam rekrutmen meskipun tanpa pengalaman kerja, di antaranya:


1. Ikut volunteer di posisi yang relevan dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar, atau terus aktif mencari peluang magang


2. Uraikan pengalaman organisasi selama kuliah yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Jangan lupa untuk highlight pencapaianmu juga, ya!


3. Ikut kursus online bersertifikat atau sertifikasi yang dapat meningkatkan keterampilanmu, terutama yang relevan dengan posisi  yang kamu incar. Sertifikasi bisa menjadi nilai tambah, terutama jika kamu belum memiliki pengalaman kerja.


Baca Juga: Strategi Mencantumkan Sertifikat di CV Untuk Melamar Kerja

Contoh Resume Lamaran Kerja Fresh Graduate dalam Bahasa Inggris

Jika ternyata yang diperlukan adalah Resume dalam Bahasa Inggris, jangan khawatir. Perhatikan contoh Resume di bawah ini, ya!


Nah, saat menyusun resume dalam Bahasa Inggris, berikut adalah hal-hal yang setidaknya perlu kamu perhatikan:


1. Jangan sampai ada grammar errors atau spelling errors

2. Pilih diksi/vocabularies yang powerful dan menunjukkan impact yang kamu berhasil buat. Misalnya, daripada kamu menulis “Responsible for writing 10 SEO articles/week”, mungkin kamu bisa menggantinya dengan “Produced 10 high quality, SEO-optimized articles for company blog each week.”

Contoh Resume Lamaran Kerja

Selanjutnya adalah contoh resume bagi kamu yang  telah memiliki pengalaman kerja atau magang. Jika kamu belum pernah membuat resume sebelumnya, gambar di bawah ini merupakan contoh resume lamaran kerja yang bisa kamu jadikan referensi.


Tips Membuat Resume Lamaran Kerja

Kamu sudah sering melamar kerja dengan susunan Resume seperti di atas namun masih belum berhasil? Mungkin beberapa hal di bawah ini belum kamu optimalkan:

1. Uraikan semua pengalaman sesuai dengan kronologi dari yang terbaru. Sebagian besar pelamar masih menulisnya secara terbalik.

2. Banyak orang hanya mencantumkan nama perusahaan/organisasi, jabatan, dan periode kerja tanpa memberikan deskripsi pekerjaan atau pencapaian di setiap pengalaman. Oleh karena itu, pastikan untuk menyertakan sedikit penjelasan tentang apa yang kamu kerjakan dan pencapaian terbesarmu saat itu.

3. Disarankan untuk menguraikan deskripsi tersebut secara singkat dan padat, dalam bentuk bullet points.

Dengan mengikuti tips di atas, diharapkan resume kamu akan menjadi lebih menarik dan memperbesar peluangmu untuk diterima kerja.


Demikianlah beberapa contoh resume lamaran kerja untuk fresh graduate. Kamu juga bisa loh meningkatkan peluang lolos saat mencari pekerjaan dengan mengikuti berbagai sertifikasi internasional dari Microsoft, Adobe, Project Management Institute, dan Pearson VUE yang disediakan oleh MyEduSolve.


Dengan sertifikasi ini, kamu dapat meningkatkan nilai dan kredibilitas diri saat melamar pekerjaan. MyEduSolve juga menyediakan fasilitas tambahan berupa platform belajar, simulasi tes ujian, serta retake voucher yang dapat membantu kamu untuk lulus ujian sertifikasi. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi halaman MyEduSolve sekarang juga!

Related Tags

contoh resume
tips resume
tips mencari kerja

33,744

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.