Contoh Resume untuk Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja

Baca artikel ini agar tahu strategi apa yang bisa dilakukan supaya resume tetap bisa lolos meskipun kamu masih fresh graduate tanpa pengalaman kerja!

Posted: Thursday, Oct 21, 2021

Updated: Tuesday, Nov 29, 2022

author:Alisatul Aini

Alisatul Aini

| Posted: Thursday, Oct 21, 2021

Share:

Contoh Resume untuk Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja cover

Membuat resume sebagai fresh graduate tanpa pengalaman kerja memanglah suatu tantangan tersendiri. Kebanyakan dari kita belum memiliki pengalaman kerja yang bisa ditonjolkan di CV atau Resume.

 

Tapi tak perlu khawatir, ternyata masih ada beberapa hal yang bisa kita maksimalkan di Resume untuk menarik perhatian recruiter. Selain itu, jika kita bisa menghindari kesalahan umum saat membuat Resume, peluang lolos pun otomatis akan bertambah!

 

Untuk tahu penjelasan lebih lengkapnya dan melihat contoh Resume fresh graduate tanpa pengalaman kerja, baca artikel ini sampai habis, ya!


Perbedaan Resume dan CV

Dalam konteks dunia kerja, Resume adalah sebuah ringkasan dari pengalaman, latar belakang pendidikan, dan prestasi yang pernah diraih oleh seseorang. Sering dianggap sama, ternyata Resume dan CV merupakan dua hal yang berbeda.

 

Perbedaan pertama terletak di konten atau isi. Jika Resume merupakan ringkasan dan uraian singkat, maka CV merupakan versi yang lebih lengkap dari riwayat hidup kita. Biasanya, Resume berisi gambaran kualifikasi diri yang lebih spesifik dan relevan dengan kebutuhan lamaran pekerjaan. Sedangkan CV berisi gambaran yang lebih komprehensif untuk menjabarkan seluruh riwayat pendidikan, pengalaman, pencapaian, skills, dan lain-lain.

 

Maka dari itu, perbedaan kedua terletak pada jumlah halaman. Biasanya, CV berjumlah 2-3 halaman. Sedangkan Resume hanya berjumlah 1 halaman saja.



Contoh Resume Lamaran Kerja


Bagi kamu yang belum pernah membuat resume sebelumnya, gambar di bawah ini merupakan contoh resume lamaran kerja yang bisa kamu jadikan referensi, terutama jika kamu telah memiliki pengalaman kerja atau magang sebelumnya.

contoh resume lamaran kerja

Kamu sudah sering melamar kerja dengan susunan Resume seperti di atas tapi tidak diterima kerjaMungkin beberapa hal di bawah ini belum kamu optimalkan, di antaranya adalah:

1. Uraikan semua pengalaman sesuai dengan kronologi dari yang terbaru. Sebagian besar pelamar masih menulisnya secara terbalik.

2. Kebanyakan orang hanya menuliskan nama perusahaan/orgnisasi, jabatan, serta periode kerja tanpa menambahkan deskripsi pekerjaan atau prestasi di setiap pengalaman. Jadi, jangan lupa untuk beri sedikit penjelasan mengenai apa yang kamu kerjakan serta pencapaian terbesarmu pada saat itu.

3. Dianjurkan untuk menguraikan deskripsi tersebut secara singkat dan padat serta dalam bentuk bullet points.


Contoh Resume Lamaran Kerja Fresh Graduate

Nah, jika kamu merupakan seorang fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja, contoh di bawah ini bisa menjadi referensimu dalam menyusun resume.

contoh resume lamaran kerja fresh graduateAda beberapa hal yang dapat diperhatikan supaya kamu bisa tetap meningkatkan peluang lolos rekrutmen meskipun tanpa pengalaman kerja, di antaranya adalah:

1. Ikut volunteer di posisi yang relevan dengan posisi yang kamu lamar atau tetap aktif mencari peluang magang

2. Uraikan pengalaman organisasi saat kuliah yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Jangan lupa untuk highlight pencapaianmu juga, ya!

3. Ikut kursus online bersertifikat atau sertifikasi yang dapat meningkatkan keterampilanmu yang tentunya relevan dengan role yang kamu incar. Sertifikasi sangat bisa menjadi nilai plus apalagi saat kamu belum memiliki pengalaman kerja.

Contoh Resume Lamaran Kerja Fresh Graduate dalam Bahasa Inggris

Jika ternyata yang diperlukan adalah Resume dalam Bahasa Inggris, jangan khawatir. Perhatikan contoh Resume di bawah ini, ya!