Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Contoh Resume untuk Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja

Jangan khawatir jika kamu tidak memiliki pengalaman kerja. Kamu masih bisa menonjolkan diri melalui resume! Simak contoh resume yang baik dalam artikel ini.

MyEduSolve menyediakan ujian sertifikasi internasional dan pelatihan resmi untuk keperluan individu, perusahaan, serta institusi pendidikan.

Posted: Thursday, Oct 21, 2021

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Contoh Resume untuk Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja cover

Sebagai fresh graduate, melamar pekerjaan memang menjadi suatu tantangan tersendiri. Kebanyakan dari kita belum memiliki pengalaman kerja yang bisa ditonjolkan di CV atau Resume.


Tapi, tak perlu khawatir. Masih ada beberapa hal yang bisa kita maksimalkan dalam resume untuk menarik perhatian recruiter. Selain itu, jika kita bisa menghindari kesalahan umum saat membuat Resume, peluang lolos pun otomatis akan bertambah!


Untuk mendapatkan penjelasan yang lebih lengkap, kamu bisa melihat contoh resume fresh graduate tanpa pengalaman kerja dalam artikel ini, baca sampai habis ya!

Apa Bedanya Resume dan CV?

Dalam konteks dunia kerja, Resume adalah sebuah ringkasan dari pengalaman, latar belakang pendidikan, dan prestasi yang pernah diraih oleh seseorang. Sering dianggap sama, ternyata Resume dan CV merupakan dua hal yang berbeda.

 

Perbedaannya terletak pada konten atau isi. Resume adalah gambaran singkat, sedangkan CV atau Curriculum Vitae merupakan versi yang lebih lengkap dari riwayat hidup kita. Resume umumnya berfokus pada hal-hal yang spesifik dan relevan dengan pekerjaan yang dilamar karena memang digunakan khusus untuk melamar pekerjaan saja.


Sementara CV mencakup semua aspek seperti pendidikan, pengalaman, pencapaian, dan keterampilan, serta dapat digunakan untuk keperluan lainnya, seperti mendaftar ke program pendidikan lanjutan.


Perbedaan selanjutnya terletak pada jumlah halaman. CV biasanya terdiri dari 2-3 halaman, sedangkan resume hanya satu halaman saja.

 

Baca Juga: 6 Cara Menjawab Pertanyaan Interview Kerja

Contoh Resume Lamaran Kerja Fresh Graduate

Bagi kamu yang merupakan seorang fresh graduate tanpa pengalaman kerja, contoh di bawah ini dapat menjadi referensimu dalam menyusun resume.


Ada beberapa hal yang dapat diperhatikan agar kamu tetap dapat meningkatkan peluang lolos dalam rekrutmen meskipun tanpa pengalaman kerja, di antaranya:


1. Ikut volunteer di posisi yang relevan dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar, atau terus aktif mencari peluang magang


2. Uraikan pengalaman organisasi selama kuliah yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Jangan lupa untuk highlight pencapaianmu juga, ya!


3. Ikut kursus online bersertifikat atau sertifikasi yang dapat meningkatkan keterampilanmu, terutama yang relevan dengan posisi  yang kamu incar. Sertifikasi bisa menjadi nilai tambah, terutama jika kamu belum memiliki pengalaman kerja.


Baca Juga: Strategi Mencantumkan Sertifikat di CV Untuk Melamar Kerja

Contoh Resume Lamaran Kerja Fresh Graduate dalam Bahasa Inggris

Jika ternyata yang diperlukan adalah Resume dalam Bahasa Inggris, jangan khawatir. Perhatikan contoh Resume di bawah ini, ya!