Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Rumus Excel untuk Mengatur Pemasukan dan Pengeluaran

Atur pemasukan dan pengeluaranmu dengan mudah menggunakan rumus Excel dari MyEduSolve. Jadikan manajemen keuanganmu lebih terorganisir dan efisien.

Posted: Tuesday, Jun 20, 2023

Share:

Rumus Excel untuk Mengatur Pemasukan dan Pengeluaran cover

Siapa bilang mengelola pemasukan dan pengeluaran itu rumit? Kalau kamu tahu caranya, semua bisa jadi lebih mudah. Kunci utamanya ada pada alat yang kita gunakan. Salah satu alat yang bisa menjadi penyelamat kita dalam mengelola keuangan adalah Microsoft Excel.


Yup! Excel, alat yang sering kita temui saat di sekolah atau kampus, ternyata bisa jadi kawan setia dalam mengatur keuangan, baik pribadi maupun digunakan saat bekerja. Bagaimana caranya? Yuk, kita bahas lebih lanjut!

Mengenal Excel dan Fungsinya dalam Keuangan


Microsoft Excel, atau yang biasa kita sebut Excel, adalah program komputer yang digunakan untuk mengolah angka. Mulai dari rumus matematika sederhana, pengolahan data statistik, hingga pembuatan grafik, semua bisa kita lakukan di Excel.


Ketika berbicara soal keuangan, Excel adalah salah satu alat yang sering dipakai baik oleh perusahaan maupun individu. Mengapa demikian? Karena Excel memiliki berbagai fitur dan rumus yang memudahkan kita dalam melakukan kalkulasi keuangan.


Misalnya, kamu bisa menggunakan Excel untuk menghitung total pengeluaran dalam sebulan, rata-rata pengeluaran per hari, bahkan mencatat pemasukan dan pengeluaran harian. Dengan fitur seperti tabel dan grafik, kamu juga bisa membuat laporan keuangan yang rapi dan mudah dipahami.


Baca juga: 5 Tips Cara Belajar Excel Dengan Cepat dan Tepat

Rumus Excel untuk Penjumlahan

Menjumlahkan angka di Excel sebenarnya mudah. Kamu tahu rumus penjumlahan di Excel? Jawabannya adalah rumus SUM. Jadi, rumus ini digunakan untuk menjumlahkan angka.

Misalnya, perusahaan yang kamu kelola pencatatan keuangannya punya daftar pengeluaran harian selama satu minggu dan ingin tahu total pengeluaran. Begini caranya:

  1. Tulis semua pengeluaran harian di kolom A, mulai dari A1 sampai A7.

  2. Pada cell A8, ketik "=SUM(A1:A7)" dan tekan Enter. Jumlah langsung muncul, dan kamu sudah mendapatkan total pengeluaran perusahaan selama satu minggu.

Gampang, kan? Sekarang, bagaimana jika kita ingin menghitung rata-rata pengeluaran? Tenang, Excel juga punya rumusnya.

Rumus Average di Excel

Rata-rata adalah salah satu cara untuk melihat gambaran umum dari sejumlah data. Di Excel, kita bisa menggunakan rumus AVERAGE untuk menghitung rata-rata. Misalnya, kita ingin menghitung rata-rata pengeluaran harian selama seminggu. Begini caranya:

  1. Jika kamu sudah memiliki daftar pengeluaran harian di kolom A (A1 sampai A7), pergi ke cell A9.

  2. Pada cell A9, ketik "=AVERAGE(A1:A7)" dan tekan Enter.

Hasilnya adalah rata-rata pengeluaran harian selama seminggu. Kamu bisa melihat, mungkin ada hari-hari tertentu di mana ada pengeluaran lebih tinggi.

Rumus Pengurangan di Excel

Setelah kita membahas tentang penjumlahan dan rata-rata, sekarang mari kita bahas rumus pengurangan di Excel. Rumus Excel ini cukup sederhana. Misalnya, jika kamu ingin mengurangi jumlah pengeluaran dari pemasukan untuk mengetahui saldo, kamu bisa melakukan ini:

  1. Jika pemasukan tercatat di cell B2 dan pengeluaran di cell C2, tulis rumus di cell D2.

  2. Ketik "=B2-C2" lalu tekan Enter.

Nah, angka yang muncul di cell D2 adalah saldo, atau dengan kata lain, hasil pengurangan pemasukan dengan pengeluaran. 


Baca juga: Apa Manfaat Mendapatkan Sertifikasi Microsoft Office Specialist?

Membuat Rumus Excel untuk Pemasukan dan Pengeluaran

Kini, mari kita rangkai semua rumus yang telah kita pelajari untuk membuat sebuah sistem pencatatan pemasukan dan pengeluaran dengan Excel.

  1. Buka Excel dan buat tabel baru dengan kolom 'Tanggal', 'Deskripsi', 'Pemasukan', 'Pengeluaran', dan 'Saldo'.

  2. Setiap kali ada transaksi, isi tanggal, deskripsi, dan jumlah uangnya di kolom yang sesuai. Jika itu pemasukan, masukkan jumlahnya di kolom 'Pemasukan'. Jika pengeluaran, masukkan di kolom 'Pengeluaran'.

  3. Untuk menghitung saldo, gunakan rumus pengurangan yang sudah kita pelajari. Misalnya, jika pemasukan tercatat di cell C2 dan pengeluaran di D2, ketik "=C2-D2" di cell E2. Kemudian, tekan Enter.

  4. Untuk menghitung total pemasukan dan pengeluaran, gunakan rumus SUM. Misalnya, "=SUM(C2:C30)" untuk total pemasukan dan "=SUM(D2:D30)" untuk total pengeluaran.


Dengan begitu, kamu sudah berhasil membuat sistem pencatatan pemasukan dan pengeluaran dengan Excel!


Membuat Laporan Keuangan dengan Excel

"Apakah Excel bisa membuat laporan keuangan?" Tentu saja bisa! Kamu bisa mencatat semua transaksi finansial, lalu menganalisis dan menyusunnya menjadi sebuah laporan keuangan. Caranya juga cukup sederhana:


  1. Pertama, tentukan dulu apa saja yang perlu kamu catat. Misalnya pemasukan, pengeluaran, dan saldo. Buatlah tabel dengan kolom-kolom tersebut.

  2. Setelah itu, kamu tinggal mencatat setiap transaksi yang terjadi. Setiap kali ada pemasukan, tulis jumlahnya di kolom pemasukan. 

  3. Begitu juga dengan pengeluaran. Kamu juga bisa menggunakan rumus SUM untuk menghitung total pemasukan dan pengeluaran.

  4. Dengan Excel, kamu juga bisa membuat grafik dari data tersebut untuk membantu kamu melihat tren atau pola tertentu.


Baca juga: Berapa Biaya Sertifikasi Microsoft Office Specialist? Cari Tahu Di Sini!


Begitu lah penjelasannya, MESFriend! Setelah mempelajari artikel ini, apakah kamu tertarik untuk mengasah kemampuan Microsoft Excel? Ayo, langsung mendaftar dan ikuti ujian sertifikasi Excel dari MyEduSolve!


Dengan biaya yang terjangkau, kamu bisa mempelajari teknik dasar Excel sampai mendapatkan sertifikat Microsoft Office Specialist yang menjadi sertifikasi ternama.


Jadi, masih menunggu apa lagi? Ayo, kembangkan kemampuan Excel kamu sekarang juga!



Articles Info

author:undefined
Leo Bisma

Rumus Excel untuk Mengatur Pemasukan dan Pengeluaran

Posted: Tuesday, Jun 20, 2023

Updated: Wednesday, Apr 24, 2024

Related Tags

Rumus excel
Rumus Pemasukan
Rumus Pengeluaran

20,894

Recommended Articles

Relevant Certifications

Microsoft Office Specialist: Expert Certification

Rp 0