Perbedaan Adobe Photoshop dengan Adobe Illustrator: Bagusan Mana?

Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator merupakan software yang harus dikuasai oleh seorang desainer grafis dalam mengerjakan berbagai projeknya. Ketahui perbedaan dari kedua software ini dan manakah software yang lebih baik?

Posted: Tuesday, Feb 22, 2022

Updated: Tuesday, Feb 22, 2022

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

| Posted: Tuesday, Feb 22, 2022

Share:

Perbedaan Adobe Photoshop dengan Adobe Illustrator: Bagusan Mana? cover

Apakah kamu memiliki hobi desain grafis? Tentunya software dari Adobe seperti Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator sudah tak asing lagi bagimu. Meski keduanya lumayan mirip, ternyata perbedaannya juga cukup banyak, lho!

Lantas, apa saja perbedaan di antara kedua software Adobe tersebut? Yuk simak penjelasannya melalui artikel ini!

1. Perbedaan dari Fungsinya

Adobe Photoshop dan Illustrator, ternyata mempunyai kegunaan yang relatif berbeda. Kalau di Photoshop terdapat fungsi khusus dalam melakukan proses editing gambar atau foto bitmap dan juga memiliki berbagai keunggulan yakni tools yang dapat digunakan oleh editor sesuai dengan keinginannya seperti Coloring, Lighting, Masking, menambahkan elemen, dan lain sebagainya.

Sedangkan pada Adobe Illustrator dirancang untuk membuat gambar yang berbasis vector. Arti dari vector yaitu titik dan garis yang membentuk suatu gambar dan jika diperbesar berkali-kali, resolusinya tidak akan pecah. Contoh dari vector yakni ilustrasi logo dan sejenisnya.

Baca juga: Kenali Fungsi Adobe Illustrator yang Tak Kalah dari Adobe Photoshop!

2. Ukuran Software

Pada umumnya sebagian besar masyarakat cenderung untuk memilih menggunakan software Adobe Photoshop saja dibandingkan dengan Adobe Illustrator, karena ukuran software dari Photoshop yang lebih ringan, sehingga dapat digunakan atau diinstal pada PC maupun laptop yang memiliki spesifikasi yang cenderung rendah.

Ukuran pada software Adobe Illustrator termasuk besar, bahkan ketika akan memulai untuk melakukan instalasi dibutuhkan ruang penyimpanan kosong sebesar 2GB pada perangkatnya dan minimal pada Windows 10 berukuran 64-bit dan RAM 8GB.

Baca juga: Adobe Bootcamp: Alternatif Desainer Grafis Perdalam Software Adobe!

3. Pengguna Adobe Photoshop dan Illustrator

Adobe Illustrator lebih sering digunakan oleh para graphic designer, sedangkan pada Adobe Photoshop pada umumnya lebih sering digunakan oleh seseorang yang berprofesi sebagai fotografer maupun seniman digital. Tetapi, banyak juga para desain grafis yang cenderung menggunakan kedua jenis software ini untuk menyelesaikan pekerjaan mereka, lho!

Baca juga: Adobe Photoshop Adalah Pilihan Software Para Desain Grafis!

4. Lembar Kerja Adobe Photoshop dan Illustrator

Jika kamu sering mengunakan Adobe Illustrator, kamu pasti tahu bahwa dalam Adobe Illustrator kamu bisa membuat lembar kerja ganda dalam satu file. Lain halnya dengan Adobe Photoshop, kamu hanya bisa menampilkan satu lembar kerja dalam satu file, dan jika kamu ingin menambahkan halaman lagi, maka kamu harus membuat file baru dengan nama yang berbeda pula.

5. Perbedaan Durasi Penyimpanan Dokumen

Setelah menyelesaikan desain grafismu, kini saatnya untuk menyimpan file gambar yang telah dibuat. Dalam hal penyimpanan dokumen, ternyata Adobe Illustrator lebih unggul karena memiliki kecepatan yang relatif lebih singkat ketika akan menyimpan file dibandingkan dengan proses penyimpanan melalui Adobe Photoshop.

Kesimpulan

Dari ulasan tentang perbedaan antara Adobe Illustrator dan Photoshop keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing sesuai dengan kebutuhanmu. Jika kamu lebih sering membuat logo atau seni digital dari awal, Adobe Illustrator menjadi pilihan yang tepat. Sebaliknya, jika kamu ingin memanipulasi gambar atau photo editing kamu cocok untuk menggunakan Adobe Photoshop! 

Baca juga: Ingin Bekerja sebagai Illustrator? Persiapkan 3 Hal Ini dari Sekarang!

Itulah 5 perbedaan antara Adobe Illustrator dengan Adobe Photoshop yang perlu kamu ketahui. Jika kamu ingin menguasai kedua software ini, kamu bisa mengikuti sertifikasi resmi dari Adobe yaitu Adobe Certified Professional di MyEduSolve agar meningkatkan kredibilitasmu dan juga skill-mu dihadapan rekruter maupun klien dan bisa menjadi kandidat yang bersaing secara global!


Referensi:
What's the Difference between Illustrator and Photoshop. Diakses pada 17 Januari 2022

Article Tag:

Adobe Photoshop,Adobe Illustrator,Software Adobe

Category:

Kreatif

Written By

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

Articles Info

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

Perbedaan Adobe Photoshop dengan Adobe Illustrator: Bagusan Mana?

Posted: Tuesday, Feb 22, 2022

Updated: Tuesday, Feb 22, 2022

Article Tag:

Adobe Photoshop,Adobe Illustrator,Software Adobe

Category:

Kreatif

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.