Ingin Bekerja sebagai Illustrator? Persiapkan 3 Hal Ini dari Sekarang!

Illustrator merupakan profesi yang sepertinya tidak akan tergerus oleh perkembangan zaman. Terlebih lagi di era digital seperti saat ini, aset visual sangatlah berharga bagi suatu brand. Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan untuk bisa suskes berkarier sebagai Illustrator?

Posted: Friday, Oct 15, 2021

Updated: Tuesday, Dec 21, 2021

author:Alisatul Aini

Alisatul Aini

| Posted: Friday, Oct 15, 2021

Share:

Ingin Bekerja sebagai Illustrator? Persiapkan 3 Hal Ini dari Sekarang! cover

Illustrator adalah seorang seniman yang membuat gambar ilustrasi, yaitu sebuah gambar yang bertujuan untuk memperjelas sebuah tulisan. Gambar ilustrasi ini umumnya digunakan untuk kebutuhan iklan, buku, novel, majalah, komik, atau kartu ucapan.

Seorang illustrator biasanya bekerja secara freelance atau bisa juga bekerja untuk perusahaan. Maka dari itu, skill yang perlu dimiliki bukan hanya kemampuan menggambar, tetapi juga komunikasi dan negosiasi ketika bekerja sama dengan seorang client. 

Profesi ini bisa dikatakan sebagai profesi yang sedang naik daun. Pasalnya, illustrator sudah menjadi bagian dari industri kreatif di mana karya-karya visual memiliki peran penting untuk mencapai tujuan perusahaan.

Ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan jika ingin bekerja sebagai ilustrator, di antaranya adalah sebagai berikut.

Eksplor Bidang Ilustrasi yang Kamu Inginkan

Meskipun gambar ilustrasi identik dengan komik, tetapi jangan salah, ya! Ternyata ada banyak sekali jenis bidang pekerjaan bagi para illustrator, mulai dari illustrator komik, illustrator fashion, illustrator forensik, dan illustrator storyboard.

Ilustrator komik bertanggung jawab untuk menggambar sebuah ilustrasi pada komik, baik komik cetak maupun komik elektronik yang biasa kita nikmati secara online. Profesi ini tentunya sangat menantang dan menyenangkan terutama bagi kamu yang memang memiliki hobi gambar. Untuk bisa menjadi illustrator komik profesional, tentunya kamu memerlukan waktu latihan yang tidak singkat sampai memiliki kemampuan gambar yang mumpuni.

Dunia fashion juga ternyata tidak luput dari kebutuhannya akan peran seorang illustrator. Tetapi jangan keliru, ya, fashion designer dan fashion illustrator memiliki peran yang berbeda. Fashion designer bertugas untuk merancang desain untuk pakaian yang akan dibuat, sedangkan fashion illustrator berperan untuk membuat ilustrasi untuk kepentingan fashion campaign yang biasanya dibutuhkan di kantor-kantor majalah.

Bagi kamu yang baru pertama kali mendengar Ilustrator forensik, pernahkan kamu melihat gambar buronan hukum yang disebarkan? Nah, gambar tersebut merupakan hasil pekerjaan dari ilustrator forensik. Ilustrasi dibuat berdasarkan keterangan dan ciri-ciri yang diungkapkan oleh seorang saksi. Maka dari itu, untuk menjadi illustrator forensik tidak hanya membutuhkan skill menggambar tetapi juga pengetahuan di bidang psikologi. Menarik, bukan?

Nah, bidang illustrator yang terakhir ini merupakan yang paling banyak ditemui yaitu Ilustrator storyboard. Sketsa gambar yang dibuat secara runtut untuk menjelaskan urutan adegan suatu film atau video disebut dengan storyboard. Seorang illustrator storyboard inilah yang menghasilkan gambar sketsa tersebut sebelum pengambilan gambar atau proses shooting dilaksanakan.

Agar kamu tidak salah langkah, pastikan kamu telah melakukan riset yang cukup untuk memutuskan bidang mana yang ingin kamu tekuni, ya! Setelah itu, barulah kamu bisa mengetahui apa saja yang harus kamu pelajari agar bisa berkarier di bidang tersebut.

Buat Portofolio yang Menarik Agar Dilirik

Seorang wanita yang terlihat sedang menggambar. Mengilustrasikan seseorang yang ingin bekerja sebagai Illustrator

Sumber: Anthony Skhraba dari Pexels

Sebagian besar illustrator memlih untuk bekerja sebagai freelancers atau pekerja lepas. Untuk dapat melakukan hal ini, senjata utama yang harus dimiliki adalah portofolio.

Pada saat proses screening lamaran, pastinya recruiter perlu melihat contoh karyamu. Fungsinya bukan hanya untuk menilai bakat dan kemampuanmu dalam membuat ilustrasi, tetapi juga melihat proses berpikir serta pertimbangan yang kamu lalui hingga tahap hasil akhir yang ada di dalam portofolio tersebut.

Jadi, tipsnya adalah jangan hanya memasukkan karya-karya terbaikmu di portofolio, tetapi juga tambahkan deskripsi singkat yang menggambarkan proses kreatifmu dalam menyelesaikan karya ilustrasi tersebut.

Jika kamu belum memiliki pengalama kerja yang bisa disertakan di dalam portofoliomu, tak usah khawatir! Kamu bisa aktif mengikuti lomba, design challenge, atau mengerjakan personal project secara mandiri. 

Selain bisa menghasilkan banyak karya sekaligus mengasah skill, kamu juga akhirnya bisa mengetahui mana bidang ilustrasi yang ingin kamu tekuni di masa depan. Sehingga, kamu udah nggak bingung lagi, deh, ingin bekerja sebagai illustrator di bidang yang mana!

Selain karya dan deskripsi, hal lain yang perlu diperhatikan dalam membuat portofolio adalah caramu mempublikasikannya dan membentuk personal branding yang menarik. Saat ini, ada banyak platform yang bisa kamu manfaatkan untuk memamerkan karyamu, seperti di Behance, Dribble, atau bahkan di akun media sosial pribadimu. Para kreator di TikTok, misalnya, mereka sering membuat video proses menggambar yang akhirnya bisa menarik perhatian ribuan viewers dan followers.

Hal ini tentunya akan sangat menguntungkanmu apalagi ketika mencari client. Mereka akan tahu bahwa kamu memang memiliki kemampuan, minat, dan passion di bidang ilustrasi.

Asah Skill yang Dibutuhkan

Skill wajib bagi seorang ilustrator tentunya adalah skill membuat ilustrasi baik secara artistik maupun secara teknis.

Secara artistik, kamu perlu memiliki kemampuan dalam membuat ilustrasi yang dapat mencapai tujuan tertentu namun tetap sesuai dengan prinsip visual, seperti warna dan komposisi.

Secara teknis, kamu perlu menguasai tools yang tentunya dapat membantumu menghasilkan karya ilustrasi dengan high quality.

Jika kamu ingin menjadi illustrator digital, maka wajib hukumnya bagi kamu bisa menguasai software seperti Adobe Illustrator untuk memudahkanmu membuat sebuah ilustrasi. Para pekerja di bidang kreatif terutama visual designer dan illustrator tentunya sudah tidak asing lagi dengan Adobe Illustrator. Memiliki kemahiran dalam menggunakan aplikasi yang telah digunakan banyak orang secara global pasti akan menguntungkanmu di masa mendatang.

Adobe Illustrator merupakan aplikasi yang dapat membantumu membuat karya ilustrasi dengan berbagai tools dan fungsi yang beragam. Jika kamu menguasai teknis penggunaan aplikasi ilustrasi ini, maka hal tersebut dapat menjadi poin plus bagi dirimu yang bisa kamu cantumkan di CV/Resume-mu. 


Kamu bisa meningkatkan skill sekaligus memvalidasi keahlianmu dalam menggunakan Adobe Illustrator melalui sertifikasi Adobe Certified Professional. Sertifikasi ini diterbitkan langsung oleh Adobe dan berlaku secara internasional.

Memiliki sertifikasi dapat membantumu standout dibandingkan yang lain, sehingga kamu bisa lebih percaya diri dalam memenangkan persaingan kerja. Ditambah lagi, jika kamu ingin menekuni profesi sebagai freelance illustrator, memiliki sertifikasi internasional dapat membantumu menarik perhatian dan mendapatkan kepercayaan para client dari mancanegara!

Kamu juga bisa belajar dan mempersiapkan ujianmu dengan simulasi tes yang akurat dan sesuai dengan ujian sebenarnya menggunakan GMetrix dan LearnKey. Dapatkan fasilitas ini dan pelajari lebih lengkap melalui www.myedusolve.com!

Article Tag:

Illustrator,Visual,Adobe Illustrator,skill Illustrator

Category:

Kreatif

Written By

author:Alisatul Aini

Alisatul Aini

Articles Info

author:Alisatul Aini

Alisatul Aini

Ingin Bekerja sebagai Illustrator? Persiapkan 3 Hal Ini dari Sekarang!

Posted: Friday, Oct 15, 2021

Updated: Tuesday, Dec 21, 2021

Article Tag:

Illustrator,Visual,Adobe Illustrator,skill Illustrator

Category:

Kreatif

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.