Kenali Fungsi Adobe Illustrator yang Tak Kalah dari Adobe Photoshop!

Para graphic designer perlu memahami fungsi Adobe Illustrator karena software design yang satu ini tak kalah penting dengan Adobe Photoshop! Ingin tahu lebih lanjut soal Adobe Illustrator? Telusuri artikel ini!

Posted: Saturday, Dec 25, 2021

Updated: Monday, Sep 26, 2022

author:Anita Djie

Anita Djie

| Posted: Saturday, Dec 25, 2021

Share:

Kenali Fungsi Adobe Illustrator yang Tak Kalah dari Adobe Photoshop! cover

Apa sebenarnya fungsi Adobe Illustrator dan manfaatnya bagi para pekerja kreatif? Brand software Adobe tentunya sudah tak asing di telinga para graphic designer dan video editor. Perusahaan Adobe sudah membuat beragam software untuk menunjang dunia industri kreatif yang dikenal sebagai Adobe Creative Cloud.

Selain Adobe Photoshop, Adobe Illustrator adalah salah satu program di Adobe Creative Cloud yang juga sering dipergunakan untuk kebutuhan desain. Lantas, apa fungsi dan kegunaan dari Adobe Illustrator, serta apa saja perbedaan Adobe Illustrator dan Adobe Photoshop? Simak jawabannya di bawah!

Apa Itu Adobe Illustrator?

Adobe Illustrator adalah salah satu software dari Adobe yang berbasis vektor untuk membuat gambar dan ilustrasi. Gambar vektor sendiri merupakan garis, lengkungan, titik-titik, ataupun bentuk yang diatur secara matematis. Jadi, saat kamu memperbesar gambar vektor, hasilnya tidak akan pecah dan kualitasnya akan tetap terjaga.

Program ini sering disandingkan dengan Adobe Photoshop karena memiliki kegunaan yang kurang lebih sama. Nyatanya, ada beberapa perbedaan antara Adobe Illustrator dan Adobe Photoshop.

Meskipun diluncurkan di tahun 1987, Adobe Illustrator tetap diperbaharui dan masih sering digunakan oleh para web designer, illustrator, dan graphic designer. Adobe Illustrator adalah software desain yang praktis karena bisa dioperasikan pada komputer yang berbasis MacOS ataupun Windows.

Kalau kamu sering memakai program Adobe Creative Cloud lainnya, seperti Adobe Photoshop dan Adobe InDesign, kamu bisa mengedit hasil karya dari Adobe Illustrator ke software-software lain yang masuk dalam Adobe Creative Cloud.

Baca juga: Punya Skill Desain? Ketahui Apa itu Adobe Certified Professional!

Fungsi dan Kegunaan Adobe Illustrator

Tak kalah dari Adobe Photoshop, ada banyak kegunaan dan fungsi Adobe Illustrator dalam dunia desain. Adobe Illustrator sering dipakai untuk membuat berbagai gambar digital ataupun cetak, seperti logo , iklan billboard, diagram, ilustrasi, dan gambar kartun.

Mirip dengan Adobe Photoshop, fungsi dan kegunaan Adobe Illustrator adalah mampu mengubah warna dalam gambar dan membuat sketsa ilustrasi dari foto atau gambar yang sudah ada.

Selain itu, fungsi Adobe Illustrator lainnya adalah bisa dipakai untuk mendesain teks, makanya software ini juga dapat dipakai untuk membuat logo, poster, kartu ucapan, dan hasil karya lain yang memerlukan teks serta gambar.

Uniknya, kamu juga bisa membuat mock up situs web menggunakan Adobe Ilustrator. Kamu dapat menambah ikon, gambar, atau bahkan teks untuk menyempurnakan desain situs web-mu.

Baca juga: Pelajari Beragam Fungsi Adobe Creative Cloud Melalui Adobe Bootcamp

Fitur Dasar Adobe Illustrator

Ada banyak fungsi dan kegunaan Adobe Illustrator

Sumber: Howard Bouchevereau di Unsplash

Fungsi dan kegunaan Adobe Illustrator yang beragam didukung oleh berbagai fitur menarik dan praktis dalam software tersebut. Berikut ini adalah beberapa fitur dasar dari Adobe Illustrator:

1. Color Palette

Seperti namanya, color palette memberikanmu beragam pilihan warna untuk memperindah gambar. Kamu bisa memilih warna mana yang cocok dengan hasil karyamu melalui color palette.

2. Gradient Palette

Kalau kamu ingin membuat gradasi, kamu bisa memakai fitur gradient palette. Tool ini membantu mengatur gradasi warna pada objek atau gambar.

3. Layers Palette

Serupa layering pada Adobe Photoshop, layers palette di Adobe Illustrator juga berfungsi untuk menyusun, menambah, menimpa, atau menghapus layer gambar atau objek.

4. Stroke Palette

Fungsi stroke palette dalam Adobe Illustrator sebenarnya cukup sederhana. Fitur ini membantu mengatur ketebalan garis pada suatu objek atau gambar.

5. Toolbox

Kamu bisa menemukan fitur toolbox di sisi kiri layar. Di dalam toolbox, terdapat berbagai fitur lain yang bisa membantu mengedit dan mensketsa gambar, seperti selection tools untuk memilih objek yang akan diubah, drawing tools untuk menggambar, manipulation tools untuk mengedit gambar atau objek, dan tools lainnya.

6. Transparency Palette

Fitur transparency palette digunakan untuk blending dan mengatur opacity suatu gambar atau objek.

Baca juga: 5 Tips Belajar Desain Grafis Secara Otodidak

Perbedaan Adobe Illustrator dan Adobe Photoshop

Salah satu perbedaan yang paling menonjol antara Adobe Illustrator dan Adobe Photoshop adalah dasar pembuatan gambarnya. Adobe Illustrator memakai desain vektor untuk membuat gambar sedangkan Adobe Photoshop memakai desain raster.

Gambar berbasis vektor bisa diperbesar ataupun diperkecil sesuka hati tanpa perlu mengkhawatirkan penurunan kualitas gambar. Tiap kali ada perubahan ukuran atau resolusi, bentuk, titik, atau garis yang membentuk gambar vektor akan menyesuaikan diri sesuai dengan perhitungan rumusnya.

Berbeda dengan desain vektor, gambar yang berbasis raster dibentuk oleh titik-titik pixel yang bisa terlihat saat kamu memperbesar gambarnya. Ketika diperbesar, gambar raster akan pecah dan menurun kualitasnya karena pixel tidak dapat menyesuaikan posisi saat ada perubahan pada ukuran.

Inilah yang membuat fungsi Adobe Illustrator menjadi hal yang dicari oleh para graphic designer dan ilustrator untuk membuat gambar-gambar dalam ukuran serta resolusi yang besar dengan kualitas yang baik.

Baca juga: Adobe Photoshop adalah Pilihan Software Para Desainer Grafis!

Perbedaan lain dari Adobe Illustrator dan Adobe Photoshop adalah pada format file gambar. Untuk Adobe Illustrator, format dokumennya akan berbentuk AI, SVG, dan EPS, sedangkan untuk Adobe Photoshop, format file-nya adalah JPG dan PNG.

Nah, sekarang kamu sudah tahu apa perbedaan Adobe Illustrator dan Adobe Photoshop. Tapi pertanyaan berikutnya adalah apakah Adobe Illustrator lebih unggul daripada Adobe Photoshop?

Jawabannya tentu tidak! Keduanya memiliki keunikannya masing-masing. Biasanya fungsi Adobe Photoshop lebih fokus ditujukan untuk mengedit gambar sementara Adobe Illustrator digunakan saat akan membuat gambar, ilustrasi, atau logo, terutama yang berukuran besar.

Baca juga: Adobe Bootcamp: Alternatif Desainer Grafis Perdalam Software Adobe

Belajar Adobe Illustrator Melalui Adobe Certified Professional!

Memahami cara mengoperasikan Adobe Illustrator dapat menjadi nilai plus saat kamu melamar kerja nantinya, apalagi kalau kemampuanmu sudah divalidasi oleh bukti nyata seperti sertifikasi Adobe Certified Professional.

Sertifikasi Adobe Certified Professional tidak hanya membantu memperluas wawasanmu seputar Adobe Illustrator, tapi juga memverifikasi skill yang kamu miliki secara internasional. Melalui sertifikasi ini, kamu akan bisa lebih menonjol dari pelamar kerja lainnya. 

Tertarik untuk mengikuti Adobe Certified Professional? Langsung ambil sertifikasinya di situs web MyEduSolve!

Itu dia penjelasan mengenai fungsi Adobe Illustrator beserta beberapa perbandingannya dengan Adobe Photoshop. Semakin banyak tools yang kamu kuasai, maka semakin tinggi pula peluangmu untuk bersaing dengan kreator lainnya!

Referensi:

Fedewa, J. (2021). What's the Difference Between Illustrator and Photoshop?. How-To Geek. Diakses pada 15 Desember 2021.

IT Connect. (n.d). Getting Started with Illustrator. Diakses pada 15 Desember 2021.

IT Connect. (n.d). What is Illustrator?. Diakses pada 15 Desember 2021.

Smith, J. (2021). What is Adobe Illustrator. American Graphics Institute. Diakses pada 15 Desember 2021.

Todd, D. (n.d). What is Vector Art?. Adobe. Diakses pada 15 Desember 2021.

Article Tag:

Adobe IllustratorAdobe Illustrator adalahfungsi adobe illustratorkegunaan Adobe Illustratorperbedaan Adobe Illustrator dan Photoshop

Category:

Kreatif

Written By

author:Anita Djie

Anita Djie

Articles Info

author:Anita Djie

Anita Djie

Kenali Fungsi Adobe Illustrator yang Tak Kalah dari Adobe Photoshop!

Posted: Saturday, Dec 25, 2021

Updated: Monday, Sep 26, 2022

Article Tag:

Adobe IllustratorAdobe Illustrator adalahfungsi adobe illustratorkegunaan Adobe Illustratorperbedaan Adobe Illustrator dan Photoshop

Category:

Kreatif

Share:

621

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.