Pelatihan Video Editing dengan Premiere Pro, After Effects, dan Animate

Profesi video editor, visual artist dan animator kini semakin diminati oleh banyak orang. Apakah kamu salah satunya? Yuk, mulai siapkan amunisi untuk karier profesionalmu dengan cara menguasai tiga software Adobe sekaligus!

Posted: Thursday, Dec 23, 2021

Updated: Tuesday, Jan 18, 2022

author:Alisatul Aini

Alisatul Aini

| Posted: Thursday, Dec 23, 2021

Share:

Pelatihan Video Editing dengan Premiere Pro, After Effects, dan Animate cover

Kamu sedang ingin mendalami industri produksi video dan mencari kelas editing video online? Jangan khawatir! Artikel di bawah ini akan membahas manfaat dan cara mengikuti pelatihan video editing terutama dalam penguasaan software Adobe.


Software Adobe Creative Cloud yang paling sering digunakan untuk pekerjaan video editor atau VFX artist di antaranya adalah Adobe Premiere Pro dan After Effects. Ada juga Adobe Animate yang biasa digunakan para animator profesional.


Kamu bisa juga kok seperti Chandra Liow, Aulion, dan creator terkenal lainnya yang mahir di bidang video design dan video editing. Yang kamu perlukan saat ini adalah mengasah skill dalam penguasaan software Adobe dan membuktikan skill tersebut saat mencari peluang kerja.

Kenapa Harus Ikut Pelatihan Video Editing?

Sebenarnya, kamu bisa belajar edit video dan membuat efek visual secara otodidak. Saat ini, di YouTube ada banyak sekali creator yang berbagi ilmu dan tutorial bermanfaat secara gratis.


Meskipun begitu, belajar mandiri tetap memiliki sisi positif dan negatif. 


Kamu pasti pernah kan, belajar di perkuliahan secara mandiri? Bagaimana rasanya? Kadang bingung, kadang paham. Mau bertanya pada teman, malah jadinya sama-sama bingung.


Nah, kelebihan dari ikut pelatihan atau kursus adalah, kamu bisa mengkonfirmasi pengetahuan yang telah kamu pelajari sebelumnya. Namun, untuk bisa melakukan hal ini, kamu harus ikut pelatihan video editing yang bersifat live course dibandingkan self-paced course.


Baca Juga: Prospek Karier Video Editor, Profesi Menjanjikan di Industri Kreatif

Pilih Live Course atau Self-paced Course?

Live course memungkinkan kamu untuk tanya jawab secara langsung dengan mentor atau instruktur di dalam kelas. Sedangkan, kursus self-paced bersifat belajar mandiri menggunakan bahan ajar yang telah dipersiapkan oleh instruktur.


Dalam konteks belajar penguasaan software Adobe, memilih pelatihan live course sangat direkomendasikan. Jika kamu menemukan kendala atau kebingungan saat menggunakan Premiere Pro, misalnya, kamu bisa langsung meminta bantuan pada instruktur saat itu juga.


Kamu bisa memilih jenis pelatihan sesuai kebutuhanmu karena suatu pelatihan dengan sistem apapun pasti dirancang sesuai kurikulum atau standar tertentu. Jadi, pembelajarannya lebih sistematis dan efektif dibandingkan dengan belajar otodidak.

Rekomendasi Pelatihan Software Adobe Premiere Pro, After Effects, dan Animate

Selain melatih skill melalui kelas online Premiere Pro, After Effects, dan Animate, kamu juga perlu memperoleh bukti atas skill tersebut. Untuk apa? Agar kamu bisa memiliki poin plus dibandingkan dengan kompetitor di luar sana saat mencari peluang kerja.


Bukti apa lagi? Bukannya sertifikat dari kursus online atau bootcamp seharusnya udah cukup, ya?


Sertifikat kursus online atau bootcamp hanya berfungsi sebagai bukti bahwa kamu telah menyelesaikan program tersebut, bukan bukti atas kemahiranmu menggunakan software Adobe.


Satu-satunya cara untuk memperoleh bukti tersebut adalah melalui sertifikasi yang diterbitkan oleh Adobe itu sendiri, yaitu Adobe Certified Professional. Sertifikasi ini tersedia untuk berbagai macam aplikasi Adobe Creative Cloud yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.


Nah, ada satu rekomendasi pelatihan software Adobe Premiere Pro, After Effects, dan Animate yang bisa membantumu belajar sekaligus mendapatkan sertifikasi, yaitu Adobe Bootcamp!

Apa itu Adobe Bootcamp?

Dirancang sesuai dengan kurikulum internasional Adobe, Adobe Bootcamp ini diperuntukkan bagi kamu yang ingin memulai karier profesional di bidang visual design & video design.


Terdapat enam modul yang bisa kamu pilih; Photoshop, Illustrator, InDesign, Premiere Pro, After Effects, dan Animate. Semuanya tersedia dalam level Beginner dan Intermediate dan kamu bebas memilih kombinasi modul apa saja dan di level mana saja sesuai dengan kebutuhanmu.


Kelas dilaksanakan secara online setiap hari Sabtu dan Minggu. Jadi, meskipun kamu masih kuliah, sekolah, atau bahkan sudah bekerja, kamu tetap bisa mengikuti bootcamp ini untuk menambah skill dan kredibilitas diri.


Kenapa saya harus ikut Adobe Bootcamp? 

Tak hanya belajar teori, kamu juga akan dibimbing oleh instruktur yang telah berpengalaman di industri kreatif untuk bisa memulai karier freelance maupun bekerja untuk perusahaan. Ada kegiatan professional portfolio building dan konsultasi karier gratis yang bisa memaksimalkan perencanaan kariermu ke depannya. Melalui hiring partners MyEduSolve, kami juga akan memfasilitasi pencarian kerja agar kamu bisa menjemput peluang pekerjaanmu dengan lebih mudah.


Harga bootcamp juga sudah termasuk ujian sertifikasi Adobe Certified Professional, lengkap dengan akses Learnkey untuk belajar materi sertifikasi, akses CertPREP untuk simulasi tes, serta 1x kesempatan ujian ulang jika kamu gagal di ujian pertama.


Bersama mentor di kelas, kamu bisa langsung berkonsultasi mengenai apapun, termasuk tentang cara memaksimalkan sertifikasi Adobe yang kamu peroleh untuk pengembangan karier semaksimal mungkin.


Baca Juga: Strategi Mencantumkan Sertifikat di CV untuk Melamar Kerja

Cara Mengikuti Pelatihan Adobe Bootcamp

Kamu bisa langsung mendaftar melalui link bit.ly/AdobeBootcampMES. Tim MyEduSolve kemudian akan menghubungimu untuk konfirmasi pendaftaran dan langkah pembayaran. Kamu juga bisa bertanya-tanya lebih lanjut melalui customer service kami di 0878-5706-7313.


Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa baca Informasi Lengkap Adobe Bootcamp 2022.

Article Tag:

pelatihan video editing,software adobe,kelas online adobe premiere,kelas editing video online

Category:

Pengembangan Skill

Written By

author:Alisatul Aini

Alisatul Aini

Articles Info

author:Alisatul Aini

Alisatul Aini

Pelatihan Video Editing dengan Premiere Pro, After Effects, dan Animate

Posted: Thursday, Dec 23, 2021

Updated: Tuesday, Jan 18, 2022

Article Tag:

pelatihan video editing,software adobe,kelas online adobe premiere,kelas editing video online

Category:

Pengembangan Skill

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.