logo

Prospek Karier Video Editor, Profesi Menjanjikan di Industri Kreatif

Industri kreatif merupakan salah satu industri yang terus berkembang dengan sangat pesat, terutama saat transformasi digital semakin diakselerasi seperti sekarang ini. Untuk memutuskan apakah profesi ini bisa kamu pilih sebagai jalur karier pilihanmu, ini dia prospek karier Video Editor yang merupakan sebuah profesi menjanjikan di industri kreatif!

Posted: Friday, Oct 08, 2021

Updated: Tuesday, Aug 16, 2022

author:Alisatul Aini

Alisatul Aini

| Posted: Friday, Oct 08, 2021

Share:

Prospek Karier Video Editor, Profesi Menjanjikan di Industri Kreatif cover

Industri kreatif merupakan salah satu industri yang terus berkembang dengan sangat pesat, terutama saat transformasi digital semakin diakselerasi seperti sekarang ini. Semua orang berlomba-lomba untuk dapat menyampaikan pesan secara optimal kepada target audiensnya, salah satunya dengan memanfaatkan media visual.

Media visual yang paling banyak digunakan dan dinikmati oleh para pengguna internet adalah video. Menurut riset yang dilakukan oleh Optinmonster, sebanyak 72% orang lebih memilih untuk mempelajari sebuah produk atau jasa melalui video dan 84% orang yakin memutuskan untuk membelil suatu produk setelah menonton video dari brand terkait.

Jika kamu mengira bahwa Video Editor jarang dicari, maka kamu salah besar. Justru banyak perusahaan yang kini sangat membutuhkan kehadiran seorang Video Editor.

Untuk memutuskan apakah profesi ini bisa kamu pilih sebagai jalur karier pilihanmu, ini dia prospek karier Video Editor yang merupakan sebuah profesi menjanjikan di industri kreatif!

Peluang karier Video Editor

Bicara tentang peluang, seorang Video Editor bisa mencari peluang kerja tidak hanya dari lowongan pekerjaan penuh waktu di sebuah perusahaan, tetapi juga bisa menawarkan diri sebagai pekerja lepas atau freelance.

Jadi, tidak hanya desainer grafis dan penulis saja yang bisa freelancing, tetapi banyak perusahaan yang berkenan untuk memberikan project kepada Video Editor freelancers.

Kalau kamu ingin menjadi pekerja lepas, maka sangat penting untuk membentuk personal branding dan kompetensi diri yang cukup kuat. Susunlah portofoliomu selengkap dan semenarik mungkin agar banyak client yang tertarik untuk merekrutmu.

Baru mau memulai freelancing tetapi sama sekali belum ada pengalaman kerja? No worries. Kamu tetap bisa membuat protofoliomu ciamik dengan cara mengerjakan personal project terlebih dahulu. Kamu juga bisa mencoba bangun youtube channel dan publikasikan karyamu di sana.

Sedangkan bagi kamu yang lebih tertarik untuk bekerja full time di sebuah perusahaan, cobalah untuk baca baik-baik requirement yang ditetapkan oleh perusahaan, lalu pastikan kamu telah memiliki kualifikasi tersebut.

Peran Video Editor untuk Marketing sebuah Brand

Seperti yang sempat disebutkan di atas, ternyata peran suatu video untuk dapat mempengaruhi keputusan pembelian seseorang tergolong cukup kuat. Maka dari itulah strategi marketing tiap perusahaan pasti melibatkan produksi konten berbentu video agar bisa mendukung kampanye pemasaran mereka.

Setiap perusahaan pasti memiliki bagian marketing di dalamnya. Divisi ini pasti akan terus gencar memproduksi materi iklan untuk memasarkan barang dan jasa yang mereka tawarkan. Video merupakan salah satu media iklan yang paling powerful untuk menyampaikan pesan pada pelanggan.

Tetapi selain materi iklan, konten video juga sangat berguna untuk mencapai tujuan perusahaan lainnya, seperti membuat konten video penjelasan product knowledge, profil perusahaan, publikasi acara, dan lain sebagainya.

Selain itu, jenis dan bentuk video yang biasa diproduksi pun beragam seiring dengan perkembangan media sosial, mulai dari video untuk di youtube (kini bahkan jenis video Youtube Short semakin populer), TikTok, Instagram Story dan Instagram Reels, dan lain-lain.

Inovasi dan pembaruan ini membuktikan bahwa pengguna sangat membutuhkan dan menikmati konten berbentuk video, sehingga platform media sosial perlu untuk terus menciptakan fitur baru.

Karena tingkat kebutuhan yang tinggi inilah yang membuat kehadiran Video Editor sangat dinantikan di setiap tim marketing. Jika perusahaan tersebut ingin brandnya sukses, mereka pasti akan mencari seorang video editor.

Video Editor dibutuhkan di berbagai jenis industri

Meskipun tergolong sebagai profesi yang menjanjikan di industri kreatif, namun Video Editor juga pasti dibutuhkan di sektor industri lainnya, mulai dari pendidikan, manufaktur, hingga kesehatan.

Materi edukatif di bidang pendidikan dan kesehatan juga kini banyak yang diproduksi dalam bentuk video, seperti video untuk materi pembelajaran hingga video iklan layanan masyarakat cara pencegahan virus Covid-19.

Jika kamu berminat untuk memulai karier sebagai Video Editor, kamu perlu meningkatkan skill yang dibutuhkan agar bisa memaksimalkan peluang karier yang cukup besar ini.

Baik di industri kreatif maupun industri lainnya, kualifikasi dasar seorang Video Editor bisa dikatakan serupa, yaitu penguasaan editing tools seperti software edit video Adobe Premiere Pro yang telah digunakan di industri secara global.

MyEduSolve sebagai perpanjangan tangan dari Certiport, menyediakan sertifikasi internasional Adobe Certified Professional yang dilengkapi dengan fasilitas GMetrix dan LearnKey, yaitu online platform yang berisi simulasi tes dan materi pembelajaran yang dapat membantu Anda untuk lulus ujian.

Sign up sekarang juga di website MyEduSolve lalu ke halaman Shop untuk mempelajari lebih lanjut mengenai sertifikasi yang ingin Anda ambil!

Article Tag:

Video editor,video editing,industri kreatif,adobe premiere pro

Category:

Kreatif

Written By

author:Alisatul Aini

Alisatul Aini

Articles Info

author:Alisatul Aini

Alisatul Aini

Prospek Karier Video Editor, Profesi Menjanjikan di Industri Kreatif

Posted: Friday, Oct 08, 2021

Updated: Tuesday, Aug 16, 2022

Article Tag:

Video editor,video editing,industri kreatif,adobe premiere pro

Category:

Kreatif

Share:

294

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.