Strategi Mencantumkan Sertifikat di CV Untuk Melamar Kerja

Sebenarnya, sertifikat webinar bisa dimasukkan ke CV gak, ya? Bagaimana dengan sertifikat bootcamp atau kursus online? Bagaimana cara mencantumkannya di CV? Yuk, cari jawabannya melalui artikel di bawah ini.

Posted: Friday, Dec 17, 2021

Updated: Wednesday, Oct 05, 2022

author:Alisatul Aini

Alisatul Aini

| Posted: Friday, Dec 17, 2021

Share:

Strategi Mencantumkan Sertifikat di CV Untuk Melamar Kerja cover

Saat melamar kerja, CV atau resume diibaratkan sebagai amunisi utama agar bisa lolos ke tahap interview. Maka dari itu, kamu harus mempersiapkan diri sebaik mungkin, salah satunya adalah dengan mencantumkan sertifikat di CV.

Mengapa sertifikat? Karena sertifikat berfungsi sebagai bukti yang valid dan terpercaya atas keahlian atau partisipasi yang dapat mendukung kualifikasi diri.

Supaya kamu bisa meningkatkan peluang lolos seleksi, baca artikel ini sampai habis untuk mengetahui strategi untuk memaksimalkan sertifikat yang kamu miliki!

Apa Saja Jenis Sertifikat Untuk Kerja?

Ada dua hal yang bisa kamu tambahkan ke dalam CV atau resume, yaitu sertifikat dan sertifikasi. Bagi kamu yang belum tahu, sertifikat dan sertifikasi merupakan dua hal yang berbeda, namun keduanya tetap bisa menambah kredibilitas dirimu.

Meskipun begitu, kamu tetap harus pintar-pintar dalam memilih mana yang bisa kamu cantumkan dan mana yang sebaiknya tidak perlu dicantumkan.

Kamu bisa bertanya kepada diri sendiri, melalui tiga pertanyaan di bawah ini sebelum memutuskan untuk mencantumkan daftar sertifikat atau sertifikasi yang kamu miliki:

  1. Apakah sertifikat ini relevan?
  2. Apakah sertifikat ini banyak dicari?
  3. Apakah sertifikat ini penting di industri yang saya lamar?

Pertanyaan yang sering ditanyakan adalah, apakah sertifikat peserta webinar atau workshop bisa dimasukkan ke dalam CV? Jawabannya adalah bisa, tetapi sebagian besar recruiter nampaknya tidak terlalu memperhitungkan sertifikat peserta dibandingkan sertifikasi atau jenis sertifikat lainnya.

Mengapa demikian? Sertifikat webinar atau workshop memang bisa menandakan bahwa kita telah memperoleh pengetahuan baru, namun belum tentu dapat menambah kompetensi yang dibutuhkan.

Sedangkan, sertifikat lainnya seperti volunteer atau magang bisa menunjukkan bahwa kita mendapatkan tambahan pengalaman profesional. Hal serupa juga berlaku pada sertifikat bootcamp dan kursus online yang mengharuskan peserta untuk memenuhi standar tertentu untuk memperoleh sertifikat penyelesaiannya.


Baca Juga: 6 Tips Membuat Portfolio yang Menarik dan Dilirik Rekruter

Cara Menulis Sertifikat atau Sertifikasi dalam CV

Sertifikasi kompetensi

Pertama-tama, mari kita bahas cara menulis sertifikasi di dalam CV. Kamu bisa mencantumkannya di bagian terpisah, seperti caramu menambahkan bagian Skill atau Experience.

Informasi mengenai sertifikasi yang perlu kamu cantumkan di antaranya adalah:

  • Nama sertifikasi
  • Nama lembaga penerbit sertifikasi
  • Tanggal atau tahun berlaku sertifikasi

Contoh:


Alt image: Penulisan Sertifikasi di CV

Sumber: Careeraddict.com

Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan meng-highlight sertifikasi tersebut di bagian deskripsi diri. Misalnya:

My name is Vincenzo Cassano, I graduated from University of X with a Visual Communication Design degree. I have been very passionate in the visual design industry and able to demonstrate my skills and proficiency in Graphic Design and Animation. I am certified in Adobe Certified Professional.

Baca Juga: Seberapa Pentingkah Memiliki Sertifikasi untuk Freelance?

Sertifikat Magang atau Volunteer

Selanjutnya, jika kamu ingin mencantumkan sertifikat magang atau volunteer, kamu cukup menjelaskannya di kolom Experience atau Pengalaman sekaligus beri deskripsi singkat mengenai job description atau pencapaianmu.

Sertifikat Bootcamp atau Kursus Online

Bagaimana dengan sertifikat bootcamp atau kursus online? Sama seperti sertifikasi, sebaiknya kamu cantumkan di bagian yang berbeda. Informasi yang perlu kamu cantumkan di antaranya adalah:

  • Nama bootcamp/kursus online
  • Penyelenggara bootcamp/kursus online
  • Rangkuman yang kamu pelajari dari bootcamp/kursus online

Contoh:

Adobe Bootcamp--MyEduSolve (Januari-Februari 2022): Developed skills and understanding of fundamental design principles to use advanced tools on Adobe Photoshop to create attractive brochures, collages, photographs, newsletter, and other visual design techniques. Used this course to optimize my project on X company for boosting their marketing strategy.

Cara Memperoleh Sertifikat atau Sertifikasi untuk di CV

Setelah mengetahui sertifikat dan sertifikasi apa saja yang bisa berguna untuk CV atau resume-mu, kini saatnya kamu berjuang untuk memperoleh bukti atas kompetensimu supaya bisa bersaing saat proses rekrutmen.

Salah satu program yang bisa membantumu mencantumkan pengalaman bootcamp sekaligus sertifikasi kompetensi adalah Adobe Bootcamp.

Adobe Bootcamp merupakan pelatihan online yang dirancang oleh MyEduSolve bagi para kreator muda Indonesia yang ingin memulai karier profesional di industri kreatif sebagai Visual Designer maupun Video Editor.

Yang membedakan bootcamp ini dengan bootcamp lainnya adalah peserta bisa mengikuti ujian sertifikasi Adobe Certified Professional yang sangat bermanfaat untuk menjadi bukti atas technical skill-mu terutama dalam penggunaan software Adobe Creative Clouds.

Baca Informasi Lengkap Adobe Bootcamp 2022 atau langsung daftarkan dirimu melalui bit.ly/AdobeBootcampMES. Nikmati potongan harga sebesar 20% sampai tanggal 27 Desember 2021!

Referensi

https://www.careeraddict.com/cv-certification. Diakses pada 11 Desember 2021.

https://novoresume.com/career-blog/resume-certifications Diakses pada 11 Desember 2021.

https://www.indeed.com/career-advice/resumes-cover-letters/how-to-list-online-courses-on-resume-examples. Diakses pada 11 Desember 2021.

Article Tag:

sertifikat di CVsertifikat untuk kerja,sertifikasi dalam CV,sertifikat bootcamp

Category:

Pencarian Kerja

Written By

author:Alisatul Aini

Alisatul Aini

Articles Info

author:Alisatul Aini

Alisatul Aini

Strategi Mencantumkan Sertifikat di CV Untuk Melamar Kerja

Posted: Friday, Dec 17, 2021

Updated: Wednesday, Oct 05, 2022

Article Tag:

sertifikat di CVsertifikat untuk kerja,sertifikasi dalam CV,sertifikat bootcamp

Category:

Pencarian Kerja

Share:

1,019

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.