Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Mengetahui CAD Designer dan Skill yang Diperlukan

Mari ketahui apa itu CAD Designer dan apa saja skill yang diperlukan!

Posted: Wednesday, Feb 01, 2023

Share:

Mengetahui CAD Designer dan Skill yang Diperlukan cover

Apakah kamu tertarik bekerja di bidang konstruksi dan teknik?


Bekerja di bidang konstruksi dan teknik perlu pengetahuan yang luas mengenai bagaimana merencanakan membuat mobil hingga gedung pencakar langit.


Tentunya agar proses perencanaan tersebut bisa lancar, perlu juga seseorang yang memiliki keahlian khusus dalam mendesain sketsa di program komputer yang sangat kompleks, yaitu CAD Designer.


Baru pertama kali mendengar profesi ini? Tenang saja, MESFriend! Kali ini MyEduSolve akan menjelaskan kepadamu mulai dari definisi aplikasi CAD itu apa hingga menelusuri skill apa saja yang diperlukan agar bisa menjadi seorang CAD Designer.


Maka dari itu, simak penjelasannya berikut ini, ya!


Apa Itu CAD

TechTarget menjelaskan, aplikasi CAD adalah software yang berbasis komputer untuk membantu proses desain.


CAD adalah singkatan dari computer-aided design, dimana software tersebut sering digunakan oleh para insinyur dan desainer untuk membuat gambar 2D bahkan 3D.


Selain itu, salah satu keuntungan menggunakan CAD adalah: 

  1. Mengoptimalkan dan merampingkan alur kerja seorang desainer

  2. Meningkatkan produktivitas

  3. Meningkatkan kualitas serta tingkat detail dalam desain

  4. Meningkatkan communication documentation

  5. Dapat berkontribusi terhadap database pada desain manufaktur


Baca juga: Memahami Fungsi dan Cara Membuat Template AutoCAD


Apa Itu CAD Designer

Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang apa itu CAD, sekarang mari kita mengetahui lebih lanjut profesi CAD Designer tersendiri.


Menurut Betterteam, CAD Designer adalah sebuah profesi yang menggunakan software komputer untuk menghasilkan sketsa gambar yang kompleks.


Tugas CAD Designer dapat membantu menetapkan jadwal, anggaran, bahkan dapat membantu berbagai departemen dalam mengambil keputusan saat menjalankan proyek besar.


Selain itu, CAD Designer membuat sketsa desain untuk membuat gambar 2D atau dikenal sebagai proses pemodelan permukaan, hingga gambar 3D atau pemodelan solid.


Oleh karena itu, seorang CAD Designer perlu keterampilan komputer yang bagus serta pemahaman yang baik mengenai berbagai software desain.


Skill yang Diperlukan

Kamu sekarang sudah mengetahui pengertian CAD dan profesi CAD Designer itu apa, sekarang mari ketahui skill apa saja yang harus kamu kuasai jika ingin terjun ke pekerjaan ini!


Jika ingin menjadi seorang CAD Designer, kamu perlu menguasai soft skill dan hard skill berikut ini:


  1. Berpikir kritis

Soft skill pertama yang harus kamu kuasai adalah cara berpikir kritis.


Dengan memiliki kemampuan berpikir kritis dapat membantu kamu mengidentifikasi masalah yang terjadi pada proyek melalui rencana serta desain.


  1. Berorientasi kepada detail

Sebagai desainer dan insinyur, memiliki kemampuan melihat sesuatu dengan detail sangat penting untuk dilakukan.


Mengapa bisa begitu? Karena saat memperhatikan hal detail secara cermat dapat membuat rencana proyek jadi lebih akurat dengan spesifikasi yang diuraikan secara jelas.


Sebagai contoh, seorang CAD designer yang membuat blueprint layout toko retail harus sangat akurat dan presisi dalam melakukan pengukuran, perbandingan ukuran, dan hubungan spasial antara berbagai elemen seperti dinding, pintu, jendela, rak display, meja kasir, dan lain-lain. Kesalahan kecil dalam pembuatan blueprint dapat berdampak besar pada pelaksanaan fisik toko retail.


  1. Keterampilan interpersonal yang baik

Seorang CAD Designer akan sering bekerja sama dengan arsitek, insinyur, dan desainer agar rencana proyek bisa selesai secara akurat.


Ini tentunya membutuhkan kemampuan untuk bisa menerima kritik dan nasehat yang membangun, serta bisa menawarkan solusi masalah yang tepat.


  1. Manajemen waktu

Memiliki manajemen waktu yang baik harus dimiliki seorang CAD Designer.


Bekerja secara efisien di tengah tenggat waktu yang ketat dengan menghasilkan output yang sesuai adalah hal yang perlu dilakukan oleh CAD Designer.


Baca juga: Mengenal Computer Aided Design: AutoCAD


  1. Keterampilan matematika

CAD Designer perlu perhitungan yang tepat dalam membuat sebuah desain.


Bekerja dengan gambar teknis memerlukan perhitungan matematika seperti sudut, bobot, hingga biaya proyek.


  1. AutoCAD

CAD Designer tentunya harus memiliki pemahaman yang baik mengenai berbagai software desain komputer, salah satunya adalah AutoCAD.


AutoCAD adalah software komputer khusus untuk menghasilkan gambar, blueprint, rencana, serta dokumen desain yang bisa digunakan di berbagai bidang seperti desain elektronik, arsitektur, konstruksi, teknik, dan masih banyak lagi.


AutoCAD sangatlah populer karena software tersebut paling sering digunakan untuk pengerjaan CAD dibanding yang lain serta bisa digunakan di berbagai industri.


Maka dari itu, kamu perlu mempelajarinya melalui sertifikasi Autodesk Certified User dari MyEduSolve agar bisa terjun menjadi seorang CAD Designer.


Mulai dari harga 1 Jutaan, kamu bisa mendapatkan sertifikasi Autodesk Certified User yang telah diakui secara internasional, lho!


Jadi tunggu apa lagi? Mari tingkatkan skill AutoCAD kamu, yuk!

Related Tags

CAD Designer
AutoCAD

2,998

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.