Mengenal Computer Aided Design: AutoCAD

Para penggemar teknologi dan IT tentu sudah mengenal Autocad. Sebenarnya, apa itu Autocad? Autocad merupakan perangkat lunak komputer CAD yang digunakan untuk menggambar 2D dan 3D yang dikembangkan oleh Autodesk. Software ini sendiri telah tersedia dalam 14 bahasa yang sudah tersebar hampir di seluruh dunia.

Posted: Wednesday, May 25, 2022

Updated: Tuesday, Nov 29, 2022

author:Aldy Immanuel Admin

Aldy Immanuel

| Posted: Wednesday, May 25, 2022

Share:

Mengenal Computer Aided Design: AutoCAD cover

Mengenal Computer Aided Design: AutoCAD

Banyak software komputer yang berkembang seiring banyaknya teknologi yang bermunculan pada saat ini. Namun pada kali ini, kita akan membahas secara lebih spesifik lagi mengenai software AutoCAD. Bagi para penggemar teknologi dan IT tentu sudah mengenal software AutoCAD. Sebenarnya, apa itu AutoCAD? AutoCAD merupakan software komputer CAD yang digunakan untuk menggambar 2D dan 3D yang dikembangkan oleh Autodesk. Software ini sendiri telah tersedia dalam 14 bahasa yang sudah tersebar hampir di seluruh dunia.

1. Kegunaan AutoCAD secara umum

AutoCAD ini sendiri dirancang secara lebih terkhusus kepada para arsitek, engineers, dan para professional kontstruktor. Fasilitas yang disediakan dalam software AutoCAD guna membantu mereka dalam bekerja yaitu : 

Membuat desain dan anotasi. Anotasi merupakan sebuah keterangan tambahan yang dibentuk dalam berbagai bahasa. Desain dan anotasi ini kemudian akan menghasilkan sebuah karya dalam bentuk 2 dimensi serta 3 dimensi dengan benda padat, permukaan yang nyata terlihat dan detail lainnya dalam karya yang bersangkutan. 

Automate tasks. Software AutoCAD memberikan kemudahan kepada kita yang menginginkan pekerjaan ringan agar bisa dikerjakan secara otomatis oleh mesin. Contoh pekerjaan yang ada yaitu membandingkan dua atau beberapa gambar, menghitung suatu objek, menambahkan beberapa blok, membuat jadwal suatu proses dan lain lain. 

Membuat ruang kerja yang bisa dimodifikasi sendiri. Hal ini diciptakan agar proses produksi yang ada bisa berjalan lebih lancar dan efisien tanpa perlu melibatkan banyak pihak didalamnya. 

2. Kelebihan AutoCAD

Tentu saja kita tahu kalau setiap produk yang ada memiliki kelebihan yang dipasarkan agar konsumen semakin tertarik dengan produk tersebut. Sama dengan software AutoCAD yang memberikan kita beberapa kelebihan didalamnya. Kelebihan tersebut dibagi menjadi 3 konsep besar yang menawarkan kita bagaimana AutoCAD memang mampu membantu kita dalam melakukan pekerjaan. 

Kelebihan yang pertama ialah kita dapat menggunakan software AutoCAD dimana saja. Hal ini dalam artian bahwa AutoCAD tersedia dalam berbagai macam bentuk gadget dimulai dari laptop (desktop) sampai dengan ponsel yang kita gunakan setiap hari. Fitur yang ada juga mudah digunakan sehingga kita tidak perlu kebingungan ketika menggunakan AutoCAD dalam bentuk apapun. 

Selanjutnya, AutoCAD memudahkan kita dalam menentukan dan membuat alur proses kerja. Software AutoCAD yang diperbaharui sekarang, memberikan kemudahan dengan menyediakan fitur bekerja sama dalam satu tim. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa satu projek yang dikerjakan dalam AutoCAD bisa dimasuki oleh beberapa user sehingga pekerjaan yang ada bisa berjalan lebih lancar dan cepat selesai. 

Kelebihan terakhir yang disediakan AutoCAD adalah, software ini menyediakan banyak fitur baru didalamnya sehingga projek pekerjaan bisa lebih mudah dikerjakan. Banyak tool-sets yang berhubungan dengan industrial yang baru saja ditambahkan sehingga gambaran projek yang dikerjakan bisa terlihat lebih nyata dan mudah memberikan bayangan atau gambaran kepada orang orang. 


Baca Juga: 5 Profesi di Bidang IT yang Paling Menjanjikan 

3. Produk AutoCAD

Sejak awal kita sudah membahas kelebihan AutoCAD beserta produknya namun kita belum membahas, apa saja produk AutoCAD jika dijelaskan lebih detail dan spesifik lagi. Produk AutoCAD dibagi menjadi 3 jenis atau bidang besar yang memudahkan konsumen untuk membeli dan mendownload software ini. Produk yang ada yaitu sebagai berikut : 

Architecture, Engineering and Construction. Produk ini memberikan kemudahan dan spesifik ditujukan kepada fitur yang memudahkan pengguna membuat bayangan atau gambaran secara garis besar, projek seperti apa yang ingin mereka bangun. Isi dalam produk ini sendiri menyediakan BIM tools, termasuk Revit, AutoCAD, dan Civil 3D. Produk ternama yang ada dalam bidang ini adalah AutoCAD, AutoCAD LT, Revit, Civil 3D, dan BIM Collaborate Pro.

Product Design and Manufacturing. Bidang ini mengkhususkan fitur yang dibutuhkan dalam manufacturing produksi dan sebagaimana pentingnya alat yang dibutuhkan dalam membuat desain produk. Profesional CAD/CAM terbentuk dalam Inventor dan AutoCAD itu sendiri. Produk ternama yang dimiliki bidang ini adalah Inventor, AutoCAD, dan Fusion 360. 

Media and Entertainment. Software AutoCAD di bidang ini menyediakan lebih kepada bagaimana sebuah karya dihasilkan dalam bentuk visual yang menarik mata dan perhatian masyarakat. Content Creator bisa menjadi salah satu target pasar dalam produk bidang ini. Entertainment ini menyediakan beberapa alat seperti 3ds Max dan Maya. Produk ternama yang ada adalah Maya, 3ds Max dan ShotGrid. 


Setelah melihat fungsi dan kelebihan dari software AutoCAD kamu bisa asah dengan sertifikasi Autodesk AutoCAD bersama dengan MyEduSolve. Sertifikasi Pengguna Bersertifikat Autodesk di AutoCAD memvalidasi keterampilan tingkat awal yang diperlukan untuk menggunakan perangkat lunak AutoCAD secara efektif. Pengetahuan yang didemonstrasikan termasuk membuat atau merencanakan gambar, mengedit objek, bekerja dengan tata letak. Akan sesuai dengan kamu yang sekarang merupakan mahasiswa teknik untuk meningkatkan kemampuan kamu lebih lagi. MyEduSolve akan siap membantu kamu mewujudkan impian kamu menjadi seorang profesional yang handal dengan sertifikasi internasional yang resmi dari Autodesk. 

Article Tag:

AutoCADTeknologiSoftware AutoCAD

Category:

Teknologi

Written By

author:Aldy Immanuel Admin

Aldy Immanuel

Articles Info

author:Aldy Immanuel Admin

Aldy Immanuel

Mengenal Computer Aided Design: AutoCAD

Posted: Wednesday, May 25, 2022

Updated: Tuesday, Nov 29, 2022

Article Tag:

AutoCADTeknologiSoftware AutoCAD

Category:

Teknologi

Share:

1,127

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.