Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Mengenal Manajemen Waktu dan Cara Melakukannya

Pernah merasa waktu dalam sehari-mu kurang? Mari ketahui cara manajemen waktu yang baik!

Posted: Thursday, Oct 13, 2022

Share:

Mengenal Manajemen Waktu dan Cara Melakukannya cover

Mempunyai kemampuan mengolah manajemen waktu adalah skill yang sangat penting dalam dunia kerja, karena saat kamu dapat menguasai kemampuan tersebut akan berdampak kepada performa kerja serta kehidupan pribadimu. Ingin tahu bagaimana caranya melakukannya? MyEduSolve akan memberikan jawabannya dengan membahas apa itu manajemen waktu dan bagaimana caranya kamu bisa mengaplikasikannya. Simak terus artikel ini, ya!


Apa Itu Manajemen Waktu?

Tony Robbins berkata bahwa manajemen waktu adalah kemampuan kamu untuk bisa menggunakan waktu secara efektif. Hasil yang diberikan jika menggunakan waktu secara efektif akan membuat dirimu menjadi semakin produktif dan juga menyelesaikan tugas harian, sehingga menemukan tujuan hidupmu yang lebih besar.


Mempelajari manajemen waktu bukanlah hanya menuliskan daftar pekerjaan yang harus dikerjakan. Melainkan berbagai elemen sifat harus dilakukan meliputi:


  1. Bisa menetapkan goals

  2. Fokus saat mengerjakan pekerjaan

  3. Dapat mengatur dan memprioritaskan pekerjaan

  4. Pandai berkomunikasi dan mendelegasikan sebuah pekerjaan


Baca juga: Apa itu Personal Branding dan Manfaatnya dalam Dunia Kerja


Manfaat Manajemen Waktu

Banyak manfaat yang akan kamu dapatkan jika menerapkan manajemen waktu yang baik. Seperti meningkatkan produktivitas, kesehatan mental, dan lain-lain. Berikut penjelasan lengkapnya:


  1. Bisa Menurunkan Tingkat Stres

Saat kamu memiliki manajemen waktu yang baik, kamu akan mengurangi tingkatan stres dan cemas saat bekerja. Mengapa bisa begitu? Dengan kamu mengetahui apa yang harus dilakukan dan selesai pada hari tertentu, kamu dapat melihat progres yang lebih jelas sehingga mengurangi rasa khawatirmu.


  1. Waktu Luang Jadi Lebih Banyak

Dengan mempunyai manajemen waktu yang baik, kamu jadi lebih cepat menyelesaikan pekerjaan dan mempunyai waktu ekstra yang bisa digunakan seperti hobi, istirahat, atau pergi bersama orang terdekat.


  1. Meningkatkan Citra Positif

Kamu dapat meningkatkan penilaian positif saat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Citra kamu di mata bos, klien, hingga rekan kerja akan jadi lebih baik dan menganggap kamu bisa sangat diandalkan untuk mengerjakan sebuah tugas.


Baca juga: Apa Itu Passion dan Cara Menemukannya?


Cara Manajemen Waktu yang Baik

Sebelumnya kita sudah menjelaskan manfaat jika mempunyai kemampuan manajemen waktu yang baik. Sekarang mari kita jelaskan 3 cara yang bisa kamu lakukan agar punya skill manajemen waktu. Berikut caranya:


  1. Memulai Dengan Buat To-do-List

To-do-list sangat berguna untuk bisa mengetahui apa yang harus dikerjakan dan diselesaikan di hari tertentu, kemudian bisa mengatur skala prioritas setiap tugasnya, hingga menetapkan batas waktu dalam mengerjakan tugas.


  1. Meminimalisir Multitasking 

Menurut Startup Talky, saat kamu melakukan multitasking saat bekerja ternyata dapat menurunkan 40% produktivitas kerja. Multitasking akan membuat dirimu berganti-ganti mengerjakan tugas dan hasilnya tidak optimal, sehingga lebih baik mengerjakan task satu per satu.


  1. Kurangi Distraksi

Pastinya saat kamu bekerja, banyak distraksi yang tiba-tiba ada seperti notifikasi WhatsApp, E-Mail, dan lain-lain. Distraksi tersebut akan berdampak ke manajemen waktumu, sehingga akan berdampak ke produktivitas kerja. Alangkah lebih baik jika meluangkan waktu khusus untuk cek semua aplikasi tersebut dalam satu waktu.


Itu dia pengertian manajemen waktu dan cara untuk melakukannya, MESFriend! Jika kamu suka dengan artikel seperti ini, kamu bisa cek artikel seru lainnya tentang karier dan kesehatan mental melalui Blog MyEduSolve, ya!

Articles Info

author:undefined
Kenanga Admin

Mengenal Manajemen Waktu dan Cara Melakukannya

Posted: Thursday, Oct 13, 2022

Updated: Tuesday, Apr 23, 2024

Related Tags

Manajemen Waktu
MyEduSolve

3,218

Recommended Articles