Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Adobe Dreamweaver untuk Buat Website

Bagi kamu yang saat ini sedang belajar buat website, perlu ketahui apa kelebihan dan kekurangan jika menggunakan software Dreamweaver.

Posted: Friday, Dec 16, 2022

Share:

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Adobe Dreamweaver untuk Buat Website cover

Adobe Dreamweaver adalah salah satu software terpercaya untuk kamu yang ingin belajar membuat website.


Salah satu fungsi Adobe Dreamweaver yang paling disenangi oleh pengguna adalah interface yang mudah dimengerti untuk pemula dan bahkan tidak perlu memahami secara dalam bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, JavaScript, dan masih banyak lagi.


Tapi, apakah kamu sudah mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangannya jika kamu menggunakan Dreamweaver saat membuat website?


MyEduSolve akan membahas topik tersebut dalam artikel ini, jadi simak penjelasannya di bawah ini.


Kelebihan Adobe Dreamweaver

Belajar membuat website bukanlah urusan yang mudah, untuk itu sebelum kamu memulainya ada baiknya kamu mengetahui apa kelebihan dari menggunakan software Adobe Dreamweaver, yaitu:


  1. Kemampuan membuat website yang konsisten

Saat kamu menggunakan Dreamweaver untuk pertama kali, kamu dapat dimanjakan dengan beragam template yang disediakan dan bisa digunakan.


Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi kamu yang sedang belajar membuat desain web sendiri, sehingga kamu bisa membuat sebuah web dengan gaya halaman yang sama dan konsisten.


Baca juga: Harus Tahu! Berikut Fungsi Adobe Dreamweaver untuk Pemula


  1. Penggunaan yang mudah dan efisien

Adobe Dreamweaver bisa digunakan tidak hanya untuk orang yang sudah berpengalaman di dunia web design, tapi untuk kamu yang pemula pun juga bisa menggunakannya secara mudah.


Bagi kamu yang belum mengerti bahasa pemrograman, kamu langsung bisa membuat halaman web dengan click atau drag and drop mouse ke lembar kerja.


Selain itu, kamu juga bisa langsung melihat halaman HTML bersamaan dengan proses desain, atau biasa disebut “What You See Is What You Get.”


  1. Mudah mengupload melalui FTP

File Transfer Protocol (FTP) adalah sebuah sistem yang berfungsi untuk transfer file komputer antar perangkat dalam suatu jaringan.


Dreamweaver sudah dilengkapi oleh sistem FTP ini, sehingga jika sudah selesai membuat website kamu dapat menguploadnya langsung melalui sistem tersebut.


  1. Bisa disesuaikan sesuai kebutuhan

Menggunakan Dreamweaver sangat memudahkan kamu untuk berkreasi sesuka hati.


Membuat menu, tab, perintah, font dan warna semua kode bisa kamu sesuaikan sesuai kebutuhanmu.


Selain itu, Dreamweaver juga didukung oleh berbagai plugin yang sangat memudahkan kamu dalam proses pembuatan website.


Kekurangan Adobe Dreamweaver

Jika sebelumnya sudah menjelaskan tentang kelebihan dalam menggunakan Adobe Dreamweaver, kali ini mari ketahui apa saja kekurangannya saat kamu menggunakan software ini:


  1. Software yang tidak berbasis browser

Adobe Dreamweaver merupakan software yang berbasis aplikasi, tidak browser.


Terkadang hal ini bisa berdampak kepada penafsiran coding yang berbeda saat di browser, sehingga apa yang kamu rencanakan dan buat dalam aplikasi bisa muncul berbeda saat tampil di browser.


Baca juga: Wajib Tahu! Cara Membuat Website Dreamweaver untuk Pemula


  1. Butuh waktu untuk mempelajari interface

Walaupun sebenarnya software Dreamweaver bisa dibilang sangat ramah untuk pemula, tapi nyatanya kamu juga perlu waktu untuk mempelajari keseluruhan interface yang ada.


Tergantung pada file yang kamu buat, kamu bisa melihat lebih dari 50 fungsi dan tools yang berbeda saat membuka software tersebut, jadi perlu waktu untuk bisa memahaminya.


  1. Beberapa tools yang tersedia mungkin akan jarang digunakan

Dreamweaver dirancang untuk membantu orang sebanyak mungkin agar dapat membuat website.


Oleh karena itu, terkadang pengguna merasa banyak tools yang diberikan oleh software tersebut akan jarang digunakan karena terlalu general dalam penggunaannya.


Demikian penjelasannya, MESFriend! Kamu ingin makin jago dalam menggunakan Adobe Dreamweaver? Segera ikut dan daftar sertifikasi Adobe dari MyEduSolve!

 

Mulai dari harga 1 Jutaan, kamu bisa mendapatkan sertifikasi Adobe Certified Professional yang telah diakui secara internasional, lho!

 

Jadi tunggu apa lagi? Mari tingkatkan skill Adobe Dreamweaver kamu, yuk!


Related Tags

Adobe Dreamweaver

4,029

Recommended Articles

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.