Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Cara Menghapus Page Break Di Word dengan Mudah!

Apakah halaman yang sudah dipisahkan dengan page break dapat dihapus? Simak artikel berikut untuk mengetahuinya!

MyEduSolve menyediakan ujian sertifikasi internasional dan pelatihan resmi untuk keperluan individu, perusahaan, serta institusi pendidikan.

Posted: Sunday, May 29, 2022

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Cara Menghapus Page Break Di Word dengan Mudah! cover

Page break sering digunakan dalam pembuatan dokumen penting, baik untuk tujuan pendidikan maupun profesional. Mungkin kamu sudah mengetahui cara untuk menyisipkan page break. Namun, apakah kamu tahu cara menghapus page break di Word?


Artikel ini akan menjelaskan cara menghapus page break di Word dengan mudah. Sebelum masuk ke pembahasan utama, yuk pahami terlebih dahulu apa itu page break dan juga fungsinya.

Pengertian Page Break

Page break dapat diterjemahkan sebagai pemisah halaman. Page Break di Microsoft Word adalah fitur yang digunakan untuk memberikan sekat atau pemisah antar halaman di dalam Microsoft Word secara cepat. Kamu dapat memisahkan paragraf atau tulisan tanpa harus melalui proses copy paste dari halaman yang satu ke halaman yang lainnya.

Apa fungsi dari Page Break?

Fungsi Page Break adalah untuk memisahkan konten dokumen ke halaman baru. Page break juga sering digunakan untuk membuat format nomor halaman yang berbeda. Kamu dapat membagi halaman yang harus menggunakan format halaman dengan angka romawi dan halaman mana yang perlu menggunakan angka bilangan.


Contohnya, saat menulis skripsi, kamu pasti memiliki beberapa format halaman yang berbeda. Bagian halaman depan seperti kata pengantar, daftar isi, hingga abstrak menggunakan format halaman angka romawi. Memasuki bagian pendahuluan, kamu harus menggunakan format halaman angka bilangan.


Page break dapat memudahkan kamu untuk membuat format halaman yang berbeda sesuai dengan kebutuhan. Lalu, bagaimana cara menggunakan page break?

Cara Menggunakan Page Break

Cara penggunaan page break sangatlah mudah. Kamu hanya perlu masuk ke dalam menu Insert, pilih Page Break, lalu tekan Ctrl + Enter pada keyboard kamu. Pastikan kamu sudah menyesuaikan kursor pada bagian teks atau halaman yang ingin disekat.

Baca juga: Ketahui 5 Cara Membuat Background Di Word

Cara Menghapus Page Break Di Word 

Apakah halaman yang sudah dipisahkan dengan page break dapat disatukan kembali atau dihapus? Jawabannya tentu saja bisa. Kamu hanya perlu mengikuti salah satu dari kedua cara di bawah ini, yaitu:

1. Menggunakan Shortcut 

Cara pertama yang dapat kamu gunakan untuk menghapus page break di Microsoft Word dengan mudah adalah dengan menggunakan shortcut atau cara cepat. Kamu hanya perlu menuju ke halaman yang sudah dipisahkan dengan page break, klik dua kali pada halaman tersebut, kemudian tekan tombol delete.


Sebagai contoh, kamu sudah memisahkan tulisan dari halaman 1 menuju ke halaman 2. Klik dua kali di bagian bawah teks yang sudah dipisahkan dengan page break pada halaman 1, lalu bagian yang kosong akan terblokir secara otomatis. Tekan tombol delete dan seluruh tulisan yang ada pada halaman 2 akan tergabung ke dalam halaman 1.

2. Menggunakan Find and Replace

Tahukah kamu apa itu fitur find and replace di dalam Microsoft Word? Fitur ini dapat membantu kamu untuk mencari kata tertentu, kemudian diganti dengan kata yang baru. Biasanya fitur find and replace digunakan untuk mengganti kata yang digunakan dalam jumlah yang banyak.


Kamu dapat menggunakan fitur ini untuk menghapus page break. Bagaimana caranya? Tekan tombol Ctrl + H pada keyboard kamu, lalu fitur Find and Replace akan muncul.


Selanjutnya, isi kolom Find dengan ^m, kosongkan bagian kolom Replace, lalu klik Replace All. Halaman page break akan hilang dari dokumen Microsoft Word kamu. 


Baca juga: 3 Cara Mengatur Spasi Di Word Agar Sesuai Kebutuhan


Mudah sekali bukan cara untuk menghapus page break di Microsoft Word? Selain page break, masih banyak fitur lainnya yang perlu kamu pelajari di dalam Microsoft Word.


Kamu tentu sudah memahami bahwa software Microsoft akan selalu digunakan hingga ke dunia profesional. Skill menggunakan Microsoft Office menjadi salah satu poin penting yang dicari oleh perusahaan.


Baca juga: Kenali Microsoft Office Specialist, Sertifikasi Wajib Saat Kerja


Maka dari itu, gali kembali kemampuanmu dalam menggunakan Word dan ikuti program sertifikasi Microsoft Word yang tersedia di MyEduSolve!


Kamu juga bisa mengikuti program sertifikasi Microsoft lainnya, yaitu Microsoft Office Specialist. Kamu akan mempelajari kemampuan tingkat tinggi untuk menggunakan Microsoft Word, Microsoft PowerPoint, dan Microsoft Excel.

Yuk, daftarkan diri kamu sekarang juga di MyEduSolve!


Articles Info

author:MyEduSolve Update
MyEduSolve Update

Cara Menghapus Page Break Di Word dengan Mudah!

Posted: Sunday, May 29, 2022

Updated: Wednesday, Apr 24, 2024

Related Tags

cara menghapus page break di word

77,223

Recommended Articles

Relevant Certifications

Word Expert (Office 2019) Certification

Rp 0

Word Associate (Office 365 or Office 2019) Certification

Rp 0