Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Kenali Microsoft Office Specialist, Sertifikasi Wajib Saat Kerja

Baru mendengar istilah Microsoft Office Specialist? Baca artikel ini untuk memahami pengertian, manfaat, bentuk soal ujian, hingga biaya ujian sertifikasi Microsoft Office Specialist.

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Monday, Jan 10, 2022

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Kenali Microsoft Office Specialist, Sertifikasi Wajib Saat Kerja cover

Sertifikasi Microsoft Office Specialist merupakan program sertifikasi skala internasional. Orang yang sudah memiliki sertifikat ini artinya sudah ahli dalam mengoperasikan semua program dari Microsoft Office untuk keperluan profesional.

Menurut riset Certiport, sekitar 90% hiring manager menjadikan sertifikasi sebagai kriteria utama saat perekrutan. Salah satu organisasi yang mengeluarkan sertifikasi secara resmi ialah Microsoft.

Selain MOS, Ada beberapa sertifikasi Microsoft yang sesuai dengan kebutuhan berbagai macam industri, seperti Microsoft Certified Fundamentals (MCF) untuk para calon praktisi di bidang cloud computing, data science dan artificial intelligence, dan Microsoft Certified Educator (MCE) untuk para calon tenaga pendidik yang ingin memiliki kompetensi dan skill penting di abad ke-21. Khusus di artikel kali ini, yuk kita pelajari MOS lebih dalam!

Apa Itu Microsoft Office Specialist?

Microsoft Office Specialist (MOS) adalah sebuah program sertifikasi yang akan menguji pemahaman dan penguasaan, serta kemahiran dalam menjalankan program-program Microsoft Office, yaitu Microsoft Powerpoint, Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Outlook, Microsoft Publisher, dan Microsoft Access.

Pada program sertifikasi Microsoft Office Specialist ini, terdapat tiga tingkat kemahiran yang bisa dipilih. Mulai dari tingkat dasar (associate), menengah (expert), dan paling mahir (master).

Mengapa sertifikasi Microsoft Office Specialist menjadi penting dan sangat disarankan? Pengguna Microsoft Office di seluruh dunia sangat banyak.  

Ini artinya program-program Microsoft Office sudah menjadi program utama yang digunakan orang-orang setiap hari untuk bekerja dan kegiatan produktivitas lainnya.  Maka dari itu, orang yang ahli dalam Microsoft Office akan dibutuhkan banyak perusahaan.

Baca juga: Seberapa Penting Menguasai Microsoft Office di Dunia Kerja? 

Tingkatan Kemahiran Microsoft Office Specialist

Berdasarkan data yang tercantum di laman resmi Microsoft, terdapat tiga level kemahiran yang ditawarkan Microsoft Office Specialist. Supaya bisa lulus dan mendapatkan sertifikat, Microsoft sudah menentukan standar kelulusannya di setiap level. Berikut penjabaran lebih jelasnya.

  1. Microsoft Office Associate

Untuk mendapatkan sertifikat di level yang paling dasar atau Microsoft Office Associate, kamu harus lulus tes pada empat kemahiran ini:

  • Microsoft Word

  • Microsoft Excel

  • Microsoft Powerpoint

  • Microsoft Outlook

 

  1. Microsoft Office Expert

Supaya bisa lulus dan mendapatkan sertifikat Microsoft Office Specialist di level menengah (Microsoft Office Expert), kamu wajib lulus tujuh tes berikut:

  • Microsoft Word

  • Microsoft Excel

  • Microsoft Powerpoint

  • Microsoft Outlook

  • Microsoft Word Expert

  • Microsoft Excel Expert

  • Microsoft Access Expert

 

  1. Microsoft Office Master

Microsoft Office Master menjadi tingkat sertifikasi tertinggi yang bisa dicapai peserta. Namun, untuk lulus dan memperoleh sertifikat, kamu harus bisa menyelesaikan bermacam-macam tes yang meliputi:

  •  Microsoft Word 2016 Expert: Creating Documents for Effective Communication

  • Microsoft Excel 2016 Expert: Interpreting Data for Insights

  • Microsoft Powerpoint 2016: Core Presentation Design and Delivery Skills

  • Microsoft Access 2016: Core Database Management, Manipulation, and Query Skills (opsional)

  • Microsoft Outlook 2016: Core Communication, Collaboration, and Email Skills (opsional)

Lalu, berapa lama masa berlaku sertifikatnya? Setiap level sertifikasi memiliki masa berlaku yang sama, yakni seumur hidup.

Kamu bisa memperpanjangnya secara gratis jika enam bulan sebelum masa kadaluarsa kamu melakukan asesmen dan menghubungkan dasbor sertifikasi dengan akun Microsoft Learn.

Jadi, setiap individu bisa mengambil ujian sertifikasi MOS untuk masing-masing program. Di bawah ini merupakan contoh jenis-jenis sertifikasi Microsoft Office Specialist di MyEduSolve yang bisa kamu pilih:

Microsoft Office Word: Associate

Microsoft Office Word: Expert

Microsoft Office Excel: Associate

Microsoft Office Excel: Expert

Microsoft Office PowerPoint: Associate

Seperti yang bisa dilihat, terdapat dua tingkatan sertifikasi Microsoft Office Specialist, yaitu Associate dan Expert. Materi yang akan diujikan tentu berbeda karena tingkat kesulitan yang juga berbeda.

Kamu bisa memilih tingkat kesulitan yang sesuai dengan kebutuhanmu. Kelebihannya adalah, kamu tidak perlu lulus ujian level Associate terlebih dahulu untuk mengambil level Expert.

Individu yang berhasil lulus ujian sertifikasi MOS dianggap telah memiliki 150 jam pengalaman langsung mengoperasikan program Microsoft. Hal inilah yang membuat nilai sertifikasi Microsoft Office Specialist sangat tinggi di mata para rekruter.

Baca Juga: Kenali Sertifikasi Internasional Bagi Tenaga Pendidik dari Microsoft 

Cara Mendapatkan Sertifikasi Microsoft Office Specialist

Kamu harus daftar ujian di lembaga tertentu yang menyediakan ujian sertifikasi Microsoft, salah satunya adalah Certiport.

Certiport merupakan lembaga penyelenggara berbagai ujian sertifikasi internasional yang berbasis di Amerika Serikat, tetapi kamu tak perlu khawatir karena Certiport kini telah memiliki sekitar 14,000 authorized testing centers di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

MyEduSolve merupakan salah satu authorized testing center Certiport di Indonesia. Kami menyediakan ujian sertifikasi Adobe, Microsoft, dan Project Management Institute yang bisa diikuti oleh siapa saja dan dari mana saja dengan sistem exam from home, termasuk sertifikasi Microsoft Office Specialist.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memutuskan jenis sertifikasi mana yang sesuai dengan kebutuhanmu, apakah Word Associate, Word Expert, Excel Associate, Excel Expert, atau PowerPoint?

Bentuk Soal Ujian Sertifikasi Microsoft Office Specialist

Soal ujian sertifikasi Microsoft Office Specialist berbeda-beda di setiap programnya. Namun secara keseluruhan, jenis soal yang diujikan bukan berbentuk pilihan ganda, melainkan berupa studi kasus/project.

Selama kurang lebih 50 menit ujian, peserta harus menyelesaikan sejumlah project dengan benar sesuai dengan instruksi soal.

Setelah selesai mengerjakan seluruh project, peserta langsung bisa melihat skor akhir ujian mereka. Jika berhasil mendapatkan skor di atas 700/1000, maka peserta ujian berhasil mendapatkan sertifikasi Microsoft Office Specialist.

Selain itu, mereka juga akan mendapatkan sebuah badge digital yang bisa diintegrasikan secara langsung ke profil LinkedIn.

Keahlian yang Dinilai Pada Tes Microsoft Office Specialist

Tidak semua peserta berhasil lulus di setiap tes, karena Microsoft sudah menentukan standar penilaian tertentu di setiap tes pada program sertifikasi Microsoft Office Specialist ini. Berikut indikator penilaiannya:

  1. MO-100 Microsoft Word

Keahlian yang dinilai adalah pengelolaan dokumen, memasukkan dan mengatur format teks, mengatur paragraf dan kolom, mengelola tabel dan daftar, membuat dan mengatur referensi, memasukkan dan mengatur format elemen grafis, dan mengelola kolaborasi dokumen.

  1. MO-101 Microsoft Word Expert

Penilaian yang diukur adalah keahlian dalam mengelola opsi dan pengaturan dokumen, menggunakan fitur formatting dan advanced editing, membuat elemen dokumen secara custom, dan penggunaan fitur-fitur lanjutan lainnya yang tersedia di Microsoft Word.

  1. MO-200 Microsoft Excel

Pada penilaian tes Microsoft Excel, kemampuan yang dinilai adalah pengelolaan worksheet dan workbook, mengelola kolom dan baris data, mengelola tabel data, menggunakan berbagai formula dan fungsi Excel, dan membuat grafik.

  1. MO-201 Microsoft Excel Expert

Kemampuan yang dinilai pada tingkatan Microsoft Excel Expert adalah mengelola opsi-opsi dan pengaturan pada workbook dengan tepat, mengelola dan memformat data, membuat formula, mengelola grafik dan tabel yang lebih rumit.

  1. MO-300 Microsoft Powerpoint

Kemudian, pada Microsoft Power Point yang dinilai adalah kompetensi dalam mengelola presentasi, mengelola tiap slide, menerapkan transisi, memasukkan dan mengatur format teks, bidang, dan gambar. Kemudian, kemampuan dalam memasukkan tabel, grafik, SmartArt, model 3D, dan media juga dinilai.

  1. MO-400 Microsoft Outlook

Untuk lulus tes Microsoft Outlook, peserta harus mahir dalam mengelola proses dan pengaturan di Outlook, mengelola pesan, mengelola jadwal, dan mengelola kontak serta daftar tugas.

  1. MO-500 Microsoft Access Expert

Kamu harus mahir dalam mengelola database, membuat dan memodifikasi tabel, membuat dan memodifikasi pertanyaan, memodifikasi formulir dalam layout, dan memodifikasi laporan dalam layout.

  1. MO-726 Word 2016 Expert

Indikator penilaian pada Microsoft Word Expert adalah bagaimana cara kamu dalam membuat dokumen yang efektif sebagai media komunikasi, meliputi: pengoperasian pengaturan dan opsi dokumen, desain dokumen, membuat referensi lanjutan, dan membuat elemen custom dalam Word.

  1. 77-728 Excel 2016 Expert

Sementara itu, penilaian kemahiran di Excel Expert adalah cara kamu menginterpretasi data untuk laporan, yakni: mengoperasikan pengaturan dan opsi di workbook, menerapkan format dan layout data secara custom, membuat formula, dan membuat grafik serta tabel yang rumit.

  1. 77-729 Powerpoint 2016

Kemampuan yang diukur adalah cara kamu mempresentasikan data pada audiens dan desain yang dibuat. Maka, penilaiannya meliputi: pembuatan dan pengelolaan presentasi, memasukkan dan memformat teks, bidang, dan gambar. Kemudian, menerapkan transisi slide, mengelola beberapa presentasi sekaligus dalam satu waktu, serta memasukkan tabel, grafik, SmartArt, dan media juga masuk indikator penilaian.

  1. 77-730 Access 2016

Pada tes Microsoft Acces yang dinilai adalah cara membuat dan mengelola database, membuat tabel, membuat pertanyaan, membuat formulir, dan membuat laporan.

  1. 77-731 Outlook 2016

Dalam tes Microsoft Outlook yang diukur adalah kemampuan dalam mengelola produktivitas dalam lingkungan Outlook, mengelola pesan, mengelola jadwal, dan mengelola kontak serta grup.

Baca juga: Apa Manfaat Mendapatkan Sertifikasi Microsoft Office? 

Biaya Sertifikasi Microsoft Office Specialist

Kamu bisa mengikuti sertifikasi Microsoft Office Specialist di MyEduSolve seharga Rp1.200.000.

Untuk mempelajari lebih jauh mengenai apa saja yang akan diujikan, kamu bisa mempelajari terlebih dahulu Objective Domains dari setiap jenis ujian sertifikasi. Kamu bisa menemukannya di halaman ini.

Itu dia penjelasan lengkap seputar program sertifikasi Microsoft Office Specialist yang wajib kamu ketahui. Yuk, perdalam lagi kemampuanmu dalam mengoperasikan Microsoft Office agar kamu mudah mendapat pekerjaan dan digaji tinggi. Kamu bisa mengikuti program sertifikasi Microsoft Office Specialist dari MyEduSolve. Info menarik lainnya bisa akses laman MyEduSolve.

Di MyEduSolve, kamu bisa menambahkan fasilitas platform self-paced learning dan aplikasi simulasi tes untuk membantumu lulus ujian. Khusus untuk MOS, kamu bisa belajar melalui CertPREP Practice Test, dan LearnKey. Semua materi pembelajaran dan latihan soal disusun secara akurat sesuai dengan ujian sertifikasi sebenarnya.



Related Tags

Microsoft Office Specialist
sertifikasi microsoft
bentuk soal sertifikasi microsoft
biaya sertifikasi microsoft

8,798

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.