Kenali Microsoft Office Specialist, Sertifikasi Wajib Saat Kerja

Baru mendengar istilah Microsoft Office Specialist? Baca artikel ini untuk memahami pengertian, manfaat, bentuk soal ujian, hingga biaya ujian sertifikasi Microsoft Office Specialist.

Posted: Monday, Jan 10, 2022

Updated: Monday, Sep 26, 2022

author:Alisatul Aini

Alisatul Aini

| Posted: Monday, Jan 10, 2022

Share:

Kenali Microsoft Office Specialist, Sertifikasi Wajib Saat Kerja cover

Sertifikasi Microsoft Office Specialist (MOS) merupakan bukti penting yang menunjukkan bahwa kita telah memenuhi standar kompetensi tertentu terutama dalam mengoperasikan program Microsoft Office.

Menurut riset Certiport, sekitar 90% hiring manager menjadikan sertifikasi sebagai kriteria utama saat perekrutan. Salah satu organisasi yang mengeluarkan sertifikasi secara resmi ialah Microsoft.

Selain MOS, Ada beberapa sertifikasi Microsoft yang sesuai dengan kebutuhan berbagai macam industri, seperti Microsoft Certified Fundamentals (MCF) untuk para calon praktisi di bidang cloud computing, data science dan artificial intelligence, dan Microsoft Certified Educator (MCE) untuk para calon tenaga pendidik yang ingin memiliki kompetensi dan skill penting di abad ke-21. Khusus di artikel kali ini, yuk kita pelajari MOS lebih dalam!

Apa itu Microsoft Office Specialist?

Seperti yang telah disebutkan di atas, Microsoft Office Specialist (MOS) merupakan sertifikasi yang akan menguji pemahaman dan penguasaan kita terhadap program Microsoft Office, mulai dari Word, Excel, PowerPoint, Access, dan lain-lain.

Jadi, setiap individu bisa mengambil ujian sertifikasi MOS untuk masing-masing program. Di bawah ini merupakan contoh jenis-jenis sertifikasi Microsoft Office Specialist yang bisa kamu pilih:

Microsoft Office Word: Associate

Microsoft Office Word: Expert

Microsoft Office Excel: Associate

Microsoft Office Word: Expert

Microsoft Office PowerPoint: Associate

Seperti yang bisa dilihat, terdapat dua tingkatan sertifikasi Microsoft Office Specialist, yaitu Associate dan Expert. Materi yang akan diujikan tentu berbeda karena tingkat kesulitan yang juga berbeda. Kamu bisa memilih tingkat kesulitan yang sesuai dengan kebutuhanmu. Kelebihannya adalah, kamu tidak perlu lulus ujian level Associate terlebih dahulu untuk mengambil level Expert.

Individu yang berhasil lulus ujian sertifikasi MOS dianggap telah memiliki 150 jam pengalaman langsung mengoperasikan program Microsoft. Hal inilah yang membuat nilai sertifikasi Microsoft Office Specialist sangat tinggi di mata para rekruter.

Bentuk Soal Ujian Sertifikasi Microsoft Office Specialist

Soal ujian sertifikasi Microsoft Office Specialist berbeda-beda di setiap programnya. Namun secara keseluruhan, jenis soal yang diujikan bukan berbentuk pilihan ganda, melainkan berupa studi kasus/project.

Selama kurang lebih 50 menit ujian, peserta harus menyelesaikan sejumlah project dengan benar sesuai dengan instruksi soal.

Setelah selesai mengerjakan seluruh project, peserta langsung bisa melihat skor akhir ujian mereka. Jika berhasil mendapatkan skor di atas 700/1000, maka peserta ujian berhasil mendapatkan sertifikasi Microsoft Office Specialist.

Selain itu, mereka juga akan mendapatkan sebuah badge digital yang bisa diintegrasikan secara langsung ke profil LinkedIn.

Baca Juga: Apa itu Sertifikasi Microsoft Certified Fundamentals?

Cara Mendapatkan Sertifikasi Microsoft Office Specialist

Kamu harus daftar ujian di lembaga tertentu yang menyediakan ujian sertifikasi Microsoft, salah satunya adalah Certiport.

Certiport merupakan lembaga penyelenggara berbagai ujian sertifikasi internasional yang berbasis di Amerika Serikat, tetapi kamu tak perlu khawatir karena Certiport kini telah memiliki sekitar 14,000 authorized testing centers di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

MyEduSolve merupakan salah satu authorized testing center Certiport di Indonesia. Kami menyediakan ujian sertifikasi Adobe, Microsoft, dan Project Management Institute yang bisa diikuti oleh siapa saja dan dari mana saja dengan sistem exam from home, termasuk sertifikasi Microsoft Office Specialist.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memutuskan jenis sertifikasi mana yang sesuai dengan kebutuhanmu, apakah Word Associate, Word Expert, Excel Associate, Excel Expert, atau PowerPoint?

Baca Juga: Kenali Sertifikasi Internasional Bagi Tenaga Pendidik dari Microsoft

Biaya Sertifikasi Microsoft Office Specialist

Kamu bisa mengikuti sertifikasi Microsoft Office Specialist di MyEduSolve seharga Rp880.000.

Untuk mempelajari lebih jauh mengenai apa saja yang akan diujikan, kamu bisa mempelajari terlebih dahulu Objective Domains dari setiap jenis ujian sertifikasi. Kamu bisa menemukannya di halaman ini.

Di MyEduSolve, kamu bisa menambahkan fasilitas platform self-paced learning dan aplikasi simulasi tes untuk membantumu lulus ujian. Khusus untuk MOS, kamu bisa belajar melalui CertPREP Practice Test, LearnKey dan JasperOnline. Semua materi pembelajaran dan latihan soal disusun secara akurat sesuai dengan ujian sertifikasi sebenarnya.

Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut, hubungi Customer Service kami di +62 878-5706-7313.

Get certified, be qualified!

Referensi:

Microsoft Office Specialist. Diakses 9 Januari 2022.

Article Tag:

Microsoft Office Specialist,sertifikasi microsoft,bentuk soal sertifikasi microsoft,biaya sertifikasi microsoft

Category:

Sertifikasi

Written By

author:Alisatul Aini

Alisatul Aini

Articles Info

author:Alisatul Aini

Alisatul Aini

Kenali Microsoft Office Specialist, Sertifikasi Wajib Saat Kerja

Posted: Monday, Jan 10, 2022

Updated: Monday, Sep 26, 2022

Article Tag:

Microsoft Office Specialist,sertifikasi microsoft,bentuk soal sertifikasi microsoft,biaya sertifikasi microsoft

Category:

Sertifikasi

Share:

1,394

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.