Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

3D Design, ini Tugas, Skill, dan Gaji dari Profesi yang Sedang Populer!

Profesi 3D Designer adalah profesi yang berfokus pada perancangan dan pembuatan desain visual dalam format 3 dimensi (3D) menggunakan perangkat lunak khusus.

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Thursday, Jan 04, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

3D Design, ini Tugas, Skill, dan Gaji dari Profesi yang Sedang Populer! cover

Untuk mendorong pertumbuhan bisnis yang semakin kreatif di era digital seperti sekarang, banyak perusahaan mulai memakai jasa 3D designer. Melalui artikel ini kamu akan dijelaskan pengertian 3D designer, tugas dan tanggung jawabnya, serta gaji rata-rata 3D designer di Indonesia. Jika kamu bertanya-tanya pekerjaan 3D designer seperti apa dan tertarik meniti karier sebagai 3D designer, baca artikel ini sampai akhir, ya!

Pengertian 3D Designer

Pengertian 3D designer adalah seseorang yang bekerja membuat objek visual tiga dimensi menggunakan perangkat lunak khusus. Seorang 3D designer akan memadukan proses kreatif dan keterampilan teknis untuk mengubah berbagai konsep objek visual satu dimensi menjadi gambar tiga dimensi.

Saat ini sudah banyak industri memanfaatkan desain 3D untuk menunjang kinerja mereka. Banyak yang memakai desain 3D untuk menyampaikan ide, membuat prototipe produk baru, mengajarkan konsep, membuat ilustrasi untuk materi iklan, hingga untuk keperluan tindakan medis.

Umumnya industri yang menggunakan jasa 3D designer adalah arsitek, marketing, produser film, pengembang video game, ilmuwan riset, pekerja industri kreatif, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Mengetahui CAD Designer dan Skill yang Diperlukan

Tugas dan Tanggung Jawab 3D Designer

Tugas seorang 3D designer bisa bervariasi karena mereka menyesuaikan kebutuhan klien. Namun, secara garis besar 3D designer umumnya memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai berikut:

  1. Mendesain dan mengembangkan konsep gambar tiga dimensi untuk keperluan produk baru.

  2. Meninjau dan meningkatkan kualitas desain 3D yang sudah ada.

  3. Membuat dokumentasi dalam pembuatan dan perbaikan desain 3D.

  4. Berkomunikasi dengan klien supaya dapat membuat desain 3D sesuai permintaan klien secara spesifik.

  5. Membuat berbagai layout dan konsep desain menggunakan software CAD.

  6. Menawarkan panduan dan merekomendasikan desain 3D yang cocok untuk kebutuhan klien.

  7. Menentukan material dan teknis untuk mendesain produk 3D.

  8. Menghubungi klien untuk menawarkan pembaruan desain dengan bahasa yang mudah dipahami klien.

  9. Mampu bekerja sama dengan tim lain.

  10. Bisa membuat desain yang informatif.

Baca juga: Autodesk 3DS Max, Ini Fungsi, Fitur dan Kelebihannya!

Skill yang Dibutuhkan 3D Designer

Untuk menjadi seorang 3D designer profesional, tentu saja kamu harus memiliki skill agar bisa menciptakan produk dan konsep desain melalui proses kreatif. Di samping itu, seorang 3D designer juga wajib menguasai bermacam-macam tools desain yang sering digunakan seperti CAD dan software desain grafis lainnya.

Supaya kamu bisa memahaminya lebih jelas lagi, berikut ini penjabaran mengenai daftar skill yang wajib dikuasai 3D designer.

  1. Kemampuan Berpikir Analitis

Kemampuan berpikir analitis dibutuhkan seorang 3D designer untuk memahami kebutuhan dan perspektif dari konsep yang diminta klien dengan mudah, sehingga designer dapat mendesain secara akurat dan memenuhi ekspektasi klien.

  1. Kemampuan Komunikasi

Menjadi seorang 3D designer juga membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik. Sebab, 3D designer harus dapat menyampaikan ide, informasi, dan konsep di hadapan klien, desainer lain, dan tim demi memastikan keakuratan desain.

  1. Kemampuan Tools Design Grafis

Kemampuan wajib yang dimiliki 3D designer adalah menguasai bermacam-macam tools design grafis yang sering digunakan, contohnya seperti software CAD yang mendukung desain 3D.

  1. Kemampuan Manajemen Waktu

Banyak dari 3D designer bekerja dengan tenggat waktu yang ketat, karena tak jarang dari mereka menyelesaikan beberapa proyek sekaligus. Oleh karena itu, penting bagi 3D designer untuk bisa mengatur waktu secara efisien agar bisa menyelesaikan seluruh proyek tepat waktu.

  1. Kemampuan Berpikir Kreatif

Tentu saja bekerja sebagai 3D designer membutuhkan kemampuan berpikir kreatif untuk menciptakan desain baru atau menyempurnakan konsep desain yang sudah ada. Kemampuan berpikir kreatif ini sangat penting dimiliki desainer agar bisa membuat desain baru melalui berbagai pendekatan terhadap suatu produk.

Perbedaan 3D Designer dengan 3D Modeling dan Gajinya

Pekerjaan 3D designer memang baru populer akhir-akhir ini. Meski begitu, 3D designer diproyeksikan sebagai salah satu pekerjaan yang menjanjikan di masa depan karena kebutuhan industri terus meningkat terlebih dengan semakin masifnya perkembangan teknologi digital.

Selain 3D designer, pekerjaan 3D modeling juga diproyeksikan jadi pekerjaan yang paling banyak diminati di masa depan karena dibutuhkan banyak perusahaan. Meskipun sekilas mirip, tetapi 3D designer dengan 3D modeling adalah pekerjaan yang sama sekali berbeda.

Pekerjaan 3D designer terlibat pada proses pembuatan objek visual 3D dari awal, dimulai dari pembuatan konsep, sketsa, menggambar, dan berlanjut sampai proses akhir atau finishing. Berkebalikan dari 3D designer, pekerjaan 3D modeling terlibat pada proses pembuatan dan penyempurnaan objek visual yang sebenarnya.

Lantas, kira-kira berapa besaran gaji 3D designer dan 3D modeling di Indonesia? Mengutip dari laman Indeed.com, rata-rata gaji 3D designer di Indonesia Rp6.167.757 perbulan. Sementara itu, untuk gaji 3D modeling di Indonesia angka rata-ratanya Rp8.31.079.

Baca juga: Cara Membuat Moodboard Untuk Inspirasi Desain!

Tips Membangun Karier sebagai 3D Designer

Kalau kamu tertarik bekerja sebagai 3D designer, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk meningkatkan peluang kamu menjadi 3D designer. Apa saja?

  1. Mempertimbangkan bersekolah formal dan mendapat gelar sarjana dalam bidang desain grafis. Misalnya mengambil jurusan animasi komputer 3D, desain produk, desain komunikasi visual, produksi efek visual 3D, dan sebagainya.

  2. Mempelajari perangkat lunak desain grafis seperti CAD.

  3. Memperkaya ilmu desain 3D dengan mempelajari bidang desain lainnya, yang meliputi: produksi film, desain video game, modelling arsitektur, 3D printing, marketing dan periklanan.

  4. Mengambil magang di perusahaan yang membuka lowongan untuk 3D designer.

  5. Membuat portofolio dari pekerjaan magang ataupun freelance untuk mendukung CV yang menarik.

Itu dia informasi lengkap mengenai 3D designer yang wajib kamu ketahui, meliputi pengertian, tugas, dan gaji rata-ratanya di Indonesia. Buat kamu yang ingin membangun karier sebagai 3D designer, yuk daftarkan dirimu di Unity Certified VR Developer dari MyEduSolve.

Dengan mengikuti program ini kamu tidak hanya mendapatkan sertifikat resmi, tapi MyEduSolve juga akan membantu kamu dalam mempersiapkan karier dan mencari tahu potensimu yang dibantu oleh profesional agar siap menghadapi dunia kerja. Dapatkan info menarik lainnya di laman MyEduSolve.

Sumber:

Gaji 3d modeler di Jakarta https://id.indeed.com/career/3d-modeler/salaries/Jakarta (diakses Desember 2023)

What Is 3D Design? And How to Get Started https://www.coursera.org/articles/3d-design (diakses Desember 2023)

What does a 3D designer do? https://uk.indeed.com/career-advice/finding-a-job/what-does-3d-designer-do (diakses Desember 2023)

Related Tags

3d desain
unity
autodesk
intuit

1,595

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.