Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Autodesk 3DS Max, Ini Fungsi, Fitur dan Kelebihannya!

Autodesk 3DS Max adalah salah satu software yang paling populer dan kuat di industri grafis 3D, dan sering digunakan dalam berbagai aplikasi seperti pembuatan game, pembuatan film, desain arsitektur, dan animasi. Simak pembahasan mengenai fitur, fungsi, dan kelebihannya di artikel ini!

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Friday, Dec 08, 2023

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Autodesk 3DS Max, Ini Fungsi, Fitur dan Kelebihannya! cover

Untuk membuat film animasi dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapat melakukan pemodelan tiga dimensi dan rendering animasi. Salah satu pilihan aplikasi yang populer untuk membuat film animasi tiga dimensi adalah Autodesk 3DS Max. 

Namun, Autodesk 3DS Max tidak hanya untuk membuat film animasi saja, tapi juga bisa untuk membuat iklan, desain arsitektur, dan desain lainnya yang membutuhkan visual realistis. 

Yuk, ketahui apa itu Autodesk 3DS Max dan apa saja keunggulannya yang akan dibahas di artikel ini. Simak sampai selesai, ya!

Pengertian Autodesk 3DS Max

Aplikasi Autodesk 3DS Max atau dulunya dirilis dengan nama Studio 3D (Studio 3D Max) adalah software desain grafis untuk membuat pemodelan tiga dimensi, animasi, dan gambar digital, tapi di industri aplikasi ini lebih populer digunakan untuk membuat film animasi tiga dimensi.

Banyak yang menilai jika Autodesk 3DS Max ini penggunaannya lebih mudah dan sederhana daripada Autodesk Maya. Sebab, tools pada Autodesk 3DS Max ini sudah dirancang lengkap, sederhana, dan praktis. Di samping itu, tampilan antar-muka Autodesk 3DS Max ini juga lebih simpel daripada Autodesk Maya.

Utamanya Autodesk 3DS Max memang dipakai untuk mendesain karakter dan animasi tiga dimensi secara profesional. Tapi, aplikasi ini juga dapat membuat permainan interaktif dan menambah efek visual yang dibutuhkan di film. Oleh karena itu, Autodesk 3DS Max banyak dipakai oleh perusahaan pengembang game, agensi periklanan, hingga arsitek.

Autodesk 3DS Max bekerja dengan cara mengubah bentuk desain animasi dua dimensi menjadi model tiga dimensi. Setelah mengubahnya menjadi animasi tiga dimensi, langkah selanjutnya adalah menghidupkan karakter animasi menggunakan metode kinematika terbalik, yaitu metode yang menghubungkan berbagai komponen karakter secara bersamaan untuk menghasilkan efek animasi yang diinginkan.

Baca juga: Mengenal Computer Aided Design: AutoCAD 

Fitur Autodesk 3DS Max

Jika kamu tertarik mempelajari cara mendesain gambar tiga dimensi atau membuat animasi dengan Autodesk 3DS Max, sebaiknya kamu perlu mempelajari beberapa elemen di bawah ini sebagai dasar pengetahuan agar tidak bingung ketika mulai praktek. Apa sajakah itu?

  1. Main Toolbar

Terletak di bagian atas lembar kerja yang berisi berbagai menu dengan fungsinya masing-masing.

  1. Command Panel

Sebuah panel yang berada di sisi kanan lembar kerja dan berisikan berbagai command atau perintah yang dibutuhkan pengguna untuk mengerjakan proyek.

  1. Maxscript Editor

Elemen yang digunakan untuk membuat kode script, utilitas, dan plug-in.

  1. Viewports

Sebuah fitur untuk menampilkan pemandangan dari empat sudut berbeda, yakni atas, kiri, depan, dan perspektif (point of view). Tujuannya memudahkan animator atau desainer dalam memantau hasil desain mereka, selain itu agar proses pengerjaannya lebih mudah dan cepat.

  1. Material Editor

Material editor adalah fitur untuk melakukan proses texturing pada objek serta menyiapkan material untuk diterapkan pada objek.

  1. Render Frame Window

Sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk melihat hasil akhir dari adegan dalam film animasi mereka yang sudah ditambahkan efek visual, misalnya pencahayaan. Fitur ini juga memungkinkan pengguna menyimpan footage yang bisa dijadikan referensi pada proyek selanjutnya.

Baca juga: 5 Jenis Pekerjaan Fantastis Ini Membutuhkan Skill AutoCAD 

Kelebihan Autodesk 3DS Max

Ada beberapa alasan mengapa Autodesk 3DS Max menjadi software populer untuk membuat desain tiga dimensi, film animasi, dan game di industri hiburan yang akan dijelaskan secara singkat sebagai berikut:

  1. Aplikasi ini mampu menawarkan kecepatan proses, responsif, dan user friendly.

  2. Autodesk 3DS Max dapat melakukan rendering (proses yang menghasilkan gambar fotorealistik dari berbagai objek) secara cepat.

  3. Software satu ini juga memiliki fitur yang memungkinan memproses beberapa tahapan dalam pembuatan animasi, misalnya pra-visualisasi, penataan layout, kamera, pemodelan, texturing, rigging, VFX, pencahayaan, animation, dan rendering.

  4. Memiliki fitur yang tergolong lengkap untuk mengerjakan proses desain tiga dimensi dengan mudah.

  5. Dapat memproses pembuatan animasi tiga dimensi yang kompleks.

  6. Mendukung animator atau desainer membuat beragam model animasi.

  7. Terdapat fitur edit yang memungkinkan pengguna mengedit materi animasi yang mereka kerjakan.

  8. Bisa menggabungkan objek gambar vektor dan objek gambar tiga dimensi, sekaligus mengubahnya menjadi animasi. Nantinya animasi tersebut bisa terhubung dengan halaman multimedia dalam format film.

  9. Pengguna dapat membuat karakter animasi atau desain melalui proses yang lebih sederhana, karena Autodesk 3DS Max telah menyediakan fitur texturing untuk meningkatkan detail dan kualitas desain.

  10. Aplikasi ini dapat terintegrasi dengan software Autodesk lainnya.

  11. Autodesk 3DS Max menghasilkan desain dan animasi berkualitas sesuai dengan produk standar industri.

  12. Pengguna jadi lebih hemat waktu karena Autodesk 3DS Max memiliki berbagai tools dan fitur lengkap untuk pembuatan animasi dan menyediakan pemetaan alur kerja.

  13. Tampilan antar-muka mudah dipahami dan mendukung fitur NURBS yang memungkinkan pengguna membuat desain menggunakan rumus matematika.

Baca juga: Memahami Fungsi dan Cara Membuat Template AutoCAD 

Skill yang Dibutuhkan untuk Mengoperasikan Autodesk 3DS Max

Sebetulnya aplikasi Autodesk 3DS Max termasuk tipe software yang user-friendly, jadi pengguna yang masih awam atau baru belajar tidak akan kesulitan saat mengoperasikannya.

Akan tetapi, agar kamu lebih lancar dalam prakteknya, kamu sudah memiliki pengetahuan dasar mengenai gambar tiga dimensi dan menguasai tools dan preset-nya.

Lalu, sebelum memakai Autodesk 3DS Max, sebaiknya kamu sudah pernah memakai AutoCAD agar tidak kebingungan saat mengoperasikan Autodesk 3DS Max.

Itu dia penjelasan lengkap mengenai apa itu Autodesk 3DS Max beserta apa saja keunggulannya. Apabila kamu ingin mahir mengoperasikan Autodesk 3DS Max, yuk segera daftarkan dirimu ke kelas sertifikasi Autodesk 3DS Max dari MyEduSolve. Info menarik lainnya bisa dilihat di laman resmi MyEduSolve.

Sumber:

What is 3ds Max & What is it Used For? https://conceptartempire.com/what-is-3ds-max/ (Diakses November 2023)

What is 3ds Max? https://www.educba.com/what-is-3ds-max/  (Diakses November 2023

Related Tags

Autodesk 3ds Max
Teknologi

497

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.