Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Cara Membuat Moodboard Untuk Inspirasi Desain!

Membuat Moodboard adalah salah satu tahapan awal untuk merancang sebuah desain dari sebuah konsep, hingga selesai menjadi produk akhir. Simak selengkapnya di artikel ini!

Posted: Tuesday, Oct 10, 2023

Share:

Cara Membuat Moodboard Untuk Inspirasi Desain! cover

Pernahkah kamu mendengar Moodboard? Moodboard dapat membantu para desainer untuk mencari inspirasi ketika sedang mengerjakan proyek desain mereka. Lalu, bagaimana sebuah papan dapat membantu desainer mendapatkan inspirasi desain yang bagus? Yuk, baca ulasan lengkap tentang Moodboard di artikel ini. Simak sampai selesai, ya!

Pengertian Moodboard

Apa itu Moodboard? Moodboard secara harfiah memiliki arti papan suasana. Moodboard adalah papan yang berisi kolase berbagai elemen visual yang dapat membantu para desainer mendapatkan inspirasi artistik.

Elemen visual yang biasanya dipajang di Moodboard seperti tipografi, foto, atau bahkan teks berupa sajak.

Tujuan para desainer membuat Moodboard adalah untuk mengumpulkan ide desain visual yang menginspirasi.

Selain itu, elemen visual yang dipajang di Moodboard juga dapat menjadi representasi karya yang ingin mereka ciptakan agar hasil akhirnya dapat sesuai dengan permintaan dan ekspektasi klien.

Pada beberapa tahun lalu sebelum maraknya digitalisasi, kebanyakan desainer menyusun Moodboard dengan membuat kliping dari potongan majalah. Namun, setelah era digital mulai masuk, para desainer membuat Moodboard secara digital melalui ponsel atau laptop.

Baca juga: Ketahui Lebih Dalam Perbedaan Web Designer Dan Graphic Designer 

Manfaat Moodboard Bagi Seorang Desainer

Sebelum desainer mulai mengerjakan proyek desain, biasanya mereka akan menentukan tujuan terlebih dulu supaya progres pengerjaan mudah dilacak. Dengan begitu, dapat mempermudah siapapun yang terlibat dalam mengerjakan proyek desain.

Moodboard menjadi cara terbaik bagi desainer untuk membuat prototipe dan menyempurnakan tema proyek sebelum mulai menyelami proses desain sesungguhnya.  

Kemudian, Moodboard dibutuhkan ketika desainer belum yakin akan memulai proyek dari mana. Moodboard ini akan bertindak sebagai representasi visual dari ide-ide yang nantinya akan dituangkan dalam proses kreatif.

Adanya Moodboard ini tidak hanya membantu desainer secara individu saja, tetapi juga berguna untuk mendorong kerja sama tim.

Misalnya dalam menentukan ide-ide desain yang bernilai estetis, mungkin akan sedikit sulit digambarkan dengan kata-kata. Akan tetapi, jika ide-ide tersebut divisualisasikan dalam bentuk Moodboard, tim desain akan lebih mudah dalam mengambil keputusan terkait ide dan mempresentasikannya di hadapan orang-orang, termasuk klien yang mungkin tidak memiliki latar belakang seni.

Elemen Penting yang Harus Ada di Moodboard

Bagaimana cara membuat Moodboard? Moodboard dibuat dengan menyatukan berbagai gambar dalam bentuk kolase dengan tujuan utama sebagai sumber ide dan inspirasi.

Jadi kamu bebas menambahkan banyak elemen visual dalam Moodboard yang mewakili visi proyek desain kamu. Kira-kira apa saja elemen penting yang harus ada di Moodboard?

  1. Warna

Warna merupakan komponen penting dalam desain yang tidak boleh terlewat. Oleh karena itu, kamu wajib menambahkan skema warna yang ingin kamu terapkan di proyek desain ke dalam Moodboard. Untuk elemen warna, kamu bisa memasukkan warna solid, sapuan kuas, atau palet warna ke dalam Moodboard.

  1. Foto

Elemen visual kedua yang harus ada di Moodboard adalah foto. Kamu bebas memasukkan foto apa saja yang berkaitan dengan ekspresi dan tema dari proyek desain yang kamu kerjakan. Kebanyakan desainer memakai foto berupa fotografi atau ilustrasi digital.

  1. Teks

Meski hanya berupa tulisan, tetapi teks juga memiliki nilai visual yang perlu kamu sertakan ke dalam Moodboard. Teks dapat membantu desainer untuk memberikan tambahan ekspresi dalam mendeskripsikan ‘suasana’ yang diinginkan dalam proyek desain mereka.

Biasanya desainer menyertakan teks berupa kutipan sajak atau kutipan dari sepenggal isi buku.

Baca juga: 6 Tips & Trik Belajar Desain Grafis Bagi Pemula Sampai Mahir 

  1. Tipografi

Tipografi juga perlu dimasukkan ke dalam Moodboard karena memiliki nilai estetis yang membantu desainer mendapatkan inspirasi. Dalam memilih tipografi, desainer tidak hanya memperhatikan arti dari kata-kata yang tertulis, tapi juga visualisasinya yang sesuai dengan tema proyek desain.

Bagaimana Cara Membuat Moodboard?

Kalau kamu masih bingung membuat Moodboard, kamu bisa ikuti beberapa tips di bawah ini untuk membuat Moodboard bagi pemula.

  • Menentukan tujuan.

  • Mencari elemen visual Moodboard di sumber terpercaya.

  • Menanyakan pendapat pada rekan kerja dan lakukan evaluasi dari feedback yang diberikan.

Apabila kamu hendak membuat Moodboard tapi bingung di mana sumber yang tepat untuk mendapatkan Moodboard, yuk coba temukan Moodboard milik kamu sendiri melalui beberapa sumber berikut.

  1. Website Foto Gratis

Sekarang untuk membuat Moodboard digital sangatlah mudah. Ada banyak situs foto gratis yang bisa kamu akses, misalnya Unsplash atau Pixabay. Kamu bisa mengunduh foto dan menyimpannya secara gratis, tentunya tanpa takut terkena masalah lisensi.

  1. Blog dan Platform Media Sosial

Selain mencari dari situs foto gratis, kamu juga bisa mencari inspirasi Moodboard melalui blog dan platform media sosial, seperti Tumblr, Instagram, Pinterest, dan We Heart It. Tenang saja, deretan platform tersebut sudah sejak lama digunakan orang-orang untuk mencari konten Moodboard.

  1. Jejaring Sosial untuk Desainer

Selanjutnya, konten Moodboard juga bisa dicari melalui jejaring sosial yang sering digunakan desainer, yaitu Dribbble dan Behance. Kedua platform media sosial tersebut sudah lama menjadi wadah bagi para desainer untuk membagikan proyek mereka. Kamu bisa memanfaatkan keduanya untuk mencari gaya ilustrasi yang sesuai dengan selera dan tema proyek yang akan kamu kerjakan.

Namun, saat membuat Moodboard dan kamu ingin membagikannya ke internet, jangan lupa sertakan sumber atau kredit agar terhindar dari masalah plagiasi yang dapat merugikan kamu di masa depan.

Baca juga: 5 Tips Belajar Desain Grafis Secara Otodidak 

Itu dia penjelasan mengenai Moodboard. Setelah membaca dan memahami ulasan di atas, apakah kamu sudah siap membuat Moodboard sendiri? Kalau kamu bercita-cita sebagai desainer profesional, yuk daftarkan dirimu segera di Intuit Design for Delight Innovator dari MyEduSolve. Kamu akan mendapatkan sertifikat resmi langsung dari Intuit yang bisa kamu gunakan selama tiga tahun. Informasi lebih lanjut, buka laman resmi MyEduSolve.

Sumber:

https://www.toptal.com/designers/

https://www.sketch.com/


Related Tags

Pengembangan Skill
Intuit Design

684

Recommended Articles

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.