Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Web Developer Adalah: Pengertian, Tugas, dan Cara Menjadi Web Developer

Web developer adalah pekerjaan populer saat ini. Apakah kamu tertarik berkarier sebagai web developer? Baca artikel MyEduSolve ini untuk mengetahui caranya.

Posted: Wednesday, Jun 15, 2022

Share:

Web Developer Adalah: Pengertian, Tugas, dan Cara Menjadi Web Developer cover

Web developer adalah pilihan karier yang cukup populer saat ini. Lowongan pekerjaan di bidang pengembangan website pun kian menjamur setiap harinya. Pasalnya, website sudah menjadi salah satu media pemasaran yang wajib dimiliki oleh perusahaan.

Kamu pun bisa menangkap peluang ini untuk berkarir sebagai seorang web developer. Tidak hanya gajinya, job description web developer juga menarik untuk dikerjakan kalau kamu menggemari teknologi. Pertanyaannya, bagaimana cara menjadi seorang web developer? Simak artikel ini untuk mengetahui jawabannya.

Apa Itu Web Developer?

Web developer alias pengembang situs web adalah pekerjaan yang bertugas untuk merancang, menciptakan, dan memelihara website serta aplikasi web. Mereka bisa bekerja sebagai seorang freelancer atau tergabung dalam sebuah perusahaan.

Tanggung jawab utama seorang web developer terletak pada pembuatan situs web yang efisien dan mudah diakses oleh penggunanya. Mereka harus membuat website dengan tampilan dan fitur sesuai kebutuhan kliennya. Karena itu, mereka harus memahami tujuan dan identitas perusahaan atau kliennya terlebih dahulu sebelum mulai membangun website.

Baca juga: 7 Contoh Hard Skill Populer dan Paling Dibutuhkan Perusahaan

Web developer merupakan pekerjaan teknis, jadi kamu harus melatih hard skill di bidang pembuatan website untuk berkarier di bidang ini. Selain itu, kamu juga harus menguasai beberapa soft skill, di antaranya: pemecahan masalah, kerja sama antar anggota tim, dan komunikasi.

Bagaimana Cara Kerja Web Developer?

Web developer harus berdiskusi dengan pimpinan perusahaan atau klien terlebih dahulu sebelum memulai proyek pembuatan website. Mereka akan mengetahui identitas brand yang ingin direpresentasikan serta tujuan pembuatan website tersebut, seperti website untuk company profile atau situs e-commerce.

Ketika membuat website, mereka harus menulis serangkaian kode sesuai bahasa pemrograman yang dikuasai, contohnya Python, Javascript, HTML, atau Swift. Rangkaian kode tersebut akan menghasilkan tampilan dan berbagai fitur dalam sebuah website. Fitur tersebut bisa berupa menu bar, search box, formulir, tombol, dan sebagainya.

Baca juga: 5 Profesi di Bidang IT yang Paling Menjanjikan

Keberhasilan sebuah website tidak hanya terletak pada tampilan dan fitur yang dimiliki. Web developer juga harus memastikan keamanan, database, kecepatan, performa, server, serta hal-hal lainnya terkait kinerja sebuah website.

Bagaimana Cara Menjadi Web Developer?

Apakah kamu tertarik berkarier di bidang pengembangan website setelah membaca uraian di atas? Jika ya, kamu perlu mempersiapkan dirimu sejak sekarang supaya peluangmu diterima kerja lebih besar nantinya. Meski belum menjadi web developer andal, setidaknya kamu sudah memahami dunia pengembangan website.

Berikut ini adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan diri berkarier di bidang web developer:

1. Kenali Pekerjaan Web Developer

Ada tiga jenis pekerjaan web developer, yaitu front-end developer, back-end developer, dan fullstack developer. Kamu perlu mengenali masing-masing pekerjaan tersebut sebelum melamar pekerjaan ini.

2. Kembangkan Soft Skill

Kemampuan teknis di bidang pengembangan website saja belum cukup. Web developer juga harus mengembangkan beberapa soft skill penting dalam dirinya.

Contohnya, soft skill komunikasi. Kemampuan tersebut harus dikembangkan karena web developer akan berdiskusi dengan pimpinan atau klien tentang pembuatan website.

3. Ikuti Sertifikasi Bidang Web Development

Tidak ada salahnya mengikuti ujian sertifikasi supaya kemampuanmu lebih kredibel. Selain itu, perusahaan atau klien akan melirikmu apabila kamu mencantumkan sertifikasi dari lembaga tepercaya di bidang ini. Sertifikasi ini membuktikan kemahiranmu dalam menjalankan software pengembangan website.

Salah satu software kerap digunakan oleh web developer adalah Adobe Dreamweaver. Software ini sering digunakan untuk membuat website berbasis HTML dan banyak diterapkan pada website Indonesia. Jadi, tidak ada salahnya kamu menguasai Adobe Dreamweaver agar sesuai permintaan klien atau perusahaan nantinya.

MyEduSolve menyediakan ujian sertifikasi Web Authoring using Adobe Dreamweaver bagi calon web developer. Setelah lulus, kamu akan mendapatkan sertifikat resmi dari Adobe yang membuat CV dan profil LinkedIn-mu makin mentereng. Tunggu apa lagi, hubungi MyEduSolve melalui WhatsApp (+6287857067313) untuk mengikuti ujian sertifikasinya.

Related Tags

web developer adalah

3,004

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.