5 Profesi di Bidang IT yang Paling Menjanjikan

Seiring dengan perkembangan teknologi dan komunikasi, saat ini profesi di bidang IT atau IT specialist semakin dibutuhkan oleh berbagai perusahaan. Lalu, apa saja pekerjaan di bidang IT yang menjanjikan? Yuk simak artikel ini!

Posted: Wednesday, Jan 05, 2022

Updated: Thursday, Apr 14, 2022

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

| Posted: Wednesday, Jan 05, 2022

Share:

5 Profesi di Bidang IT yang Paling Menjanjikan cover

Dari sekian banyak peluang yang terbuka karena perkembangan teknologi, ada beberapa profesi di bidang IT yang paling menjanjikan dengan peluang karier yang lebih besar. Terlebih lagi, perusahaan pasti ingin memanfaatkan teknologi semaksimal mungkin agar bisnisnya dapat berjalan lebih efektif dan optimal.

Perusahaan pastinya akan mencari seorang kandidat yang sesuai dengan kriterianya, terlebih khusus mengenai penguasaan skill dan juga pengalaman dalam bidang IT.

Lalu, apa saja profesi di bidang IT yang paling menjanjikan atau pekerjaan IT dengan gaji tertinggi saat ini? Simak ulasan di bawah ini

1. IT Manager

Dilansir dari Career Explorer, IT manager adalah seseorang yang bertanggung jawab atas kinerja keseluruhan jaringan elektronik perusahaan dan memimpin departemen IT dalam memenuhi persyaratan organisasi sistem informasi.  Berfokus pada jaringan komputer internal perusahaan mungkin melibatkan pemilihan hardware dan software yang diperlukan untuk jaringan, memperbarui internal server, atau melihat sistem pendukung elektronik lainnya yang dapat meningkatkan produktivitas pekerja.

Baca juga: Microsoft Office adalah Software yang Masih Digunakan Perusahaan 

Skill yang harus dimiliki oleh setiap IT manager yakni memiliki kemampuan menguasai bahasa pemrograman, mengetahui sistem SAP, infrastruktur IT dan juga konfigurasi mikrotik, kemampuan akan analisis logika yang baik, mampu mengelola proyek, memiliki kemampuan dalam mengawasi dan melatih para staf IT.

2. Network Systems Administrator

Menurut The Balance Careers, profesi network system administrator yang terkadang disebut sebagai sistem atau administrator sistem, manajer TI, atau administrator LAN.  Bidang keahlian mereka termasuk jaringan area lokal (LAN), jaringan area luas (WAN), dan intranet.  Administrator jaringan mengatur, menginstal, dan memberikan dukungan untuk sistem ini.

Skill yang dibutuhkan untuk menunjang karier, di antaranya yakni kemampuan memecahkan masalah, berpikir kritis, kemampuan berkomunikasi, dan juga reading comprehension.

Peluang kerja sebagai Network Systems Administrator juga lumayan banyak, lho! Berikut ini hanya beberapa contoh saja dari perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan kerja untuk karier sebagai Network Administrator:

profesi di bidang IT yang paling menjanjikan

3. Computer Forensic Investigator

Profesi di bidang IT yang paling menjanjikan selanjutnya ialah Computer Forensic Investigator. Mereka menganalisis informasi yang ditemukan pada perangkat penyimpanan data termasuk jaringan dan komputer untuk digunakan dalam investigasi kriminal. Mereka juga diharuskan untuk menyerahkan laporan berdasarkan informasi ini dan mungkin diminta untuk bersaksi di pengadilan.

Seorang investigator forensik komputer wajib memahami tentang operation system (OS) seperti Windows, Mac, IOS, dan juga Android. Untuk hard skill yang dibutuhkan yakni memiliki kemampuan analisis yang baik, memahami cyber security, detail oriented, kemampuan komunikasi, dan kreativitas dalam memecahkan masalah atau pola pikir yang out of the box, serta patuh terhadap kerahasiaan dan tidak memihak.

4. System Analyst

Seorang system analyst akan melakukan sebuah penelitian dan studi kelayakan, membuat perencanaan, melakukan koordinasi, dan juga memberikan rekomendasi hardware yang akan digunakan oleh perusahaan dari hasil riset. Bidang pekerjaan ini merupakan peranan kunci dalam upaya untuk mengembangkan sistem.

Skill yang dibutuhkan untuk profesi ini yaitu kamu wajib mempunyai pemahaman yang komprehensif seputar bahasa pemrograman, operation system (OS), hardware, aplikasi dan berbagai perangkat database.

Baca juga: Microsoft Azure adalah Pilihan Populer di Era Cloud Computing 

5. Information Security Analyst

Apa itu information security analyst? Jenis pekerjaan ini bertugas untuk merancang, melaksanakan, memperbaharui atau memantau, dan menjaga keamanan perangkat informasi yang dimiliki perusahaan. Profesi ini merupakan salah satu pekerjaan yang penting di era masa kini, karena pada saat ini masyarakat sudah menggunakan teknologi sehingga muncul banyak sekali ancaman yang membahayakan seperti serangan hacker dan ancaman lainnya.

Seorang information security analyst harus menguasai hard skill seperti pengetahuan akan cyber security management, network security management, security testing, IT security, IT infrastructure, dan sejenisnya. Tak kalah penting, adapun soft skill yang dibutuhkan yaitu kemampuan analisis, memecahkan suatu masalah (problem solving), kemampuan komunikasi, dan team work.

Baca juga: Artificial Intelligence adalah Karier yang Menjanjikan di Masa Depan  

Itulah lima profesi di bidang IT yang paling menjanjikan dan berpotensi memiliki gaji yang tinggi. Jika kamu tertarik untuk mulai berkarier dalam bidang IT, kamu wajib meningkatkan dan memvalidasi kemampuanmu agar dapat bersaing dengan kandidat lain. Salah satu alternatif yang bisa kamu coba yakni dengan mengambil sertifikasi IT Specialist dari Pearson Vue. Setelah lulus ujian, kamu akan menerima sertifikat IT Specialist resmi yang berlaku secara internasionalUntuk informasi lebih lanjut seputar sertifikasi IT Specialist, kamu bisa mengunjungi link ini ya!

Referensi:
Top 25 in-Demand Careers in 2021. Diakses pada 17 Desember 2021.
Top 8 Most in-Demand IT Tech Jobs of 2021. Diakses pada 17 Desember 2021.

Article Tag:

Profesi,Karier,Pekerjaan IT

Category:

Teknologi

Written By

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

Articles Info

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

5 Profesi di Bidang IT yang Paling Menjanjikan

Posted: Wednesday, Jan 05, 2022

Updated: Thursday, Apr 14, 2022

Article Tag:

Profesi,Karier,Pekerjaan IT

Category:

Teknologi

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.