7 Contoh Hard Skill Populer dan Paling Dibutuhkan Perusahaan

Apa saja contoh hard skill yang paling menguntungkan dan dicari oleh perusahaan saat ini? Cari tahu tujuh hard skill tersebut di artikel MyEduSolve ini.

Posted: Sunday, May 29, 2022

Updated: Monday, Sep 26, 2022

author:MyEduSolve

MyEduSolve

| Posted: Sunday, May 29, 2022

Share:

7 Contoh Hard Skill Populer dan Paling Dibutuhkan Perusahaan cover

Kandidat atau karyawan perlu menguasai beberapa contoh hard skill yang populer demi mendapatkan pekerjaan impian mereka. Alasannya, perekrut membutuhkan kandidat dengan hard skill yang relevan dengan kebutuhan industri pada masa kini. Kesempatan baru dalam pekerjaan lebih mudah diraih apabila karyawan terus mengembangkan hard skill-nya.

Contoh Hard Skill yang Paling Dibutuhkan Perusahaan

Hard skill adalah kemampuan teknis yang dibutuhkan untuk mengerjakan sebuah pekerjaan. Kemampuan tersebut selalu terkait penggunaan peralatan, perlengkapan, dan perangkat lunak (software). Hard skill dapat dipelajari melalui kursus, training, atau penerapannya secara langsung dalam pekerjaan.


Perusahaan membutuhkan karyawan yang menguasai hard skill teknis dan relevan dengan bidang industrinya. Contohnya, copywriter harus memiliki hard skill di bidang penulisan, arsitek wajib menguasai software arsitektur untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Baca juga: Technical Skill: Pengertian, Contoh, dan Manfaat

Namun, ada pula jenis hard skill yang paling dibutuhkan perusahaan selain hard skill teknis di atas. Apa saja contoh hard skill tersebut?

1. Skill Riset dan Analisis

Skill ini berguna untuk mencari, mengumpulkan, dan menganalisis data serta informasi bisnis, kemudian menguraikan atau mempresentasikan hasil analisisnya. Hasil analisis tersebut berguna sebagai bahan pertimbangan saat membuat keputusan strategis atau solusi permasalahan saat menjalankan bisnis. Skill ini sangat penting karena perusahaan membutuhkan data akurat dalam membuat keputusan tepat.

2. Skill Pemasaran

Karyawan yang memiliki skill ini tidak hanya mampu berpromosi dan berkomunikasi, tetapi juga membuat strategi marketing secara efektif serta tepat sasaran. Strategi pemasaran yang dirancang secara matang mampu membuat target pasar tertarik dengan produk atau layanan sebuah bisnis. Hard skill ini sangat diperlukan karena bisa mendatangkan keuntungan besar bagi perusahaan.

Baca juga: Mengenal Perbedaan Soft Skill dan Hard Skill yang Penting Di Dunia Kerja

3. Skill Pengolahan Data

Perusahaan memiliki ribuan data dari berbagai kegiatan bisnis yang dijalankan, seperti keuangan, pemasaran, produk, dan sebagainya. Skill pengolahan data berguna agar informasi tersebut disusun secara terstruktur dan mudah dibaca oleh siapa pun, terutama pimpinan perusahaan. Sama seperti skill riset dan analisis, kemampuan ini cukup krusial karena melibatkan data penting milik suatu perusahaan.

4. Skill Manajemen Proyek

Perusahaan melakukan berbagai proyek sebagai bagian dari kegiatan operasionalnya. Mereka membutuhkan karyawan dengan skill project management agar proyek tersebut berjalan lancar, tepat waktu, memanfaatkan sumber daya (resources) secara maksimal dan tidak melebihi anggarannya. Skill ini paling dicari karena proyek merupakan salah satu cara untuk mencapai tujuan perusahaan.

Baca juga: Ini Dia Skill yang Harus Dimiliki Seorang Project Manager

5. Skill Pembuatan Website

Website adalah salah satu alat promosi penting perusahaan pada era digital saat ini. Pembuatan website tidak mudah, karena itu karyawan harus memiliki skill di bidang ini agar bisa menciptakan situs web dan mengembangkannya. Perusahaan membutuhkan skill ini karena mereka membutuhkan situs web yang memiliki desain bagus serta lancar dan mudah saat diakses oleh banyak orang.

6. Skill Bahasa Asing

Banyak perusahaan berlomba-lomba menunjukkan eksistensinya di pasar global. Karyawan yang mampu di bidang bahasa asing, seperti Inggris, Jepang, atau Mandarin, sangat membantu perusahaan dalam berkomunikasi atau membuat kesepakatan bersama pelanggan atau partner internasional. Skill ini sangat dibutuhkan agar nama perusahaan lebih dikenal luas secara internasional serta mendapat keuntungan lebih besar.

7. Skill Desain

Skill ini tidak hanya melibatkan keahlian dalam software desain, tetapi mampu berpikir kreatif pula. Perusahaan membutuhkan desain yang mampu menggambarkan citra mereknya agar ciri khasnya lebih dikenal target pasar. Bisnis yang baru berdiri pun mencari kandidat dengan skill ini karena mereka memerlukan desain untuk membuat iklan sebagai strategi pemasarannya.

Dari semua contoh hard skill populer di atas, manakah yang sesuai dengan minatmu? Kalau kamu tertarik di bidang desain, cobalah melatih skill-nya dengan mengikuti ujian sertifikasi Adobe Certified Professional dari MyEduSolve. Kamu akan mempelajari Adobe Photoshop, Illustrator, atau InDesign untuk mendapatkan sertifikat resmi dari Adobe setelah mengikuti ujian sertifikasinya. Hubungi MyEduSolve segera dan daftarkan dirimu agar kariermu di dunia desain makin meningkat setiap harinya.

Article Tag:

contoh hard skillhard skillskill

Category:

Pengembangan Skill

Written By

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Articles Info

author:MyEduSolve

MyEduSolve

7 Contoh Hard Skill Populer dan Paling Dibutuhkan Perusahaan

Posted: Sunday, May 29, 2022

Updated: Monday, Sep 26, 2022

Article Tag:

contoh hard skillhard skillskill

Category:

Pengembangan Skill

Share:

898

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.