Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Wajib Tahu! Cara Membuat PowerPoint di HP untuk Pemula

Ternyata, membuat PowerPoint bisa dilakukan melalui HP lho. Bagaimana caranya? Simak artikel berikut ini!

MyEduSolve menyediakan ujian sertifikasi internasional dan pelatihan resmi untuk keperluan individu, perusahaan, serta institusi pendidikan.

Posted: Monday, Dec 19, 2022

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Wajib Tahu! Cara Membuat PowerPoint di HP untuk Pemula cover

Biasanya, untuk membuat sebuah presentasi PowerPoint, diperlukan laptop atau komputer untuk pembuatannya. Namun, dengan kemajuan teknologi saat ini, kamu dapat membuatnya secara instan,  langsung dari HP atau smartphone-mu. 


Penasaran bagaimana caranya? MyEduSolve akan menjelaskan kepada kamu bagaimana cara membuat PowerPoint di HP melalui penjelasan di bawah ini. 

Cara Membuat PowerPoint di HP

Jika kamu harus membuat PowerPoint secara mendadak, kamu bisa memanfaatkan smartphone-mu. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat PowerPoint di HP:

  1. Download dan Install aplikasi Microsoft PowerPoint 

Kamu bisa mengunduh aplikasi Microsoft PowerPoint secara gratis di Google Play Store jika kamu menggunakan Android, atau di App Store jika menggunakan iOS.

  1. Mulai Membuat Slide Presentasi

Setelah terpasang, buka aplikasinya dan ketuk ikon “+” yang biasanya terletak di tengah menu. Kemudian, akan muncul berbagai template desain yang bisa kamu pilih sesuai preferensi dan kebutuhanmu.

  1. Edit Presentasi

Jika sudah menemukan template yang cocok, klik template tersebut dan mulailah mengedit isi kontennya sesuai dengan materi presentasimu. 


Namun, jika kamu ingin membuat PowerPoint tanpa template dari awal, kamu bisa memilih Blank Presentation


Untuk mengedit presentasi di HP, langkahnya sama seperti di laptop atau komputer. Ada berbagai fitur yang bisa kamu gunakan, seperti musik, video, teks, dan gambar melalui tools di bagian pojok bawah layar HP. Kamu juga bisa memilih berbagai transitions untuk menambahkan perpindahan antar teks atau slide.


Baca juga: Mahasiswa Wajib Tahu! Ini Dia Cara Cepat Membuat PowerPoint Menarik

Menghapus Slide Presentasi PowerPoint di HP

Jangan khawatir jika kamu melakukan kesalahan saat membuat slide presentasi. Kamu bisa langsung menghapusnya lewat HP. Berikut adalah cara mudah yang bisa kamu lakukan:

  1. Untuk menghapus slide, bisa kamu lakukan dengan tap dan tahan sebentar pada kotak slide PowerPoint di HP.

  2. Setelah itu, akan muncul opsi Delete dan pilihlah opsi tersebut.

  3. Slide PowerPoint-mu yang salah akan langsung terhapus.

Menambahkan Judul dan Sub-Judul di HP

Ada cara mudah untuk menambahkan judul dan subjudul di HP. Kamu cukup melakukan tap sebanyak dua kali pada slide presentasi yang ingin kamu tambahkan judul dan subjudulnya.

Ganti Format Background PowerPoint di HP

Bosan dengan format background PowerPoint yang itu-itu saja? Bisa kamu sesuaikan dengan pilihanmu dengan cara:

  1. Pada halaman Blank presentation, kamu bisa pilih icon tanda panah ke atas yang terletak di pojok kanan bawah.

  2. Selanjutnya, di bagian dropdown pilih HomeDesign.

  3. Pada bagian Design, kamu pilih Format Background.

  4. Sekarang, kamu dapat menyesuaikan background PowerPoint dengan warna favoritmu.

Baca juga: Apa Itu PowerPoint dan Manfaat yang Bisa Kamu Raih

Menyimpan Hasil PowerPoint di HP

Setelah selesai mengedit dan mengisi konten dalam PowerPoint, jangan lupa untuk menyimpan hasil presentasimu. 


Ketuk ikon titik tiga di bagian atas, kemudian klik "Save" untuk menyimpannya atau "Share" membagikannya melalui berbagai platform seperti email atau media sosial.

Kelebihan Membuat PPT di HP

  1. Lebih Fleksibel

Kamu bisa membuat presentasi dimana saja dan kapan saja, tanpa perlu menggunakan laptop atau komputer. Sehingga proses pembuatan presentasi lebih fleksibel, praktis, dan efisien.

  1. User-Friendly

Tampilan Microsoft PowerPoint di HP sangat ramah pengguna dengan fitur dan tools yang mudah dipahami, bahkan oleh pemula sekalipun.

  1. Fitur yang canggih

Aplikasi PPT di HP juga menyediakan fitur-fitur canggih yang setara dengan versi desktop, sehingga memungkinkan para pengguna yang mengakses lewat HP tetap dapat menghasilkan presentasi yang berkualitas. 


Baca juga: 3 Cara Membuat Grafik di PowerPoint untuk Pemula


Demikian penjelasan mengenai cara membuat PowerPoint di HP untuk pemula. Jika kamu ingin semakin mahir dalam menggunakan Microsoft PowerPoint, kamu bisa mengikuti sertifikasi Microsoft Office Specialist dari MyEduSolve!


Microsoft Office Specialist adalah ujian sertifikasi untuk mengetahui kemampuan kamu dalam mengoperasikan software Microsoft yang sangat dibutuhkan dalam industri kerja manapun!


Dengan biaya sertifikasi Microsoft Office Specialist 1 Jutaan saja, kamu bisa mendapatkan sertifikasi keahlian yang diakui secara internasional dan ASLI dari Microsoft, lho! 

Bagaimana cara mendapatkan sertifikat Microsoft Office Specialist? Bisa kamu dapatkan di program sertifikasi MOS di MyEduSolve, ya!


Yuk, daftarkan dirimu sekarang dan capai pekerjaan impianmu!

Related Tags

PowerPoint
Pengembangan Skill

4,913

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.