Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Tips Mudah Install Python di Windows, MacOS, dan Linux

Tips Mudah Install Python di Windows, MacOS, dan Linux. Artikel ini berisi panduan langkah demi langkah untuk memasang Python. Ketahui selengkapnya dengan membaca artikel ini.

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Thursday, Jun 27, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Tips Mudah Install Python di Windows, MacOS, dan Linux cover

Menjadi salah satu bahasa pemrograman terkemuka, Python sudah digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Bagaimana tidak, Python menawarkan kemudahan dalam pengolahan big data secara akurat. Akan tetapi, pemula sering kali kebingungan ketika meng-install Python di perangkat komputer.

Artikel ini akan mengulas cara install Python di berbagai sistem operasi komputer, dari Windows, MacOS, dan Linux. Maka dari itu, simak artikel ini sampai akhir!

Apa Itu Bahasa Pemrograman Python?

Python adalah bahasa pemrograman yang multifungsi. Tidak hanya bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi, tapi juga dapat dimanfaatkan oleh bidang keilmuan data untuk mengolah dan menafsirkan data.

Python juga dikembangkan untuk bisa dihubungkan dengan library dan ekstensi software dari pihak ketiga, sehingga app developer bisa membuat aplikasi kompleks lebih cepat dan fleksibel.

Menariknya lagi, bahasa pemrograman Python dapat digunakan di berbagai sistem operasi komputer seperti Windows, Linux, dan MacOS. Tidak heran jika Python jadi bahasa pemrograman paling digemari beberapa tahun terakhir. Bahkan, Python juga memiliki komunitas yang kuat dan semakin berkembang.

Jadi, Python termasuk bahasa pemrograman yang dapat diandalkan dan proyeksinya akan semakin banyak dipakai di masa depan, sehingga sangat disarankan untuk dipelajari oleh kamu yang akan bekerja di industri IT ataupun data.

Baca juga: Python: Definisi, Manfaat, dan Keunggulan

Mengapa Harus Belajar Bahasa Pemrograman Python?

Python merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi, didesain oleh Guido van Rossum dengan struktur data dan kemampuan semantik yang dinamis. Oleh karena itu, Python terdiri dari struktur yang rumit, berorientasi pada objek, dan termasuk pemrograman fungsional.

Di antara bahasa pemrograman lainnya, Python cukup digemari para developer dan data analyst karena dapat mengolah dataset dalam jumlah besar, dapat menggunakan kembali kode sintaks sehingga bisa hemat waktu ketika proses coding, dan memungkinkan modul program.

Dari banyaknya nilai plus Python seperti yang sudah dijelaskan di atas, berikut ini beberapa alasan kamu harus belajar bahasa pemrograman Python. Yuk, simak!

  1. Membuka Peluang Kerja Lebih Besar dengan Gaji Tinggi

Jika kamu belajar bahasa pemrograman Python dan berhasil menguasainya, kamu sudah membuka lebar-lebar untuk peluang kerja perusahaan dengan tawaran gaji yang terbilang besar.

Saat ini banyak perusahaan yang mengadakan rekrut besar-besaran untuk mencari kandidat yang menguasai bahasa pemrograman Python. Perusahaan besar seperti Facebook, Netflix, YouTube, Google, Amazon, Quora, Pinterest, DropBox, dan lainnya sedang gencar-gencarnya mencari karyawan dengan kualifikasi lancar mengoperasikan Python.

  1. Permintaan Industri pada Bahasa Pemrograman Python sedang Tinggi

Bahasa pemrograman ada banyak macamnya. Untuk saat ini yang sedang tinggi peminatnya adalah Java, C++, Python, Swift, JavaScript, PHP, R, dan C#.

Akan tetapi, mengutip dari laman Simple Learn, bahasa pemrograman Python berada di urutan pertama sebagai bahasa pemrograman yang populer dan paling banyak dipelajari setiap tahunnya.

  1. Dapat Digunakan untuk Mengolah Data

Bahasa pemrograman Python juga kerap digunakan oleh data scientist dan data analyst untuk memudahkan pekerjaan mereka dalam mengolah data dengan volume besar secara terukur.

Untuk mengoptimalkan kerjanya dalam memproses data, Python juga dilengkapi dengan deretan library terkenal seperti PyTorch, SymPy, Scikit Learn, Pandas, PyBrain, Tensor Flow, dan Matplotlib.

Di samping itu, Python juga menyediakan fitur grafik dan visualisasi data yang tentu membantu data scientist dan data analyst dalam mengkonversi data yang sudah selesai diolah.

 Baca juga: 5 Rekomendasi Framework Python Terbaik Saat Ini 

  1. Punya Machine Learning

Machine learning adalah salah satu perkembangan dari teknologi AI yang dapat membantu manusia dalam pembacaan dan pengolahan data.

Salah satu alasan Python masuk deretan bahasa pemrograman yang banyak digemari karena dilengkapi dengan teknologi machine learning karena struktur sintaksisnya sederhana dan mendukung berbagai library.

  1. Semakin Mudah untuk Mengembangkan Web

Bahasa pemrograman Python menyediakan koleksi framework yang luas. Hal itu memungkinkan bagi developer jadi lebih mudah dalam mengembangkan website dan aplikasi yang sedang mereka kerjakan.

Contoh framework yang dapat digunakan di Python adalah Django, Pyramid, Turbo Gears, Flask, Hug, Bottle, dan masih banyak lagi.

Cara Install Python di Windows

  • Unduh Python installer, sebelum mulai download pastikan file yang diunduh sesuai dengan spesifikasi laptop atau komputer kamu apakah 32-bit atau 64-bit.

  • Jika sudah selesai, mulai jalankan installer.

  • Setelah berhasil terunduh, program akan menunjukkan welcome screen dan memberikan dua opsi: Install Now dan Customize Installation. Bila kamu ingin langsung install bisa langsung klik opsi Install Now. Namun, kalau ingin melakukan konfigurasi, bisa klik Customize Installation.

  • Kemudian, klik Install untuk mulai mengunduh software Python ke perangkat.

  • Tahap selanjutnya, lakukan verifikasi dengan membuka Command Prompt. Caranya: klik Start, ketik cmd di search bar, ketik “python –version”, tekan Enter. Apabila program menampilkan versi software, maka proses verifikasi berhasil.

Baca juga: Pelajari Rangkuman Materi Ujian Untuk Tes Sertifikasi Python di MyEduSolve

Cara Install Python di MacOS

  • Pertama-tama, periksa versi terbaru dari Python yang sesuai dengan sistem laptop MacOS kamu, karena biasanya MacOS memiliki software pre-installed Python (Python 2.x). Untuk mengeceknya, buka menu Application, pilih Utilities, dan ketik “python –version” atau “python3 –version”, klik Enter. Nantinya akan muncul nomor seri Python yang bisa diunduh.

  • Kunjungi laman Python untuk mengunduh software Python khusus MacOS.

  • Unduh Python installer untuk MacOS. Jalankan installer dan ikuti instruksi yang tertera di panel welcome screen.

  • Verifikasi software Python dengan buka folder Python, lalu klik folder IDLE.

  • Kemudian, akan muncul kode. Untuk memverifikasi kode, ketik “print(‘Test message’) di print command dan tekan Enter. Jika teks “Test message” muncul di panel, artinya software berhasil terunduh sempurna.

Cara Install Python di Linux

  • Periksa versi pre-installed Python sebelum mulai unduh. Caranya buka halaman terminal window dan ketik “python –version”, lalu klik Enter. Di layar akan muncul nomor versi Python yang bisa diunduh.

  • Mulai install perangkat lunak Python via package manager. Kamu bisa memasukkan perintah “sudo apt-get install python3” atau “sudo dnf install python3”.

  • Mulai unduh software terbaru dari Python di laman resminya.

  • Konfigurasi instalasi Python dengan ketik perintah:

./configure

make

make test

sudo make install

  • Verifikasi instalasi software dengan masukkan perintah: “python3 –version”. Tekan Enter.

Itu dia rangkuman cara install Python di berbagai sistem operasi komputer. Yuk, ikut kursus IT Specialist Python Certification dari MyEduSolve. Kamu akan diajarkan dasar-dasar ilmu Python yang akan membuatmu setara dengan IT profesional. Informasi selengkapnya klik halaman ini.

 

Sumber:

How to install Python on Windows, macOS, and Linux https://kinsta.com/knowledgebase/install-python/ (Diakses Juni 2024)

How to Install Python on Windows: Step-by-Step Guide https://www.simplilearn.com/tutorials/python-tutorial/python-installation-on-windows (Diakses Juni 2024)

Top 10 Reason Why You Should Learn Python https://www.simplilearn.com/tutorials/python-tutorial/why-learn-python (Diakses Juni 2024)

Related Tags

Python
IT Specialist
Literasi Digital

98

Recommended Articles

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.