Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Pelajari Rangkuman Materi Ujian Untuk Tes Sertifikasi Python di MyEduSolve

Butuh persiapan sebelum ikut ujian sertifikasi IT Specialist Python? Simak kisi-kisi soal tes yang akan diuji dari artikel ini!

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Wednesday, May 08, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Pelajari Rangkuman Materi Ujian Untuk Tes Sertifikasi Python di MyEduSolve cover

Bahasa pemrograman Python sedang naik daun dan cukup banyak dipakai oleh para ahli IT untuk membantu proses olah data. Profesi yang kerap memakai bahasa pemrograman Python adalah data analyst, data scientist, dan data engineer. Oleh karena itu, ketiga profesi tersebut wajib mempunyai keterampilan dalam mengoperasikan Python.

Namun, terampil saja tak cukup. Kamu perlu meningkatkan value dengan mengikuti program sertifikasi agar kemampuanmu diakui secara profesional. Jika kamu tertarik mendaftar ke program sertifikasi, yuk simak artikel ini karena akan mengulas tentang materi ujian sertifikasi Python yang dapat membantu kamu lulus ujian dalam satu kali percobaan.

Pentingnya Mengikuti Program Sertifikasi Python

Bekerja di industri IT memang menggiurkan, karena rata-rata pekerjanya mendapat gaji besar. Meski begitu, persaingan di industri IT terbilang sangat ketat.

Pekerja IT dituntut untuk mempunyai keterampilan teknis pada penguasaan software IT, bahasa pemrograman, dan coding. Bukan hanya itu saja, para programmer juga wajib memiliki soft skill seperti adaptif, mampu mencari solusi di keadaan genting, berpikir kritis, kreatif, dan terbuka.

Lalu, apa yang harus dilakukan programmer agar tidak kalah saing dan tetap relevan di persaingan kerja yang semakin sengit?

Salah satu caranya adalah rajin meng-upgrade ilmu dengan mengikuti workshop dan program sertifikasi, termasuk program sertifikasi Python. Apalagi bahasa pemrograman Python telah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar di seluruh dunia.

Ada banyak sekali manfaat yang akan kamu rasakan jika mengikuti program sertifikasi Python. Pertama, keterampilanmu akan diakui secara profesional sehingga perusahaan dapat mengukur potensi yang kamu miliki.

Kedua, kamu akan membuka banyak peluang bekerja di perusahaan bonafit. Terlebih jika kamu mengikuti program sertifikasi berstandar global. Maka, kamu dapat melamar pekerjaan di perusahaan luar negeri.

Ketiga, apabila kamu telah berhasil lulus sertifikasi, kamu akan diakui sebagai profesional dan sudah memiliki value atau daya tawar. Jadi, kamu tidak perlu ragu-ragu menegosiasikan gaji apabila suatu saat kamu mendapatkan tawaran gaji yang tidak sesuai harapan.

Keempat, dengan mengantongi sertifikasi profesional secara tidak langsung akan meningkatkan kepercayaan diri yang bermanfaat untuk self development.

Baca juga: Python: Definisi, Manfaat, dan Keunggulan

Kisi-Kisi Materi Ujian Sertifikasi Python

Bahasa pemrograman Python digunakan untuk mengolah data dalam jumlah besar dan kompleks. Sistem dalam bahasa pemrograman Python sudah di-setting untuk dapat memproses big data dengan bantuan machine learning.

Dengan menerapkan kecanggihan teknologi terkini, banyak perusahaan besar di seluruh dunia memilih Python sebagai bahasa pemrograman untuk memproses dan menganalisa data demi kebutuhan bisnis.

Melihat urgensi tersebut, lembaga sertifikasi global Certiport membuat program sertifikasi Python untuk menghasilkan para pekerja IT profesional di bidang olah data.

Jika kamu salah satu peserta yang hendak mengikuti ujian sertifikasi, bisa simak kisi-kisi materi ujian sertifikasi Python yang akan dirangkum sebagai berikut:

  1. Operasi Menggunakan Tipe Data dan Operator

Peserta akan diuji pengetahuannya tentang operasi menggunakan tipe data dan operator. Berikut rinciannya.

  • Mengevaluasi pernyataan untuk mengidentifikasi variabel dari tipe data yang ditetapkan Python (str, int, float, bool).

  • Melakukan operasi dan tipe data (data type conversion, indexing, slicing, construct data structure).

  • Menentukan urutan operasi berdasarkan hak operasi yang lebih tinggi (assignment, comparison, logical, arithmetic, identity, containment).

  • Memilih operator untuk meraih hasil yang diinginkan (assignment, comparison, logical, arithmetic, identity, containment).

 Baca juga: 5 Rekomendasi Framework Python Terbaik Saat Ini

  1. Kontrol Arus dengan Keputusan dan Loop

Selanjutnya, materi yang akan diujikan di tes sertifikasi adalah tentang kontrol arus konstruksi dan analisa code, selengkapnya baca keterangan berikut:

  • Membuat dan menganalisa code segment yang menggunakan branching statement (if, elif, else, nested, compound conditional expressions).

  • Membuat dan menganalisa code segment untuk iterasi (while, for, break, continue, pass, nested loops, loops compound conditional express).

 

  1. Input dan Output Operator

Berikutnya, peserta juga akan diberi pertanyaan tentang input dan output operator. Berikut kisi-kisi yang harus dipelajari:

  • Membuat dan menganalisa code segment untuk file input dan output operator (open, close, read, write, append, check existence, delete).

  • Membuat dan menganalisa code segment untuk console input dan output operator (membaca input dari console, mencetak teks dengan metode string.format() dan f-String, menggunakan argumen command-line).

 Baca juga: 5 Manfaat Belajar Bahasa Pemrograman yang Perlu Kamu Ketahui!

  1. Struktur dan Dokumentasi Code

Materi berikutnya, peserta wajib mempelajari struktur dan dokumentasi code dengan rincian berikut:

  • Dokumentasi code segment (menggunakan indentasi, white space, comments, documentation strings, menggunakan pydoc untuk menghasilkan dokumentasi).

  • Membuat dan menganalisa code segment yang dimasukkan sebagai definisi fungsi (call signatures default values, return, def, pass).

 

  1. Menangani Error dan Penyelesaian Masalah

Dalam mengoperasikan Python tentu ada masanya menghadapi kesulitan dan peserta akan diuji tentang cara mereka menangani eror dan menyelesaikan masalah. 

  • Menganalisa, mendeteksi, dan memperbaiki code segment yang mengalami eror (syntax error, logic error, runtime errors).

  • Menganalisa dan membuat code segment untuk menangani keberatan (try, except, else, finally, raise).

  • Melakukan unit testing (unittest, function, methods).

 

  1. Menggunakan Module dan Tools dalam Operator

Peserta akan diberikan studi kasus tentang menggunakan module dan tools untuk operator.

  • Praktek operasi data menggunakan built-in modules (math, datetime, io, sys, os, os.path, random).

  • Menyelesaikan masalah komputasi kompleks dengan memakai built-in modules (math, datetime, random).

Itu dia ringkasan materi ujian sertifikasi Python yang wajib diketahui dan dipelajari. Kamu bisa mendaftar ke program sertifikasi IT Specialist: Python Certification dari MyEduSolve yang sudah diakui secara global. Dapatkan penawaran menarik lainnya di MyEduSolve.

Related Tags

IT Specialist
Python
Materi Ujian

50

Recommended Articles

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.