Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Tips Menyusun Surat Lamaran Kerja Pabrik dan Contohnya

Simak tips menyusun surat lamaran kerja untuk posisi di pabrik, lengkap dengan contoh yang efektif dan profesional. Panduan ini dapat meningkatkan peluang Anda mendapatkan pekerjaan di pabrik dengan surat lamaran yang menarik dan meyakinkan.

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Friday, Dec 22, 2023

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Tips Menyusun Surat Lamaran Kerja Pabrik dan Contohnya cover

Ketika melamar pekerjaan, tentu saja kamu harus menyiapkan beberapa dokumen salah satunya surat lamaran pekerjaan. Secara garis besar, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara surat lamaran kerja pabrik dengan surat lamaran kerja pada umumnya.

Meski begitu, kamu perlu mengetahui bagaimana cara menyusun surat lamaran kerja pabrik yang benar dan tepat. Buat kamu yang hendak melamar kerja di pabrik, simak artikel berikut ini yang akan membahas tips menyusun surat lamaran kerja beserta contohnya, yuk baca sampai akhir!

Struktur Surat Lamaran Kerja

Secara umum surat lamaran kerja terbagi ke dalam tiga struktur. Berikut penjelasan singkatnya.

  1. Pembuka

Setiap surat lamaran pasti dimulai dengan bagian pembuka. Bagian pembuka ini diisi dengan tanggal penyusunan surat lamaran kerja, penerima surat lamaran kerja, dan alamat pabrik yang dilamar.

  1. Isi

Isi pada surat lamaran kerja tentu harus memuat identitas pelamar, penjelasan dari mana pelamar mendapat informasi lowongan pekerjaan, tujuan melamar posisi tersebut, serta menambahkan lampiran dokumen yang dibutuhkan.

Kebanyakan perusahaan meminta pelamar menambahkan dokumen tambahan seperti: CV, fotokopi ijazah, fotokopi SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), fotokopi surat pengalaman kerja, fotokopi KTP, dan pas foto.

Baca juga: 7 Contoh Surat Lamaran yang Paling Sering Dipakai dan Tips agar Surat Lamaran Dilirik Tim HRD

  1. Penutup

Kemudian, surat lamaran ditutup dengan ucapan terima kasih dan tanda tangan pelamar. Pada bagian penutup ini kamu juga bisa menuliskan pengharapanmu untuk bergabung ke perusahaan, tentunya dengan bahasa yang formal dan jangan terkesan memaksa.

Komponen yang Harus Disebutkan dalam Surat Lamaran Kerja

Setelah memahami struktur surat lamaran kerja, selanjutnya kamu perlu mempelajari komponen apa saja yang harus disebutkan dalam surat lamaran kerja supaya surat lamaran kerja diterima perusahaan. Berikut komponen yang tidak boleh terlewat.

  1. Sebutkan nama perusahaan yang akan kamu lamar.

  2. Sebutkan jabatan yang kamu inginkan dari perusahaan.

  3. Menulis identitas diri dengan lengkap.

  4. Jangan lupa mencantumkan pengalaman kerja bila ada.

  5. Lampirkan dokumen tambahan yang dibutuhkan.

  6. Sematkan CV dan sertifikat keahlian untuk menunjukkan kredibilitas kemampuan.

Baca juga: Mari Mengenal Apa Itu Cover Letter, Bagian Penting Ketika Ingin Melamar Pekerjaan

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Pabrik yang Tepat

Apabila kamu cermat dalam menyusun surat lamaran kerja, tentunya akan meningkatkan kesempatan kamu diterima kerja. Nah, supaya kamu tidak melakukan kesalahan dalam menyusun surat lamaran kerja, ikuti langkah-langkah membuat surat lamaran kerja yang tepat berikut ini.

  1. Pada sisi kanan atas surat lamaran kerja, diisi dengan lokasi dan tanggal kamu membuat surat lamaran kerja.

  2. Kemudian, di bagian kiri surat diisi nama orang yang dituju dan alamat perusahaan.

  3. Selanjutnya diteruskan dengan salam pembuka secara singkat, misalnya ‘Dengan hormat’.

  4. Lalu, langsung masuk ke isi surat. Pada bagian ini kamu tuliskan tujuan surat lamaran kerja dibuat, isi identitas diri, dan ceritakan pengalaman kerja yang relevan secara singkat.

  5. Mencantumkan dokumen tambahan yang dibutuhkan untuk memenuhi syarat melamar kerja ke perusahaan.

  6. Di bagian paling akhir dari surat lamaran kerja adalah penutup. Isilah dengan: pernyataan jika isi surat lamaran sudah sesuai, harapan kamu, dan ucapan terima kasih.

Sebagai catatan, beberapa pabrik masih meminta surat lamaran dibuat dengan tulisan tangan. Jadi, sebaiknya kamu menulis surat lamaran di kertas folio bergaris supaya tulisan jadi lebih rapi.

Kemudian, usahakan tulisan tangan kamu rapi dan konsisten agar bisa terbaca. Lalu, hindari memakai tipe-x atau correction pen dalam surat lamaran kerja karena akan membuat surat lamaran kerja jadi berantakan. Maka, jika terjadi kesalahan tulis lebih baik ganti surat lamaran kerja ke lembar yang baru.

Contoh Surat Lamaran Kerja Pabrik

Supaya pemahaman kamu semakin kuat, di bawah ini akan disajikan contoh-contoh surat lamaran kerja pabrik yang dapat kamu pelajari dan dijadikan referensi. Yuk, simak!

  1. Contoh Surat Lamaran Kerja Pabrik Tulis Tangan

surat lamaran kerja,pencarian kerja tulis tangan


Baca juga: Contoh Body Email Lamaran Kerja, Struktur dan Cara Menulisnya!

  1. Contoh Surat Lamaran Kerja Pabrik Fresh Graduate

Yogyakarta, 17 Januari 2016

Perihal : Surat Lamaran Kerja

Lampiran : 7 Lembar

 

Kepada Yth. Bapak/Ibu HRD PT. Cakra Mas

Jalan Parangtritis nomor 108

Yogyakarta

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya informasi lowongan pekerjaan untuk posisi Customer Service di PT. Cakra Mas yang saya dapatkan di website resmi PT. Cakra Mas, saya bermaksud ingin melamar untuk mengisi posisi tersebut. Berikut saya sertakan data diri saya secara singkat.

Nama : Bima Abimanyu

Tempat/Tanggal Lahir : Yogyakarta, 18 November 1993

Jenis Kelamin : Laki-Laki

Pendidikan : S1 Ilmu Komunikasi

Nomor telepon : 08783877777

Alamat : Jalan Mursidi Raya, Komplek Puri Asri kav 6

 

Saya sudah membaca seluruh persyaratan dan bersedia memenuhi semua ketentuan perusahaan terkait posisi yang saya lamar. Meski saya masih seorang lulusan baru dari Universitas Budi Setia angkatan 2011, tetapi saya memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi, problem solving, dan bersedia bekerja dengan target. Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu HRD PT. Cakra Mas, bersamaan dengan surat lamaran ini saya juga ikut melampirkan dokumen tambahan:

• Fotokopi Ijazah Terakhir.

• Fotokopi Transkrip Nilai.

• Fotokopi KTP.

• Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

• Surat Keterangan Sehat.

• Daftar Riwayat Hidup (CV).

• Pas Foto Terbaru ukuran 4x6.

• Fotokopi Sertifikat Organisasi Radio Kampus.

• Fotokopi Sertifikat Magang di Radio UFM.

 

Besar harapan saya Bapak/Ibu bisa memberikan saya kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan lebih lanjut mengenai potensi dan kompetensi yang saya miliki di bidang komunikasi. Demikian surat lamaran kerja ini saya sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih. Semoga PT. Cakra Mas selalu sukses dan sejahtera.

Hormat saya,

Bima Abimanyu

Itu dia penjelasan lengkap mengenai tips cara menyusun surat lamaran kerja pabrik lengkap dengan contohnya. 

Jika kamu akhir-akhir ini sering merasa cemas karena belum kunjung mendapat panggilan kerja ataupun memiliki kesulitan di lingkungan kerja, yuk ceritakan keluh kesahmu di #TalkToDIAN yang bisa menjadi wadah kamu untuk berkonsultasi dengan profesional secara privat.

Sumber:

4 Contoh Surat Lamaran Kerja di Pabrik dan Cara Membuatnya https://www.kitalulus.com/seputar-kerja/contoh-surat-lamaran-kerja-pabrik(Diakses Desember 2023)

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Pabrik, Lengkap dengan Cara Membuatnya https://dailysocial.id/post/contoh-surat-lamaran-kerja-tulis-tangan-pabrik(Diakses Desember 2023)

Related Tags

surat lamaran kerja
pencarian kerja

254

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.