Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Mari Mengenal Apa Itu Cover Letter, Bagian Penting Ketika Ingin Melamar Pekerjaan

Apa itu cover letter dan apa fungsi cover letter? Cari tahu mengenai apa itu cover letter melalui artikel dari MyEduSolve mengenai cover letter berikut ini!

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Tuesday, Feb 15, 2022

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Mari Mengenal Apa Itu Cover Letter, Bagian Penting Ketika Ingin Melamar Pekerjaan cover

Jika kamu sedang mencari pekerjaan, ada baiknya jika kamu mengetahui apa itu cover letter. Biasanya, cover letter adalah dokumen pendamping yang kamu kirimkan beserta resume atau CV untuk melamar pekerjaan.

Ada beberapa recruiter yang mewajibkan pelamar kerja untuk mengirimkan cover letter, namun ada beberapa juga yang tidak mewajibkannya dan hanya menjadikan cover letter sebagai nilai plus jika kamu memilikinya.

Selain CV, dokumen lain yang wajib dibawa saat melamar kerja adalah cover letter. Supaya bisa dilirik tim HRD, kamu tidak boleh sembarangan dalam menyusun cover letter. Buatlah cover letter yang menarik dan informatif. Berikut ini contoh cover letter yang bisa dilirik tim HRD. Yuk, simak sampai akhir!

Pengertian Cover Letter

Cover letter memiliki pengertian sebagai surat pengantar yang dikirimkan bersamaan dengan CV dan dokumen pendukung lainnya yang dibutuhkan saat melamar kerja.

Fungsi dari cover letter adalah sebagai ringkasan informasi penting tentang data diri pelamar untuk memberikan gambaran pada tim recruiter. Nantinya data tersebut dijadikan pertimbangan untuk memanggil kandidat ke tahap selanjutnya.

Secara umum isi dari cover letter adalah data diri singkat, nama perusahaan dan departemen yang membuka lowongan, sumber info lowongan, kompetensi yang kamu miliki, kontribusi yang bisa kamu berikan untuk perusahaan, serta ucapan terima kasih di akhir.

Baca Juga: Contoh Body Email Lamaran Kerja, Struktur dan Cara Menulisnya!

Hal-Hal yang Harus Dimuat Dalam Cover Letter

Meskipun cover letter jauh lebih simpel daripada resume atau CV, namun ada beberapa hal yang harus selalu kamu muat di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa hal penting yang harus ada dalam cover letter yang kamu buat:

  1. Detail pribadi (nama lengkap, alamat, email, nomor telepon, dsb.)

  2. Nama recruiter (jika Anda memilikinya, jika tidak sebut saja “Tim [Nama Perusahaan]”)

  3. Di mana kamu menemukan lowongan tersebut

  4. Mengapa kamu cocok untuk posisi pekerjaan itu

  5. Apa yang dapat kamu berikan untuk perusahaan

  6. Pernyataan penutup (termasuk berterima kasih kepada perekrut atas waktu mereka)

Format Cover Letter

Sama seperti CV atau resume, tidak ada format tertentu untuk menulis cover letter. Namun, layout dari cover letter yang kamu buat akan mengatakan banyak tentang bagaimana kamu peduli terhadap lamaran yang kamu ajukan ini, serta bagaimana perhatian kamu terhadap detail secara keseluruhan.

Untuk alasan itu, cover letter jelas bukan sesuatu yang harus dianggap remeh.

Untuk memastikan apa yang kamu tulis logis, to the point, dan mudah dibaca, berikut ini adalah beberapa aturan utama yang harus diikuti ketika akan menulis cover letter:

  1. Jelas dan ringkas, tidak lebih dari satu halaman kertas A4, sekitar 400-500 kata

  2. Buat paragraf pendek dan to the point

  3. Back up setiap pernyataan yang dibuat dengan fakta dan angka

  4. Pilih font yang profesional

  5. Periksa ejaan dan tata bahasa, jangan sampai ada typo

  6. Gunakan template dari internet jika dirasa kurang mampu membuat sendiri, namun harus tetap memperhatikan poin-poin di atas

Baca Juga: Syarat Melamar Kerja, Apa Saja yang Harus Kamu Persiapkan?

Contoh Cover Letter

Buat kamu yang masih bingung dan belum memiliki pengalaman dalam menyusun cover letter, kamu bisa melihat beberapa contoh template cover letter di bawah ini yang bisa dijadikan inspirasi. Yuk, simak!

1. Cover Letter untuk Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja


Yth.

Bapak/Ibu Kepala Human Resource Department

PT. Angga Jaya 

Surabaya

Dengan Hormat,

Perkenalkan nama saya Lestari Dewi. Seorang lulusan S1 Ilmu Komunikasi dari Universitas Indonesia. Dengan mengirimkan surat lamaran kerja ini saya tertarik untuk bisa bergabung dengan PT. Angga Jaya sebagai Customer Service.

Sebagai seorang fresh graduate, saya mempunyai motivasi tinggi, senang belajar hal baru, dan mampu beradaptasi dengan cepat. Meskipun belum memiliki pengalaman kerja, saya memiliki kemampuan yang cakap dalam membantu pelanggan dan mencarikan solusi terbaik secara cepat melalui pengalaman dalam berorganisasi sebagai admin advokasi kampus.

Untuk pengalaman, saya pernah bergabung di badan advokasi kampus selama satu tahun. Kemudian, saya pernah memegang akun sosial media himpunan mahasiswa Ilmu Komunikasi dan membantu menjawab setiap pertanyaan yang masuk ke direct message.

Selain itu, sebelumnya saya juga berperan aktif di banyak kegiatan akademis dan terlibat dalam beberapa project. Melalui kegiatan tersebut saya dapat meningkatkan skill, bekerja dalam tim, berpikir kritis, dan problem solving.

Bersama surat ini juga saya lampirkan beberapa dokumen sebagai syarat kelengkapan administrasi, yakni:

Curriculum Vitae (1 lembar)

FC Ijazah Terakhir (1 lembar)

FC Transkrip Nilai (2 lembar)

Surat Keterangan Selesai Magang (1 lembar)

Portofolio (2 lembar)

Demikian cover letter ini saya buat, besar harapan saya bisa diterima di perusahaan PT Angga Jaya.

Hormat saya,

Lestari Dewi


Baca juga: 7 Contoh Surat Lamaran yang Paling Sering Dipakai dan Tips agar Surat Lamaran Dilirik Tim HRD


2. Cover Letter untuk Magang Kerja


Yth.

Bapak/Ibu HRD

PT. Media Cendekia

Jakarta Selatan

Dengan hormat,

Perkenalkan nama saya Bela Cahya melalui cover letter ini saya menyampaikan lamaran magang saya ke perusahaan PT. Media Cendekia di posisi Social Media Specialist sesuai dengan lowongan pekerjaan yang saya dapat melalui Jobstreet pada 5 Oktober 2022.

Saya merupakan mahasiswa Universitas Tarumanegara jurusan Sastra Inggris. Saya memiliki kemampuan di bidang desain grafis, desain layout, dan edit video. Saya sangat suka belajar hal baru dan terbiasa bekerja dalam tim. Sewaktu kuliah saya melibatkan diri ke dalam kegiatan kampus sebagai ilustrator untuk desain panggung di acara kemahasiswaan dan pentas seni tahunan kampus.

Saya percaya dengan memanfaatkan keterampilan yang saya miliki pada PT. Media Cendekia akan menambah keahlian saya di bidang tersebut. Di samping itu, dengan magang di PT. Media Cendekia saya bisa mempelajari budaya kerja perusahaan untuk menambah pengalaman.

Hormat saya,

Bela Cahya

Baca juga: Contoh Body Email Lamaran Kerja, Struktur dan Cara Menulisnya!


3. Contoh Cover Letter dengan Pengalaman Kerja


Yth. Bandung, 19 Desember 2023

Manager HRD

CV. Mentari Laksana 

Bandung

Dengan hormat,

Perkenalkan nama saya Robi Sulistya seorang lulusan Universitas Pajajaran angkatan 2018. Melalui akun Instagram LowkerBandung, saya menemukan lowongan untuk posisi Kepala Administrasi. Saya tertarik untuk mengisi posisi tersebut dan dapat bergabung segera.

Setelah melihat seluruh deskripsi dan kualifikasi pekerjaan sebagai Kepala Administrasi, saya merasa kompetensi dan pengalaman yang saya miliki sudah sesuai dengan semua persyaratan. Sebelumnya saya pernah bekerja di Ruangguru sebagai staff administrasi selama dua tahun. Tanggung jawab utama saya sebagai staff magang administrasi di Ruangguru adalah melakukan pendataan klien, mengirim e-mail ke klien, mengelola dokumen kantor, dan merekap data yang masuk. Dengan begitu, saya yakin dapat memberikan kontribusi yang baik bagi perusahaan ke depannya.

Dengan pengalaman menjadi staff administrasi selama dua tahun tersebut, saya cukup cakap dan cekatan dalam operasi komputer seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Google Mail, Google Docs, dan Google Drive. Saya yakin dapat menjalankan seluruh tugas sebagai Kepala Administrasi dengan baik dan bisa dipertimbangkan untuk mengisi posisi tersebut. Saya juga melampirkan CV dan portofolio sebagai dokumen pendukung untuk melengkapi persyaratan. Terima kasih atas waktu dan pertimbangan Bapak/Ibu. Saya sangat berharap dapat bergabung ke perusahaan secepatnya.

Hormat saya,

Robi Sulistya


4. Contoh Cover Letter dalam Bahasa Inggris


Mr. Bobby Wijaya

Head of Human Resource Department

PayLive

Jakarta Greater Area

Dear Mr. Bobby Wijaya,

I’m sending a cover letter to apply for the position of Junior Copywriter in PayLive as published on your company website. I have great social media skills and writing ‘catch’ copy to attract users. I have 6 months experience as a Copywriter Intern for EduMedika and I believe I can catch up to working as a Junior Copywriter in PayLive.

During internship in EduMedika, I was given the responsibility to create great copy and caption to Instagram posts. So, I have to understand social media trends and market. Within that moment, I increased follower and social media engagement by >60%. Based on my experience and skill, I can contribute to growing the company’s social media.

I have included my resume so you can learn more about my educational background and all of my portfolio. Thank you for your time and consideration. Feel free to contact me at [email protected] or 087239273927. I hope to hear good news from you soon.

Sincerely,

Naya Jesica


Itu dia penjelasan mengenai cover letter lengkap dengan contoh cover letter yang bisa kamu jadikan inspirasi dalam menulis cover letter. Pastikan cover letter yang kamu buat merepresentasikan dirimu, jadi recruiter atau employer sudah mendapatkan kesan pertama yang baik bahkan sebelum interview dimulai.

Jika kamu ingin memastikan diri kamu lebih siap lagi dalam berkarir sebelum memulai mencari pekerjaan dan memasukkan lamaran pekerjaan, kamu bisa mengikuti program Career Ready atau berkonsultasi melalui Talk to DIAN di MyEduSolve. Untuk informasi lebih lanjut mengenai ujian sertifikasi yang disediakan oleh MyEduSolve, kamu bisa klik  halaman website MyEduSolve.

Semoga setelah mempelajari apa itu cover letter, lamaran pekerjaan yang kamu masukkan bisa lebih dipertimbangkan oleh para recruiter atau employer di luar sana.

Related Tags

Apa Itu Cover Letter

4,742

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.