Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Contoh Body Email Lamaran Kerja, Struktur dan Cara Menulisnya!

Artikel ini akan memberikanmu panduan lengkap untuk menulis body email lamaran kerja. Simak contoh body email lamaran kerja, struktur, dan panduan membuatnya di artikel ini!

Posted: Wednesday, Jun 28, 2023

Share:

Contoh Body Email Lamaran Kerja, Struktur dan Cara Menulisnya! cover

Body email lamaran kerja, bukan hanya sekadar tulisan yang kamu masukkan di email saat melamar kerja. Tapi, ini adalah jembatan pertama yang menghubungkan kamu dengan perusahaan impian. Ini adalah kesempatanmu untuk menunjukkan siapa kamu, apa yang bisa kamu lakukan, dan bagaimana kamu bisa berkontribusi untuk perusahaan tersebut.


Jadi, bagaimana cara menulis body email lamaran kerja yang efektif? Artikel ini akan memberikanmu panduan lengkap untuk menulis body email lamaran kerja:

Apa Saja Isi Body Email Lamaran Kerja?

Mungkin kamu bertanya, "Apa yang harus ditulis di body email lamaran kerja?"

Singkatnya, body email lamaran kerja seharusnya berisi beberapa elemen penting. Mulai dari salam pembuka, perkenalan diri, alasan melamar, kualifikasi yang kamu miliki, hingga penutup yang berisi harapan untuk bisa bergabung dengan perusahaan tersebut.


Ingat, setiap bagian ini memiliki tujuan dan fungsi yang spesifik. Misalnya, salam pembuka untuk menunjukkan rasa hormatmu kepada penerima email, sedangkan perkenalan diri untuk memberi gambaran singkat tentang dirimu. Dengan mengetahui fungsi dari setiap bagian, kamu akan bisa menulis body email lamaran kerja yang terstruktur dan persuasif.

Struktur Body Email Lamaran Kerja

Mari kita buka lembaran baru dalam perjalanan karier-mu. Yuk, kita bahas bagaimana struktur body email lamaran kerja yang baik dan efektif.

1. Salam Pembuka

Pernahkah kamu memulai percakapan tanpa menyapa terlebih dahulu? Tentu tidak, kan? Begitu pula dengan body email lamaran kerja, kamu harus memulainya dengan salam pembuka.


Salam pembuka bisa menjadi cara kamu memberi kesan pertama yang baik kepada penerima email. Kamu bisa memulai dengan "Yth. Bapak/Ibu [Nama]," atau "Selamat pagi/siang/sore," tergantung waktu kamu mengirim email tersebut.

2. Paragraf Pertama

Paragraf pertama sangat penting. Kamu bisa mulai dari memberikan gambaran singkat tentang dirimu dan posisi yang kamu lamar. Jangan lupa untuk menyebutkan dari mana kamu mengetahui info lowongan tersebut.

3. Paragraf Kedua

Di paragraf kedua, kamu bisa menjelaskan secara detail mengapa kamu adalah kandidat yang tepat untuk posisi tersebut. Tunjukkan keahlian dan pengalaman yang relevan dengan job description. Ceritakan juga prestasi yang pernah kamu raih. Jangan ragu untuk "menjual" dirimu di sini!

4. Paragraf Ketiga

Paragraf ketiga adalah saat yang tepat untuk menjelaskan alasan ingin bergabung dengan perusahaan tersebut. Kenapa perusahaan itu? Apa yang menarikmu? Tunjukkan bahwa kamu bukan hanya menginginkan pekerjaan, tetapi juga ingin berkontribusi untuk perusahaan tersebut.

5. Penutup

Sama seperti salam pembuka, penutup juga sangat penting. Ini adalah kesempatan terakhirmu untuk meninggalkan kesan positif. Kamu bisa menutup email dengan kalimat seperti "Terima kasih atas pertimbangan Anda. Saya berharap bisa mendiskusikan kesempatan ini lebih lanjut." Jangan lupa untuk menunjukkan antusiasme dan kesopananmu.

6. Tanda Tangan

Akhirnya, kita sampai pada tahap terakhir, yaitu tanda tangan. Pastikan kamu menuliskan namamu, kontak yang bisa dihubungi, dan jika perlu, tautan ke LinkedIn-mu. Dengan membubuhkan tanda tangan, kamu menunjukkan bahwa kamu adalah individu yang serius dan siap bekerja.


Ingat, setiap kata yang kamu tulis adalah representasi dari dirimu. Oleh karena itu, pastikan setiap bagian dari body email lamaran kerja kamu ditulis dengan baik dan benar, ya!


Baca juga: Apa Itu Cover Letter? Bagian Penting Ketika Ingin Melamar Pekerjaan

Contoh Body Email Lamaran Kerja

Berikut ini merupakan contohi body email lamaran kerja yang bisa kamu tiru dan sesuaikan dengan kebutuhanmu:

1. Contoh Body Email Lamaran Kerja Untuk Fresh Graduate

Kepada Yth. Tim Rekrutmen PT Maju Bersama


Perkenalkan, nama saya Rizal Fahlevi. Saya baru saja mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan sebagai Data Analyst dari situs resmi PT Maju Bersama. Dengan surat elektronik ini, saya ingin mengajukan diri untuk posisi tersebut.


Saya adalah alumni terbaru dari Universitas XYZ, jurusan Statistika. Selama masa studi, saya memiliki kesempatan untuk melakukan magang di PT Jaya Abadi sebagai Asisten Data Analyst selama 4 bulan. Selama magang, saya bertanggung jawab atas analisis dan visualisasi data menggunakan Python dan R, serta membantu dalam pengembangan model prediktif. Saya juga telah aktif dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler dan kompetisi yang relevan dengan posisi yang saya lamar. Dengan pengetahuan dan pengalaman yang telah saya peroleh, saya percaya bahwa saya dapat memberikan kontribusi yang berarti untuk PT Maju Bersama.


Sebagai bahan pertimbangan, saya melampirkan CV, surat lamaran, dan beberapa proyek analisis data yang pernah saya kerjakan. Saya sangat berterima kasih atas kesempatan ini dan berharap dapat membahas lebih lanjut tentang potensi kerja sama antara saya dan PT Maju Bersama.


Hormat saya,


Rizal Fahlevi


082134567890


[email protected]


2. Contoh Body Email Lamaran Kerja Bahasa Inggris


Dear Hiring Manager at PT Global Innovations,


Allow me to introduce myself, my name is Sarah Putri. I recently came across your advertisement for the position of Digital Marketing Specialist on PT Global Innovations' official website. I am writing this email to express my interest in applying for the said position.


I am a recent graduate of the University of ABC, majoring in Business Administration with a focus on Digital Marketing. During my studies, I completed an internship at PT XYZ as a Digital Marketing Assistant for a period of six months. In this role, I was responsible for creating and managing social media campaigns, analyzing website traffic data using Google Analytics, and contributing to the development of marketing strategies. Additionally, I have actively participated in relevant extracurricular activities and competitions, enhancing my skills in this field. With the knowledge and experience I have gained, I am confident in my ability to contribute positively to PT Global Innovations.


For your consideration, I have attached my CV, cover letter, and a portfolio of my past marketing projects. I appreciate your time and consideration. I look forward to the possibility of discussing my application further.


Best Regards,


Sarah Putri


+6285212345678


[email protected]


3. Contoh Body Email Lamaran Magang


Kepada Yth. Tim Rekrutmen PT Berkarya Selalu,


Salam kenal, nama saya Andi Pratama. Saya baru saja membaca informasi mengenai program magang di posisi Desain Grafis dari situs resmi PT Berkarya Selalu. Melalui email ini, saya ingin menyatakan minat saya untuk berpartisipasi dalam program tersebut.


Saat ini, saya sedang menjalani studi di Universitas DEF, jurusan Desain Komunikasi Visual dan berada di semester 5. Selama masa studi, saya aktif dalam organisasi kampus sebagai bagian dari tim desain dan telah merancang berbagai poster, logo, dan materi promosi lainnya. Saya juga memiliki keterampilan dalam menggunakan Adobe Photoshop, Illustrator, dan InDesign.


Sebagai bahan pertimbangan, saya melampirkan CV, surat lamaran, dan portofolio desain yang pernah saya buat. Saya berharap dapat mendapatkan kesempatan untuk membahas lebih lanjut mengenai kesempatan magang ini.


Terima kasih atas perhatian dan waktunya. Saya menantikan kesempatan untuk dapat berkontribusi dan belajar lebih banyak di PT Berkarya Selalu.


Hormat saya,


Andi Pratama


085212345678


[email protected]


Baca juga: Tips dan Cara Membuat CV di Word dengan Mudah


Tips Menulis Body Email Lamaran Kerja

Untuk membantu kamu menulis kata-kata di body email dengan baik, berikut adalah beberapa tips yang perlu kamu perhatikan.

1. Tulis dengan Jelas dan Tidak Bertele-tele

Dalam dunia profesional, efisiensi adalah kunci. Hal ini berlaku juga dalam penulisan email lamaran kerja. Penting untuk menyampaikan poin dengan jelas dan langsung, tanpa terlalu banyak basa-basi. Dengan begitu, penerima email dapat langsung memahami pesan yang ingin kamu sampaikan.


2. Gunakan Bahasa yang Baku dan Sopan

Kemampuan untuk berkomunikasi secara profesional adalah keterampilan yang sangat dihargai di tempat kerja. Oleh karena itu, dalam penulisan email lamaran kerja, gunakanlah bahasa yang baku dan sopan. Hal ini tidak hanya menunjukkan rasa hormatmu terhadap penerima email, tetapi juga mencerminkan kepribadianmu yang profesional.


3. Review dan Baca Kembali

Selalu lakukan review dan baca kembali sebelum mengirim email lamaran kerja. Meski terdengar sepele, kesalahan penulisan atau typo bisa memberikan kesan negatif kepada penerima email. Pastikan email bebas dari kesalahan penulisan dan penyampaian pesanmu sudah jelas.


4. Kirimkan Email Lamaran di Waktu yang Tepat

Pemilihan waktu pengiriman email juga penting. Waktu terbaik untuk mengirim email yakni dikirim pada pukul 6 pagi. Momen tersebut besar kemungkinan adalah waktu bagi rekruter untuk mengecek kotak masuk email mereka. Namun, tentu kamu juga harus mempertimbangkan jam kerja di perusahaan yang kamu tuju.


Baca juga: Pelajari Perbedaan Resume dan CV Supaya Tidak Bingung Lagi


5. Tampilkan Nilai Tambah yang Bisa Kamu Berikan

Jangan hanya fokus pada apa yang perusahaan bisa berikan untukmu, tetapi tunjukkan juga apa yang bisa kamu berikan untuk perusahaan. Pemaparan ini menunjukkan bahwa kamu tidak hanya tertarik pada posisi tersebut, tetapi juga bersemangat untuk memberikan kontribusi.


6. Hindari Penggunaan Bahasa yang Berlebihan

Penggunaan bahasa yang berlebihan atau terlalu formal bisa membuat email terdengar tidak alami dan justru menimbulkan keraguan. Gunakan kata-kata yang tepat dan sesuai dengan konteks, serta hindari penggunaan jargon atau bahasa teknis yang tidak diperlukan.


7. Personalisasi Email Lamaranmu

Hindari menggunakan template email lamaran kerja yang sama untuk setiap perusahaan. Cobalah untuk menyesuaikan email-mu dengan posisi dan perusahaan yang kamu tuju. Personalisasi ini menunjukkan bahwa kamu telah melakukan riset dan sungguh-sungguh tertarik dengan posisi tersebut.


8. Jangan Lupa Memberikan Informasi Kontak

Pastikan kamu mencantumkan informasi kontak yang lengkap dan mudah dihubungi. Hal ini penting agar perusahaan dapat dengan mudah menghubungi kamu jika tertarik dengan lamaranmu.


Menulis body email lamaran kerja yang efektif memang membutuhkan usaha dan latihan. Namun, dengan tips di atas, semoga kamu bisa semakin mahir dan merasa percaya diri dalam menulis email lamaran kerja



Demikian penjelasannya, MESFriend! Menulis body email lamaran kerja memang bukan hal yang mudah. Namun, bukan berarti hal ini tidak bisa dipelajari dan dikuasai. Dengan panduan yang tepat, latihan yang cukup, dan tentu saja, kepercayaan diri, kamu pasti bisa menulis body email lamaran kerja yang menarik dan efektif. Semoga panduan dan tips dalam artikel ini bisa membantu kamu dalam menulis body email lamaran kerja yang efektif.  


Jika kamu punya pertanyaan lain seputar tips karier namun bingung harus bertanya ke siapa, bisa ceritakan secara anonim ke HR Professional MyEduSolve melalui #TalkToDIAN, ya!

Related Tags

body email
lamaran kerja

18,429

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.